Monday, July 29, 2019

,

Bahan Alami Untuk Menyembuhkan Diare Pada Anak

Pernahkah mengalami si kecil tiba-tiba mengeluhkan sakit perut karena diare?.

Apa yang kemudian sebaiknya kita lakukan sebagai orang tua?.

Diare pada anak. Pic from Adobe Stock


Berikut ini aku akan mengulas apa itu diare, apa penyebabnya, dan bagaimana penanganan diare pada anak.

Diare adalah sebuah gejala gangguan pencernaan yang ditandai dengan buang air besar secara terus-menerus, biasanya terjadi minimal 3 kali dalam 24 jam. Selain itu, diare juga ditandai berupa tinja atau feses anak berupa cairan atau lebih lembek.  

Penyebab utama diare yaitu makanan yang kita konsumsi. Diare bisa disebabkan karena keracunan makanan, infeksi bakteri/parasit/virus, intoleransi laktosa, mengonsumsi pemanis buatan, mengonsumsi obat tertentu, serta penyakit radang usus.  

Diare bisa diderita oleh siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Jika anak terkena diare, perlu dilakukan penanganan secara cepat. Hal ini karena diare bisa mengurangi cairan dalam tubuh dan mengganggu sistem pencernaan tubuh anak. Akibatnya proses penyerapan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang jadi terhambat. 

Untuk penanganannya, penggunaan obat diare pada anak alami resep dokter bisa menjadi jawaban yang tepat. Atau bisa juga kita berikan bahan-bahan alami untuk menyembuhkan diare pada anak seperti ini:

Yoghurt

Yoghurt baik untuk menyembuhkan diare. Pic from pexels.com


Yoghurt merupakan salah satu minuman olahan susu yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Jika selama ini kita mengenal susu sebagai minuman yang kaya akan manfaat, maka begitu pula halnya dengan yoghurt. Bahkan, yoghurt bisa memberikan manfaat lain dari susu melalui kandungan bakteri baik yang ada di dalamnya. Salah satunya yakni manfaat untuk mengatasi diare pada anak secara efektif.

Kandungan probiotik yang ada didalam yoghurt mampu secara efektif mengatasi diare yang dialami anak Anda. Sebab, terdapat berbagai bakteri baik seperti Bifidobacterium bifidum, Lactobacillus acidophilus, dan Saccharomyces boulardi di dalam yoghurt yang berguna untuk sistem pencernaan tubuh. Bakteri-bakteri tersebut berguna untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh dan mengatasi diare pada anak secara efektif. Anda bisa memberikan yoghurt dengan varian rasa kesukaan anak Anda untuk mengatasi diare secara efektif dan alami.

Chamomile

Camomile tea. Pic from Unsplash.com

Teh chamomile dipercaya mampu menjadi obat diare alami yang berguna untuk mengurangi peradangan serta memperbaiki kerja usus. Ini disebabkan karena sifat teh chamomile yang merupakan antidiare dan antiradang sehingga bermanfaat untuk menyembuhkan diare pada anak secara alami. Anda dapat mencoba untuk memberikan teh chamimile kepada anak Anda ketika ia mengalami diare. Lakukan cara alami ini secara berulang dan perhatikan apakah ada dampak yang signifikan setelahnya.

Selain menggunakan cara alami tersebut, Anda juga bisa memberikan obat diare kepada anak Anda. Tapi, harus dipastikan obat tersebut aman untuk digunakan oleh anak-anak. Kunjungi Go Apotik untuk mendapatkan obat yang Anda butuhkan untuk berbagai macam penyakit. Kunjungi juga laman berikut https://www.guesehat.com/3-cara-merawat-luka-setelah-operasi untuk mendapatkan informasi kesehatan dari Guesehat.

Semoga membantu :)

Share:

9 comments:

  1. Pas banget aku lagi nulis tentang diare untuk cerita.
    Ini tambahan informasi.

    ReplyDelete
  2. Wah chamomile bisa juga to? Aku pakai chamomile buat menenangkan. Kalau ada yang alami bisa dicoba nih buat anak

    ReplyDelete
  3. Baru tahu kalo yogurt bisa untuk menyembuhkan diare.

    ReplyDelete
  4. Komentarku sama dengan komentar Mbak Yustrini. Hahaha... Tapi bener. Selama ini anakku Sukaa yogurt dan gak tahu klo bisa jadi obat diare

    ReplyDelete
  5. Yogurt aq paling suka yang flat rasanya, menyehatkan memang

    ReplyDelete
  6. Sama kayak komen-komen di atas, baru tahu yogurth bisa buat bantu sembuhin diare hahaha..mantab betul nih blog disma, lama tak mampir aku. Makasih dah sharing <3

    ReplyDelete
  7. haduhhh paling gak tega kalo si kecil diare, keknya sederhana tapi kelihatan sakitttttt banget

    ReplyDelete
  8. Wiwin | pratiwanggini.netJuly 30, 2019 at 11:58:00 AM GMT+7

    Anakku suka minum yogurt (yang plain pun dia mau), alhamdulillah tidak pernah diare lagi.

    ReplyDelete
  9. Ternyata banyak bahan makanan alami yang bisa buat mencegah dan mengatasi diare ya mb... Bisa dicoba dulu, sebelum minum obat.

    ReplyDelete