Sunday, December 16, 2012

Garbage In Garbage Out

Udah lama nggak update blog ya ternyata pemirsah. Kemarin sempet males-malesan dengan dalih, "bentar deh, belum dapet inspirasi". Dan waktu itu juga malah ada seorang temen yang update di akun sebelah bilang gini, "Jangan menunggu mendapat inspirasi, lalu kau menulis. Tapi menulislah maka kamu akan mendapat inspirasi". Ups, jan menohok sekali.

Berhubung akhir-akhir ini justru lebih sering update di akun beberapa-karakter-aja itu, jadinya ikut terbiasa sama hal-hal yang pendek ni. Nggak pa-pa lah ya. Itung-itung 'cemilan' buat di blog.. #alibi

Oke, kali ini aku mau sedikit nyampein apa yang ada di pikiran tentang "garbage in garbage out". Ada yang udah pernah denger ? Ada yang belum ? Garbage in garbage out ini semacam sistem kerja komputer (sepemahaman aku). Jadi, komputer itu sebenernya cuma memproses dan mengolah apa yang diinputkan ke dia. Lagi bikin program, misalnya. Kita udah capek-capek ngoding, udah pusing-pusing mikir sintaks nya, algoritma nya, bla bla bla, eh pas di-compile ada yang error, atau pas di-run, hasilnya salah. Terus kita marah ? Terus kita jengkel ? Kesel ? Frustasi ? Nyalahin komputer ? Nyalahin hasil nya ? . Ngek >__< . Komputer itu cuma bikin output dari apa yang kita input. Jadi ya itu tadi, garbage in garbage out. Kalo kita masukin sesuatu yang salah (garbage / sampah, -red), hasilnya ya jadi salah (garbage / sampah,-red)

Nah, gitu juga hidup ini ni sob. Kalau ada masalah yang dateng. Kalau ada sesuatu yang nggak sesuai sama harapan kita. Atau ternyata kalau malah surprise karena something too good happens suddenly. Yaa itu dia sistem kerja di hidup kita. Apa yang kita lakuin, ya itu yang kita dapet. Mbalik gitu deh. Atau bahasa perumpamaan pada umumnya, "Apa yang kita tanam, itulah yang kita petik". Iya nggak sih ? Jadi, kalo mau ngapa-ngapain, kudu dipikir juga efek ke depannya apa. Nggak cuma "yang penting sekarang seneng" doang. Aku juga lagi belajar dan terus belajar biar bisa kayak gitu, ayo belajar bareng ;)

salam #anakTI
Share:

1 comment:

  1. yang pasti sepinter2nya komputer nek listrike dijeglegke tetep kalah bodo mbange kita kok

    ReplyDelete