Thursday, December 7, 2017

,

Serba-Serbi Tentang ASI Ini yang Bunda Perlu Tahu

Untuk jadi seorang dokter, kita bisa kuliah di jurusan kedokteran. Untuk jadi seorang guru, kita bisa kuliah di jurusan keguruan. Untuk jadi seorang Ibu, kita bisa belajar di mana?



Sekolah jurusan ke-Ibu-an memang tidak ada. Belajar menjadi Ibu bisa dilakukan di mana saja, kapan saja. Karena bisa kapan aja, jadi nggak harus nunggu punya anak dulu kan baru boleh belajar ilmu tentang Ibu?.

Nah, makanya aku beruntung sekali hari Sabtu (2/12) kemarin mendapat kesempatan sharing bersama Best Bunda, blogger dan Herbafamindo di UMA Dapur Indonesia Jogja. Ada 2 pembicara di acara ini, yaitu Ibu Lip Artic (Bunda, entrepreneur, owner Herbafamindo) dan Ibu Arit Widowati (Bunda 5 putra/putri, konsultan ASI, staf Kemenkeu, founder komunitas ASI SALMA, dll). Materinya kupas tuntas tentang pentingnya ASI (Air Susu Ibu).

Perintah tentang ASI dalam Agama

Materi dari ibu Arit dibuka dengan perkenalan dan dilanjutkan dengan penjabaran perintah agama yang mengatur tentang ASI. Bagi seorang muslim, perintah tentang ASI ada pada QS Al-Baqarah ayat 233

Allah SWT berfirman:

وَالْوَالِدٰتُ يُرْضِعْنَ اَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ لِمَنْ اَرَادَ اَنْ يُّتِمَّ الرَّضَاعَةَ   ۗ  وَعَلَى الْمَوْلُوْدِ لَهٗ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوْفِ ۗ  لَا تُكَلَّفُ نَفْسٌ اِلَّا وُسْعَهَا  ۚ  لَا تُضَآرَّ وَالِدَةٌ  ۢ بِوَلَدِهَا وَلَا مَوْلُوْدٌ لَّهٗ بِوَلَدِهٖ وَعَلَى الْوَارِثِ مِثْلُ ذٰ لِكَ  ۚ  فَاِنْ اَرَادَا فِصَالًا عَنْ تَرَاضٍ مِّنْهُمَا وَتَشَاوُرٍ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِمَا  ۗ  وَاِنْ اَرَدْتُّمْ اَنْ تَسْتَرْضِعُوْٓا اَوْلَادَكُمْ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ اِذَا سَلَّمْتُمْ مَّآ اٰتَيْتُمْ بِالْمَعْرُوْفِ ۗ  وَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ

"Dan ibu-ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, bagi yang ingin menyusui secara sempurna. Dan kewajiban ayah menanggung nafkah dan pakaian mereka dengan cara yang patut. Seseorang tidak dibebani lebih dari kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita karena anaknya dan jangan pula seorang ayah (menderita) karena anaknya. Ahli waris pun (berkewajiban) seperti itu pula. Apabila keduanya ingin menyapih dengan persetujuan dan permusyawaratan antara keduanya, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin menyusukan anakmu kepada orang lain, maka tidak ada dosa bagimu memberikan pembayaran dengan cara yang patut. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan."

(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 233)

* Via Al-Qur'an Indonesia http://quran-id.com

Sangat jelas diterangkan agar seorang Ibu menyusui anaknya selama 2 tahun sempurna. Jika ingin menyapih sebelum waktunya, harus ada alasan yang syar'i dan ada persetujuan antara Ibu dan Bapak. Jika ingin menyusukan anak pada orang lain (Ibu susuan), hal tersebut diperbolehkan.

ASI, Ibu Susuan, dan Susu Formula

Ibu Arit menegaskan kepada kita, zaman Rasulullah dulu tidak ada riwayat yang menyebutkan bayi manusia diberi susu dari selain manusia. Maksudnya, tidak ada riwayat ada bayi yang diberi susu hewan, misalnya susu onta, susu sapi, atau susu kambing. Seorang bayi yang lahir ya minum ASI ibunya. Jika sang Ibu tidak bisa menyusui, seperti Rasulullah yang ditinggal oleh Ibu beliau sedari kecil, ya mencari Ibu susuan.

Diingatkan kembali kepada kita, kisah tentang nabi Musa alaihissalam. Bagaimana nabi musa bayi dihanyutkan di sungai Nil karena pada masa itu ada perintah raja Fir'aun untuk membunuh semua bayi laki-laki di Mesir. Hingga akhirnya bayi nabi Musa justru ditemukan oleh istri Fir'aun yang kemudian membawanya pulang ke istana. Apa yang dilakukan Fir'aun pada bayi nabi Musa?. Mencarikan Ibu susuan. Bukan mencarikan susu onta terbaik, atau susu sapi terbaik.



Begitu utamanya ASI sehingga tidak bisa semudah itu digantikan dengan susu lain. Ada 4 tingkatan prioritas dalam ilmu laktasi:
1. ASI langsung ibu kandung
2. ASI perah ibu kandung
3. ASI langsung/perah ibu susuan
4. Susu formula

Kalau nggak kepepeeeeet banget, jangan semudah itu memberikan susu formula untuk bayi. Penuhi dulu hak ASI bayi, sebagai bekal terbaik untuk mereka.

Kunci Sukses Menyusui






1. Mempersiapkan tekad yang kuat untuk memenuhi hak ASI bayi sempurna 2 tahun dengan memahami bagaimana Allah dan Rasulullah mengutamakan hak ASI bayi berdasarkan Al Qur'an dan hadits.

Setelah tahu bahwa ASI juga diatur dalam agama, kita jadi nggak boleh seenaknya saja ya dalam memberikan ASI untuk anak. Nggak hanya dalam Islam kok, dalam agama lain juga ada perintah tentang ASI. Menyusui adalah sunnatullah dan kodrat wanita. Ketika manusia mulai meninggalkan kodratnya maka pasti akan terjadi kerusakan di dunia ini

2. Meyakini bahwa Allah menjamin rezeki anak sejak lahir lengkap dengan bekalnya, yaitu ASI dalam payudara Ibu

Produksi ASI dipengaruhi oleh hormon prolaktin dan oksitosin. Hormon prolaktin adalah hormon yang berfungsi memproduksi ASI. Sedangkan hormon oksitosin adalah hormon untuk mengeluarkan ASI dari payudara. Oksitosin diproduksi ketika ibu rileks dan bahagia. Jadi dua hormon itu harus saling berkolaborasi. Percuma jika ASI diproduksi banyak, tapi ibu stress, lelah, sehingga ASI susah keluar.

Ada banyak faktor pendukung agar ibu dapat menyusui. Misalnya lingkungan seperti ayah, nenek, keluarga atau orang di sekitar ibu yang mendukung suksesnya ASI sangat berperan. Faktor lainnya adalah hal yang mempercepat dan memancing produksi hormon prolaktin, disebut dengan laktagog (galactagogue).


Jangan lupa ada suatu protein yang menghambat ASI yang dinamakan FIL (Fedback Inhibitor of Lactation). “FIL ini akan aktif jika ibu lama tidak menyusui. Produksi ASI akan dihambat. Jadi normalnya ibu menyusui harus menyusui atau mengleuarkan ASI-nya 8-12 kali sehari.” ujar Ibu Li Partic.

3. Mencari tempat bersalin yang pro-alami (syar'i dan minim intervensi), pro-IMD, pro-ASI, dan Room In.

Menyusui pertama adalah kunci keberhasilan menyusui Ibu seterusnya. Ada Ibu yang setelah melahirkan ASInya langsung keluar, ada juga yang tidak. Memilih tempat bersalin yang bisa membuat Ibu nyaman akan membantu keluarnya ASI pertama.

4. Kenali dan pahami kesalahpahaman saat awal kelahiran bayi dengan mengenal tanda, "Apakah ASIku cukup?".

5. Mengetahui keajaiban dalam ASI: jumlah dan komposisi ASI sesuai kebutuhan dan masa pertumbuhan bayi



6. Mengetahui seputar bagaimana bayi menyusu, perlekatan, posisi menyusui yang tepat, dan apa itu tongue tie.

7. Mencari tahu permasalahan seputar menyusui sekaligus solusinya



8. Mengenali tanda Bayi cukup ASI

Tanda bayi cukup asi yaitu:
- Bayi langsung tidur, karena ASI memicu produksi hormon endorfin
- Buang air kecil lebih dari 6 kali sehari dengan warna urin tidak pekat atau bau menyekat
- Bayi akan melepas sendiri mulutnya dari payudara Ibu ketika telah puas
- Berat badan bayi naik lebih dari 500gram sampai 1 kg per bulan pada trimester pertama
- Bayi akan buang air besar 2x sehari dengan tinja berwarna kuning atau gelap

Pentingnya ASI

Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan terbaik bagi bayi sejak lahir. Hal ini karena kandungan pada ASI paling sesuai untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Untuk tumbuh kembang anak yang optimal, ASI perlu diberikan secara ekslusif selama 6 bulan dan dilanjutkan sampai 2 tahun.
Akan tetapi, tidak sedikit ibu yang mengalami permasalahan menyusui, biasanya disebabkan karena ASI sedikit atau bahkan ASI tidak keluar. Herbafarmindo memiliki solusi dari permasalahan tersebut.



1. ASI Booster Tea (ABT)

 ASI Booster Tea (walaupun tanpa kandungan daun teh) dari Herbafarmindo adalah sebuah suplemen penambah ASI yang terbuat dari bahan alami (herbal). ASI Booster Tea hadir sebagai minuman yang tidak pahit dan bisa dicampur dengan madu, gula maupun susu sehingga bisa dibuat seperti milkshake. Teh ini juga tidak mengandung kafein sehingga bisa dijadikan pengganti tea time.

ASI Booster Tea merupakan formulasi dari daun-daunan mediterania yang diuji secara klinis dan praktis terbukti bisa melancarkan ASI sampai 900% dalam beberapa jam saja. Kandungan di dalam ASI Booster tea seperti: Habatussauda, Fenugreek, Fennel, Anise, Alpinia Powder, dan Moringa.

2. Rufani Snack

Rufani Snack adalah snack MPASI (Makanan Pendukung ASI) dari Herbafarmindo yang sehat, mudah ditelan dan bernutrisi tinggi. Rasanya yang lezat dari teri pilihan membuat Rufani Snack sangat digemari oleh anak-anak.

Untuk pemesanan atau informasi lebih lengkap tentang produk-produk Herbafamindo bisa cek di
Website: www.asi.web.id
Instagram: @asiboostertea
Share:

1 comment:

  1. Menyusui harus keras kepala plus support dari keluarga dan org2 terdekat supaya berhasil. Skrng enak ya sudah ada booster ASI dll, saya dulu juga minum tapi bentuknya teh gtu dr daun fenugrek. Skrng banyak sih ya yang lbh praktis, booster ASI-nya :D

    ReplyDelete