Friday, July 26, 2013

Aku "Sama" Ayong

Aku sama ayong.
@ Art Jog 

Ah, entah udah berapa orang yang bilang kita mirip, atau bilang kita kembar. Hei, coba simak baik-baik. Bagian mana dari kami yang mirip lantas kalian bisa bilang bahwa kami kembar ? Physically, we are different, although it isn’t at all. Persamaannya Cuma satu, sama-sama “embem”. Tapi kadar embemku dengan Soraya juga baru mirip akhir-akhir ini kok, dulu mah embem-an Soraya banget. Haha *pembelaan.

Walaupun secara fisik kita beda, tapi inner kita emang agak samaan sih. Inner ? wew, abot.
Iya, inner. Sedikit cerita “perkoncoan” antara aku dan Ayong (panggilan sayang aku buat dia ni, hehe) ya, biar bisa jadi gambaran apa aja sih persamaan kami berdua.

Ayong masuk daftar konco yang aku kenal di awal. Kita udah kenal dari jaman OSPEK dan berlanjut sampai kuliah. Hari pertama kuliah, di jadwal kosong kita ngobrol-ngobrol ini-itu. (selain Ayong, waktu itu sama Hilma sama Annis. Eh, lambat laun malah tercipta sekawanan yang terdiri dari Aku, Ayong, Hilma, Fatonah. Lupa gimana awal ceritanya. Semua mengalir seperti air sih, *eaak).

Seiring waktu berjalan, gencar tuh info Open Recruitment ELINFO 2011. Sebagai mahasiswa baru yang masih meluap semangatnya, aku pun nggak mau ketinggalan buat daftar. Ternyata, Ayong juga daftar. Singkat cerita, waktu Temu Perdana kita berangkat bareng temen-temen sekelas (yang telat gara-gara kuliah Fisika dulu). Tibalah waktu untuk penentuan sie. Pas ditawarin sie acara, aku sama Ayong ngacung, ternyata selain kita berdua, banyak banget yang juga pengen jadi sie acara. Kalo nggak salah waktu itu Mas Catur yang mimpin, bilang kalo sie acara yang dibutuhkan Cuma beberapa orang, jadi nanti bakal ada yang dipindah ke sie lain. Aku sama Ayong pun rembugan, kira-kira nanti kalo dicutat mau pindah ke sie apa. Kita pun sepakat: sie Konsumsi jadi pilihan selanjutnya. Kita singkat-singkatin lagi ceritanya, aku sama Ayong masuk sie Humas. Lhoh, kok bisa ?. Pokokmen bisa dan itulah yang terjadi.

Persamaan pertama : kita sama-sama daftar jadi Panitia ELINFO. Persamaan kedua : awalnya kita sama-sama pengen  masuk sie Acara ELINFO tapi sama-sama masuk ke sie Humas. Efeknya, tiap berangkat rapat kita janjian dulu berdua soalnya kost kita ke KPLT kan searah. Chemistry lebih lanjut pun terjalin.
Selain ELINFO, kita juga sama-sama jadi anggota KOPMA UNY, sama-sama ikut CBT KOPMA, sama-sama jadi panitia RAT KOPMA juga. Nah !.

Kelar ELINFO, ada Open Recruitment HIMANIKA 2012. Lagi-lagi, aku pun daftar. Setelah survey ke anak-anak kelas F, ternyata lumayan banyak juga yang daftar ikut Hima. Salah satunya, ya Ayong. Ini persamaan kita lagi : sama-sama jadi pengurus Hima. Selama satu tahun kepengurusan di Hima, banyak proker yang kami berdua ikut (malah kayaknya, kalo ada Ayong ada aku. Walaupun kalo ada Aku, belum tentu ada Ayong sih). HSC, Semnas, LFC, CCJ, TJ, KO, Indo-Jerman Exhibition, PMB, KI, ELINFO 2012 (ada lagi nggak ya, agak-agak lupa). Di LFC, kita sama-sama jadi sie Konsumsi, di PMB juga kita sama-sama jadi pemandu.

Selain HIMA, aku sama Ayong juga go eksternal dong. Hehe, istilahnya wagu. Kita ekspansi ke Fakultas. Study Comparative BEM FT 2012, aku sama Ayonglah yang jadi perwakilan Hima waktu itu. Kita juga ikut ELS 2012 dan jadi panitia OSPEK FT 2012. Senengnya adalah, kita sama-sama tergabung jadi PH OSPEK. Aku jadi koordinator sie Data, Ayong jadi Bendahara. Orang yang sering bilang kalo kita kembar, salah satunya adalah Pak Korfak, yap >> Bani Asrofuddin. Hmmm..

Di kuliah, kami pun hampir 11-12. Sama-sama sering nggak mudeng. Haha. Dan di Hima sekarang pun kami sama-sama jadi Pengurus Harian, atau lebih khususnya lagi, sama-sama Pengurus Inti. Ayong jadi Bendahara, aku jadi Sekretaris. Masalah berantakannya kamar kost ? mm.. nggak perlu aku sebutin di sini lah ya :D.

Here we goes. Kita lagi PI nih. Lagi-lagi di tempat yang sama, PPPPTK Matematika. Tiap pagi kita udah pasang-pasangan berangkat ke sana. Fatonah sama Hilma, aku sama Ayong.

Herannya, kalo aku pas males banget berangkat pagi-pagi terus aku sms Ayong biar berangkatnya agak siangan aja, eh di saat yang bersamaan pasti ada sms dari Ayong juga bilang hal yang sama. Terus ni ya, kalo pas aku kesiangan, pas di jalan kita cerita-cerita, Ayong juga pasti bangunnya sama-sama kesiangan. Pas aku nggak sahur, eh, bisa ketebak kan, Ayong paginya juga nggak sahur.

Kemaren kita berdua main ke Art Jog. Di sana, kita sama-sama melongo. Melongo kita ini disponsori oleh rasa kagum sama barang-barang unik yang didisplay di sana, sekaligus karena nggak mudeng sama makna di dalamnya. Haha. Ending-endingnya di ArtJog juga malah jadi ajang narsis-narsisan deh.

Back to PI. Sekarang kita berlima dipisah jadi 2. Kakak Rete, Fatonah sama Hilma ngerjain proyek video, aku sama Ayong ngerjain proyek web. Aku sama Ayong sama-sama galau web ni ceritanya. Selain itu, kemaren (sekarang juga masih sih), kita sama-sama galau laporan pertanggungjawaban tengah tahun. Jadi, kemaren di tempat PI tuh bukannya buka Dreamweaver atau localhost buat bikin web. Aku malah buka Ms Word buat ngetik laporan, dan Ayong malah buka Ms Excel buat ngerekap dana. Maaf ya pak, bu pembimbing. Hehee.

Sekian dulu deh cerita-ceriti soal sedikit persamaan aku sama Ayong. Nggak menutup kemungkinan, bakal tambah lagi hal-hal yang sama antara kami berdua. Tapi, toh kami nggak melulu sama kok, tetap ada hal yang beda pastinya. Kalau sama terus, nanti jadi bosen dong, tebakable, monoton. Kalau beda terus, nanti yang ada bakal nggak nyatu terus kisruh. Persamaan ataupun perbedaan itu bukan hal yang pokok, yang penting adalah gimana kita memadukannya supaya saling melengkapi. Kami bisa akur gini, selain karena saling menghargai, aku pikir juga karena takdir yang menggariskan kita jadi kayak gini.

Yang pasti,
Seorang sahabat tidak akan membiarkan kamu melakukan tindakan bodoh…
…sendirian ! :D


Share:

2 comments:

  1. witing 'tresno' jalaran seko kulino ahak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. witing tresno jalaran soko ora ono liyo #eh

      Delete