Wednesday, June 6, 2012

Program Belah Ketupat Bintang

Algoritma pemrograman emang mata kuliah yang santai abis, mau masuk atau enggak kata dosennya nggak ngaruh. Malah katanya andai nggak ada peraturan presensi mahasiswa harus 75% biar bisa ikut ujian, mahasiswa nggak masuk kuliah terus juga nggak papa. Ya udah, suatu hari (ceilah) aku coba-coba bolos aja. Eh ternyata hari itu malah ada kuis #ngek. Kuis asli sih kayaknya gampang, cuma disuruh bikin flowchart gitu. Nah karena aku nggak mau ambil resiko nanti di akhir keluar nilai K di siakad, jadinya ya aku minta tugas pengganti kuis deh. Tugasnya disuruh buat program yg outputnya bintang bentuk belah ketupat. Check this code yak ;)

/* Tugas Pengganti Quiz
 * Program membuat belah ketupat
 * oleh Disma Ariyanti Widodo / F2 / 11520241066
 */
import java.util.Scanner;

public class kuis_11520241066 {
    public static void main(String[] args) {
        int l=1, tingkat, n, angka;
        String input="yes", q;
        do{
        System.out.print("Masukkan angka : ");
        Scanner varinput = new Scanner(System.in);
        n = varinput.nextInt();

       
        if(n%2 == 0){
            System.out.println("Angka harus ganjil");
        }
        else{
            //membuat belah ketupat
            for (int i = 0; i < n/2; i++) {
            for (int j = n/2; j >= i; j--) {
                System.out.print(" ");
            }
            for (int k = 1; k <= l; k++) {
                if (k == 1 || k == l) {
                    System.out.print("*");
                } else {
                    System.out.print(" ");
                }
            }
            l += 2;
            System.out.println();
        }
        for (int i = 0; i < n-(n/2); i++) {
            for (int j = 0; j <= i; j++) {
                System.out.print(" ");
            }
            for (int j = l; j > 0; j--) {
                if (j == l || j == 1) {
                    System.out.print("*");
                } else {
                    System.out.print(" ");
                }
            }
            l -= 2;
            System.out.println();
        }
        }

            //program akan berhenti jika kita menekan tombol q
            System.out.print("tekan q -->");
            Scanner varq = new Scanner(System.in);
            q = varq.next();

            if(q.equalsIgnoreCase("q")){
                q = "quit";
            }
            else{
                q = "yes";
            }
        }while(q.equalsIgnoreCase("yes"));
    }}

Share:

0 comments:

Post a Comment