Saturday, November 30, 2019

,

Cara mendapatkan tidur yang berkualitas

Tahukah kamu

Tidur nyenyak mempengaruhi kesehatan mental dan fisik kita secara langsung lhoo
Dengan tidur berkualitas di malam hari, kita akan mempunyai banyak energi, memiliki keseimbangan emosional, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.



Akan tetapi, banyak dari kita tidak melakukan tidur dengan benar. Beberapa orang melakukannya terbalik: pada malam hari mereka tidak tidur dan siang hari mereka malah tidur. Bahkan ada juga orang yang butuh perjuangan besar untuk bisa tidur di malam hari. Tidur nyenyak menjadi hal yang sulit ketika kita ternyata harus bangun pada jam 3 pagi untuk melakukan suatu hal. Tetapi sebenarnya kita memiliki kontrol lebih besar atas kualitas tidur tanpa kita sadari.

Ada beberapa alasan kenapa kita kesulitan tidur di malam hari sehingga tidak memiliki waktu tidur yang berkualitas:
Pertama, biasanya hal tersebut karena kebiasaan kita di siang hari yang tidak sehat
Kedua, pilihan gaya hidup yang dapat membuat kita menjadi kesulitan tidur di malam hari.
Akibatnya dapat mempengaruhi suasana hati, otak, dan jantung kita, sistem kekebalan tubuh, kreativitas, vitalitas, dan berat badan.

Nah, di artikel ini aku punya tips agar kita bisa hidup sehat, mudah tidur di malam hari, serta memiliki waktu tidur yang berkualitas sehingga pada siang hari kalian akan merasa segar dan bugar!

Kuncinya yaitu: Ikuti siklus tidur normal 

Photo by Stas Knop from Pexels


Menyelaraskan dengan siklus tidur-alami tubuh kita yang seharusnya yaitu malam hari, atau ritme sirkadian, adalah salah satu strategi terpenting untuk tidur lebih baik. Caranya yaitu dengan mempertahankan jadwal tidur dan jadwal bangun yang teratur.

Melalui cara ini, kita akan merasa jauh lebih segar dan berenergi daripada tidur dengan waktu yang sangat lama di setiap waktu yang berbeda. Bahkan jika kita mengubah jadwal tidur satu atau dua jam lebih lama, apabila hal tersebut tidak teratur maka kita tidak akan merasakan tidur yang berkualitas. Misalnya saat weekend, biasanya kita bangun jam 4 pagi tapi karena libur kita coba bangun jam 5 pagi, rasanya malah tubuh menjadi lemas.

Cobalah tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Ini membantu mengatur jam internal tubuh kalian dan mengoptimalkan kualitas tidur kalian. Pilih waktu tidur ketika kita biasanya merasa lelah, sehingga kalian akan dengan mudah merasa kantuk dan tetidur. Jika kalian cukup tidur, kalian akan bangun secara alami tanpa alarm. Jika kalian membutuhkan jam alarm, kalian mungkin perlu waktu tidur lebih awal.



Photo by Ivan Oboleninov from Pexels

Kemudian kita harus menghindari tidur tidak teratur di waktu libur. Semakin banyak waktu tidur yang tidak teratur maka akan semakin buruk, kalian akan merasakan gejala seperti jetlag yang akan kalian alami. Usahakan kalian tidak mengganggu ritme tidur-bangun alami kita.

Jika sulit tidur di malam hari, tidur siang dapat memperburuk keadaan. Batasi tidur siang hingga 15 hingga 20 menit. Kita juga harus melawan kantuk setelah makan malam. Jika mengantuk sebelum waktu tidur, turunlah dari sofa dan lakukan sesuatu yang sedikit membuat kalian tidak mengantuk, seperti mencuci piring, menelepon teman, atau menyiapkan pakaian untuk hari berikutnya. Jika kita menyerah pada rasa kantuk, besar kemungkinan kita akan terbangun di malam hari dan kemudian sulit untuk tidur lagi.

Selain itu agar bisa tidur dengan cepat kita perlu merasa nyaman. Ada cara-cara untuk membuat kita merasa  nyaman saat tidur, seperti:
Gunakan bantal tidur yang sesuai tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah
Gunakan lampu yang tidak terlalu terang. Cukup gunakan lampu tidur atau malah mematikan lampu sama sekali, 
Terakhir, gunakan selimut yang nyaman seperti selimut bulu . Dengan selimut bulu kalian akan merasakan hangat dan nyamannya tidur.

Photo by Jess @ Harper Sunday from Pexels

Share:

0 comments:

Post a Comment