Tuesday, May 1, 2012

Program Segitiga Bintang Terbalik

Karena kita dapet tugas bikin 3 program, nah ini dia program terakhir dari kita. Aku agak bingung juga sih kalo program kayak gini tuh namanya apaan. Jadi asal comot nama aja. This is it... Program Segitiga Bintang Terbalik

Output
/*
 * Program menampilkan bintang
 * oleh Fatonah Dwi Putri      / F / 11520241043
 * oleh Soraya Mir'atun Misyah / F / 11520241055
 * oleh Disma Ariyanti Widodo  / F / 11520241066
 */

package kelompok;

//memanggil class Scanner
import java.util.Scanner;

//deklarasi class
public class Tugas3 {
    //main method
    public static void main(String[] args) {
        Scanner var = new Scanner(System.in); //tempat menyimpan sementara data inputan dari keyboard
        String ulang; //variabel ulang untuk menentukan perulangan

        do{ //program akan mengeksekusi aksi jika kondisi perulangan terpenuhi
        System.out.print("Masukkan angka : "); //user menginputkan jumlah baris
        int input = var.nextInt();  //variabel input
       
        int bintang = 1,            //variabel bintang
            naik = input/2,         //variabel naik
            turun = input-naik;     //variabel turun

        //perulangan untuk menampilkan output bintang dari baris awal hingga tengah
        for (int i = 0; i < naik; i++) {
            for (int j = 0; j < bintang; j++) {
                System.out.print("*");
            }
            bintang = bintang+2; //agar tampilan ganjil
            System.out.println(""); //membuat ganti baris
           
        }

        //perulangan untuk menampilkan output bintang dari baris tengah hingga akhir
        for (int i = 0; i < turun; i++) {
            for (int j = 0; j < bintang; j++) {
                System.out.print("*");
            }
            bintang = bintang - 2; //agar tampilan ganjil
            System.out.println(""); //membuat ganti baris
           
        }
            //pilihan user untuk mengulang atau tidak
            System.out.println("Apakah Anda ingin mengulang ? (ya / tidak)");
            ulang = var.next();
     }
     //pengecekan apakah kondisi terpenuhi atau tidak
     while (ulang.equalsIgnoreCase("y") || ulang.equalsIgnoreCase("Ya"));
    }
}
Share:

2 comments: