Monday, October 15, 2012

,

Pelatihan Soft Skill Mahasiswa FT Angkatan 2011

Ini cerita seminggu yang lalu, tepatnya Minggu (7/10). Aku dan kawan-kawan selaku mahasiswa FT angkatan 2011 yang berbakti ikut kegiatan dari fakultas, namanya Pelatihan Soft Skill dan itu wajib. Katanya sih bakal berpengaruh sama kelulusan kita besok. Kalo nggak ikut nggak bisa ikut yudisium katanya. Wew, semacam ngancem gitu nggak sih. Denger-denger dari tetangga sebelah, acaranya itu ada outbound nya, bikin capek (padahal yang bilang ke aku tu cowok lho), ada seminar yang boring, terus pulang nya sore. Dan 4 dari 4 orang yang aku wawancara, mengaku bahwa mereka bolos di tengah jalan. Wuwuwu (semoga pak Dekan nggak baca). Tapi sekali lagi, seperti yang aku bilang di atas kalo aku dkk adalah mahasiswa yg berbakti jadi kita tak gentar oleh apapun juga.

Pagi nya aku dijemput sama @hiel_zone sama @soraisaya buat berangkat bareng. So sweet kan. Ternyata di depan KPLT udah ada temen-temen yang dateng duluan. Rajin-rajin amat sih yak. Kita bareng-bareng naik ke lantai 3, dan di sana masih sepi pi pi pi pi .... . Ya udah deh kita foto-foto dulu, hihi


Tepat deh praduga kita, ini acara pasti pake molor. Di undangan sih jam 6.30, tapi pengkondisian sama mulainya acara sekitar jam 7.30, cp cp cp. Soft Skill. Pas pengondisian itu, kita dipisah jadi 2. Yang digit terakhir NIM nya angka ganjil stay di KPLT buat seminar, yang genap kita keluar buat outbound. Waa, asik asik soalnya aku NIM genap. Eh, pas aku lagi jalan mau turun masa' ada temen yang bilang gini coba, "Kok kowe medhun ? Kowe genep po ?" artinya "Kok kamu ikut turun ? Emang kamu waras ?". Asiiin >,<

Di lapangan, kita dibagi lagi. Aku sama Tisha sama Ripet sama Akhi sama Ari melakukan sedikit kecurangan waktu itu biar bisa sekelompok. Bihik. Sekali-sekali ga papa lah ya. Kita dipandu sama mbak Tyas, kadept PSDM nya BEM FT UNY  sama Bapak Dosen dari Mesin, kalo nggak salah namanya Pak Arif apa yak, lupa. 

Waktu outbound itu, kita maen 5 games. Ada games perkenalan pake bola volly, games acid gate (ceritanya nyebrangin lautan asam pake 3 dingklik), games Birthday Line (kita berdiri di atas rafia trus saling urut-mengurut berdasar kategori apa aja), games Ngegolin Bola pake rafia ke dingklik terdekat, sama yang terakhir games Self Fall (apa ya namanya) yang kita jatohin diri terus ditangkap sama temen-temen. Dari kelima games, yang paling iuuuh buat aku tu game ngegolin bola. Kudu sabar banget, bola nya jatoh-jatoh mulu bikin gemes. Konyolnya, harusnya kita tu megang ujung rafia, eh aku nya malah maju-maju sampe  lebih dari separoh rafia. Malu-maluin. Terus games yang paling hewew itu yang Self Fall, aku ngerasa cemen banget men. Masa' aku nggak berani coba, mihik. Abis gara-gara aku ngerasa lagi gendut banget sih sekarang. Kayaknya badan aku lagi ada di titik terberat deh, jadi ga PD.

Abis ngegame, kita tutup kebersemaan bareng tim Genap - Ganjil dengan maem bareng di halaman PTBB. Pas lagi so sweet - so sweetnya bercanda bersama (caelah), ujan dateng. Waoww, hari ini hari pertama ujan turun di Jogja lho. Sophisticated sekali. Tapi aku jadi keinget jemuran di kost. Semoga ada yang ngangkatin ya :'( .

Abis outbound, kita ishoma dan gabung sama temen-temen NIM ganjil sambil sharing-sharing. Denger-denger seminar di atas itu boring banget. Si Fatonee sampe sempet bobo cantik. Gile. Mana di luar masih ujan lagi. Kombinasi yang pas banget, iya nggak sih. Udah capek abis outbound, kenyang abis dikasih makan enak, nuansa ujan yang damai, sama materi dari bapak ibu dosen yang kayak dongen. Mantap abis itu kalo buat bobok siang. 

Berdasarkan insting pengen hidup di zona nyaman, aku sama hilzone, kakak rete, fiani, dll milih duduk di kursi belakang sendiri. Pokoknya itu tempat duduk paling strategis deh. Elah, tau-tau ada Bapak Dosen nyuruh kita pindah ke depan. Huaa. Dan akhirnya aku duduk di barisan di depan sendiri. Untung ada Ari. Aku nggabung sama temen-temen cowok aja. Lumayan ada temen. Ada Rudi sama Arya juga. Alhasil akunya jadi nggak bisa tidur sama sekali. Padahal ngantuk banget. Aku sampe heran kok bisa aku tahan, padahal biasanya mungkin nggak akan bisa nahan ngantuk.

But hikmahnya adalah aku jadi merhatiin materi dari bapak ibu Dosen ini. Lumayan oke sip juga. Yang favorit tu pas Pak Masduki ngisi tentang leadership. Suka deh aku. Materi terakhir about Entrepreneurship diisi sama ibu dosen muda dari PTBB. Boleh juga sih, ada hiburan yang bikin kita agak fresh. Tapi tengil ni, masa' kita dikasih tugas dan wajib ngumpulin kalo mau dapet sertifikat softskill ini. Zzz.

Oke, dan acara selese sekitar jam 17.00. So far, so good. Overall, asik kok games, materi, sama yang paling penting : konsumsinya. Tapi nggak suka deh kalo apa-apa jadi diwajibin gini. Semoga besok-besok ada acara beginian lagi yang tentunya lebih asik. Salam Teknik ;)



Share:

1 comment: