Pengalaman Gangguan Layanan Indihome Karena Indikator WLAN di Modem Tidak Menyala

Hari Sabtu (22/6) sore kemarin, tiba-tiba Dapul, adekku, yang lagi main hape bilang wifinya mati. SSID wifi nggak muncul di HP. Kita cek, listrik nyala, modem juga nyala. Kita cek TV Indihome, bisa. Terus kenapa koneksi internet jadi nggak bisa ya?.

Kebetulan mas Azaz waktu itu di rumah. Akhirnya dicek sama doi. Ketemu masalahnya yaitu: lampu indikator WLAN di modem mati.

Biasanya lampu indikator di modem yang nyala ada 5: Power, PON, Internet, WLAN, dan LAN (4). Tapi saat itu yang nyala hanya 4: Power, PON, Internet, dan LAN.



Troubleshooting

Troubleshooting itu penanganan masalah. Sebagai orang awam,pertama kita coba cek sambungan kabel, tapi nggak ada yang terputus.

Kita coba restart modem sesaat. Beberapa kali dicoba, ternyata tetap nggak bisa.

Terus, kita coba tekan tombol WLAN di sisi kiri modem. Coba tekan 1 detik, lepas, belum nyala. Coba tekan tahan 5 detik, lepas, juga belum nyala.



Karena nggak juga membuahkan hasil, akhirnya aku coba kontak ke CS Indihome

Customer Service Indihome

Setelah aku cari-cari info, ternyata layanan customer service Indihome punya beberapa media: bisa lewat aplikasi My Indihome, via sosial media (aku pakai Twitter), dan telepon di 147. Saking desperate-nya internet mati, aku dengan selonya lapor pengaduan lewat ketiganya. Huehue :3

Tanggapannya cukup responsif kok. Gini kira-kira

My Indihome

My Indihome adalah aplikasi dari Indihome yang bisa digunakan untuk cek tagihan, cek layanan, dan termasuk laporan gangguan. Untuk lapor gangguan, bisa klik Menu: Bantuan, lalu klik bagian Indira.



Awalnya, aku terhubung dengan fitur auto reply. Jadi aku masukkan gangguan yang aku alami, lalu dari sistem secara otomatis mengirimkan saran troubleshooting.




Setelah aku coba saran troubleshooting dari sistem, still not working. Aku pun pilih fitur Kontak CS. Tapi dapat balasan kalau sedang menunggu antrian. Di sini aku dapat opsi untuk menunggu atau membatalkan.

Aku coba tunggu beberapa menit belum juga terhubung ke CS. Akupun tutup aplikasi dan memutuskan untuk coba cara lain.



Note:
Aku pilih opsi Kontak CS pada pukul 16.14, balasan dari CS baru ada pukul 17.11. Sekitar 1 jam itu pula ada telpon dari CS MyIndihome ke nomor teleponku.

Twitter

Aku mention akun @TelkomCare pukul 4.18 PM, dan mendapat balasan pukul 4.22 PM. Bolehlah dibilang responsif. Sayang sembari menunggu aku sudah terlanjur telepon ke 147. 




147

Akhirnya aku menempuh cara ketiga yaitu menelpon langsung ke CS. Kelebihannya, ini cara paling cepat dapat respon. Kekurangannya, berbayar sis teleponnya. Huhu.

But it’s okay lah. DEMI'.

Di sini aku jelasin bla bla bla permasalahannya: modem nyala, layanan TV nyala, lampu indikator internet nyala, tapi lampu indikator WLAN nggak nyala. Aku juga bilang kalau rumah depan yang juga pasang Indihome baik-baik aja, nggak ada layanan gangguan. Yang aku khawatirkan ada kerusakan atau error di hardware modem. Semua aku sampaikan dan mendapat respon baik dari CS.

Dari CS kemudian menginfokan akan ada teknisi yang datang ke rumah esok hari pukul 8 pagi.

Keesokan harinya, Minggu (23/6), kita serumah menunggu datangnya teknisi. Sudah jam 10.30, tapi belum juga ada kabar. Aku cek HP, ternyata pagi tadi jam 7.54 ada 7 missed call dari 147. Duh, luput.

Aku pun segera kontak 147 untuk konfirmasi lagi.

Kurang dari 1 jam kemudian, ada telepon yang masuk dari teknisi lokal Indihome. Pak Dimas, begitu beliau memperkenalkan diri, meminta aku untuk mengecek indikator WLAN di modem apakah sudah menyala atau belum.

Voila. Udah nyala dong!!!.

Pak Dimas juga meminta untuk cek koneksi internet, sudah bisa digunakan atau belum.

Voila (lagi). Udah bisa dong!!!.

Aku pun tanya, kenapa kok bisa ada gangguan kayak gini (lampu indikator WLAN nggak nyala,- red)?. Kalau besok ada gangguan yang sama lagi harus gimana?

Jawaban dari Pak Dimas:

Ter-disable dari sistem di sana. Solusinya bisa di-enable kan lagi lewat sistem. Kalau ada masalah seperti itu lagi bisa langsung menghubungi Pak Dimas untuk dibantu.

Huaaaa…..

Antara seneng sama kzl jadi satu. Seneng karena ternyata solusinya simple, nggak perlu ada perbaikan yang ribet. Sekaligus kesel karena (Kayaknya) sesepele itu tapi dari kemarin rempong dan perlu nunggu lama.

Kesimpulan:

1. CS Indihome rupanya cukup responsif. 

Ada 3 kontak yang bisa kita hubungi untuk laporan pengaduan: via aplikasi My IndiHome, via mention akun Twitter @TelkomCare, atau telepon ke 147. 
Pilih salah satu kontak saja sudah cukup. 2 media pertama bebas tarif (nggak berbayar) hanya perlu menunggu beberapa saat untuk mendapat respon. 
Jika ingin mendapat respon secara cepat, bisa pilih telepon ke 147 namun berbayar alias kepotong pulsa.

2.  Kontak bebas pulsa dari CS MyIndihome: 0800-1643-4663

3. Kontak teknisi Indihome Magelang: 0293-3201896

That’s it. Ada yang pernah mengalami gangguan layanan Indihome juga?





Post a Comment

4 Comments

  1. Solusinya maksudnya bisa dienable lewat sistem gimana?

    ReplyDelete
  2. Kak teknisi ke rumah itu kita bayar lagi gak ya kak?

    ReplyDelete
  3. Pelayanan taek seminggu gangguan ga ada respon. Tiket pengaduan ada 6 teknisi anjing ga datang2

    ReplyDelete