Sunday, March 27, 2016

Setting Domain Blogspot ke Domain Berbayar

Selamat petang, para pembaca (sambil macak gayanya Dodit). Pembaca sekalian (sekarang macak reporter berita) sudah punya akun blog?. Kalau punya, blog tersebut menggunakan alamat default dari blog atau sudah pakai domain sendiri?.

Nah, kalau misal temen-temen sekarang masih pakai domain default (seperti .blogspot.co.id) dan berencana akan pindah ke domain berbayar, di sini aku share cara setting untuk mengubah  domain .blogspot ke domain sendiri (.com, .co.id, .web.id, etc). Siapa tau jodoh perlu.

Untuk setting domain di Blogger (.blogspot.co.id), paling nggak ada 2 langkah utama:
1. Setting domain di Blogger
2. Setting DNS di penyedia Web Hosting

There are the steps...

Langkah 1: Setting domain di Blogger

1. Login ke Blogger.com dengan akun kamu, jangan pakai akun mantan kamu (eh). Lalu pilih blog yang akan menggunakan nama domain baru.

2. Pergi ke Setelan, pilih Dasar (Gambar 1, poin a)

3. Pada bagian Penerbitan, klik Edit di bagian Alamat Blog. Pilih "Gunakan domain pihak ketiga".

4. Pada Setelan domain pihak ketiga, isikan alamat domain baru. Jangan lupa menggunakan www. di awal alamat. (Gambar 1, poin b)

5. Klik Simpan
Jika muncul pesan error, jangan panik dulu, mari piknik. Blogger akan menampilkan pesan error seperti ini: Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini. Kesalahan 2/Kesalahan 3/Kesalahan 13/Kesalahan 14. Mau kamu cewek ataupun cowok, tetep aja bakal salah. (Gambar 1, poin c)

Nah, di bawah pesan kesalahan itu, ada petunjuk juga sebenarnya. Perhatikan bagian d pada gambar. Ingat baik-baik 2 baris kode ini karena setiap akun memiliki kode yang berbeda. Nantinya 2 kode ini bisa kita copy-paste untuk setting DNS di web hosting. (Gambar 1, poin d)

Gambar 1. Setting Alamat Blog di Blogger

Langkah 2: Setting DNS di penyedia web hosting

1. Login ke situs web hosting tempat kamu daftar domain. Misalnya karena aku beli di IDwebhost jadi aku login di member.idwebhost.com

2. Cari pengaturan DNS (Manage DNS/Kelola DNS), klik Edit.
Beda web hosting bisa beda tampilan menunya, jadi coba dicari-cari aja. Tuh, menu pengaturan DNS aja dicari, masa' kamu enggak :P

Gambar 2. Setting DNS di IDwebhost


Gambar 3. Setting DNS di IDwebhost


Gambar 4. Setting DNS di IDwebhost

3. Setelah masuk di menu Kelola DNS, tTambahkan dua kode dari Blogger tadi dengan copy paste (bisa lihat di gambar). Sesuaikan dengan kode yang kamu dapat ya. 

Record 1
Nama Host: www
Jenis Records: CNAME
Alamat: ghs.google.com

Record 2
Nama Host: qhvnvkizsg...
Jenis Records: CNAME
Alamat: gv-i74kjusjyltx6rdv.googlehosted.com

4. Selain dua itu tadi, kita perlu menambahkan 4 Record lagi. Fungsinya untuk me-redirect pengunjung yang mengetikkan URL domain pokok kita (misal.com) ke domain sebenarnya (www.misal.com). Kan kadang kita kalo ngetik suka nggak pake WWW tapi otomatis di URL langsung ketambah WWW gitu, nah ternyata di balik itu ada cara kayak gini gan.

Caranya sama seperti menambahkan record sebelumnya. Tapi ada yang membedakan.
Record 3
Nama Host: namadomain.com (misal)
Jenis Record: A
Alamat: 216.239.32.21

Record 4
Nama Host: namadomain.com (misal)
Jenis Record: A
Alamat: 216.239.34.21

Record 5
Nama Host: namadomain.com (misal)
Jenis Record: A
Alamat: 216.239.36.21

Record 6 Nama Host: namadomain.com (misal)
Jenis Record: A
Alamat: 216.239.38.21

Gambar 5. Menambahkan Record pada Menu Kelola DNS


Kok bisa nentuin alamatnya kayak gitu?. Ada aturannya atau ngasal aja?.

Sebenarnya cara setting ini bisa dilihat di Blogger. Klik link "Lihat petunjuk setelan" yang ada di bawah pesan kesalahan saat kita mengedit alamat blog tadi (poin e gambar 1).

Gambar 6. Petunjuk Setelan dari Blogger


Sekarang, coba buka lagi tab Blogger. Coba klik Simpan. Domain sudah berhasil diaktifkan. Sebagai tambahan, centang pilihan "Aktifkan nama-domain ke www-dot-nama-nama domain". Ini supaya ketika orang mengetikkan alamat domain kita tanpa www bisa otomatis dialihkan ke alamat domain yang benar (dengan menggunakan www). Klik Simpan.

Gambar 7. Setting Domain Berhasil


Selamat mencoba...
Share:

2 comments:


  1. Siapa sih yang nggak tau dengan Bioskopkeren21, Bioskopkeren.at.ua yang di kenal dengan nama BioskopKeren atau Bioskop Keren, adalah salah satu website Nonton Film Online atau Nonton Movie Online nama lainnya Film Bioskop Online yang paling rame pengunjungnya, waduw.. rame macam pasar yah kaka... wkwkwk..... eits .. bukan lah... masa BioskopKeren.at.ua di bilang pasar... ampun dah nih kakak

    Bioskopkeren.at.ua Menyajikan berbagai Film Film yang BoxOffices ataupun Film yang lagi HITS banget...macam lagu aja pake HITS...wkwkwk, baik itu Film Barat , Film Anime, ataupun Film Indonesia, maupun Film Drama Korea yang bikin kita baper.. hahahaha... lagi curhat ni kk...wkwkwkkw.... karena Web BioskopKeren.at.ua menyediakan berbagai genre genre yang terlengkap, di BioskopKerenatua menyajikan berbagai film yang akan tayang di Bioskop 21 tanah air kita indonesia,

    Di Bioskop Keren sudah menyediakan link-link untuk anda yang ingin Download Film Bioskop atau pun Download Subtitel Indonesia , dan di lengkapi Susbtitel indonesia maupun substitel ingris, BioskopKeren.at.ua Menyediakan juga berbagai pilihan server jika salah satu server Streaming Movies sudah mati ataupun tidak jalan, di BioskopKeren tidak kalah juga dengan website Watch Movies Online yang lain nya loh..

    Nah buat kalian yang lagi sedang cari Film Bioskop kesukanaan kaka ataupun Film yang sudah tayang di Bioskop XXI ataupun lagi mencari film film yang segera tayang di Bioskop XX1, saran saya ada baiknya anda mengunjungi web BioskopKeren.at.ua

    ReplyDelete