Thursday, April 28, 2016

,

Ada Apa Dengan Cinta? AADC 2: Tentang Cinta yang Belum Selesai

Ada Apa Dengan Cinta. Aku masih inget banget gimana dulu film ini begitu booming di tahun 2002. Sebenernya waktu itu aku masih kecil. Tapi karena udah diajarin gaul sama mbak Devi dan tante Ida, jadilah kecil-kecil udah ikutan nonton AADC.

Kalau nggak salah waktu itu juga pas lagi liburan sekolah karena dulu nonton rame-rame sama sodara. Dan dapetnya di kursi paling depan, ya amplop. Padahal itu udah beli dari calo. Saking panjangnya tu antrian bioskop.

Sejak 2014 lalu, tersiar kabar film AADC dilanjutkan lagi jadi AADC 2. Setelah iklan Line AADC dapat sambutan positif dari para penontonnya. Ternyata kabar itu bukan cuma wacana. Yeay.

Source gambar www.21cineplex.com

Dan akhirnya... 28 April 2016. Waktu penantian buat bisa nonton lanjutan AADC pun tiba. Dibela-belain nitip pake mtixnya Faza biar bisa booking pagi-pagi. Takut rame, males antri, dan nggak pengen dapet tempat duduk nggak strategis.

Firasatku bener, jam 12 ke Empire XXI buat ambil tiket main jam 12.30, di sana ketemu antrian panjang. Apalagi tanggal 27 April kemarin Civil War juga tayang perdana. Sistem antri bioskop yg 1 line kayak sekarang jelas nggak membantu. Beda kayak jaman dulu yg beda studio beda antrian. Oke, skip.

Lanjutin nonton aja. Kira-kira gimana ya ceritanya? Apa aja ya konfliknya?

Buat yang penasaran, bisa baca sedikit review dari aku. Hati-hati spoiler.

---

Di awal film, diceritain geng Cinta berkumpul kembali. Ada Cinta, Milly dan Maura bersama pasangan masing-masing. Maura dengan suami (asli)nya Christian Sugiono. Milly dengan Mamet, yang kini menjadi suami istri dan tengah menunggu kelahiran anak pertama mereka. Dan Cinta, dengan tunangannya, Trian. Iya, tunangan.

Source gambar dari www.storibriti.com


Karmen baru datang kemudian. Penampilannya sedikit berbeda. Ternyata Karmen sempat menjadi pemakai narkoba, lalu ditangkap polisi dan menjalani rehabilitasi selama 6 bulan. Kenapa Karmen bisa mengalami hal ini?

Pada saat itu, Cinta dan Trian memberitahukan kepada yang lain bahwa Cinta telah menerima lamaran Trian dan mereka akan segera menikah. Duarr... menikah? 

Untuk merayakan kembalinya Karmen, Geng Cinta akan liburan ke Jogja bersama. Hanya berempat, tanpa suami, pasangan ataupun anak. Kenapa hanya berempat? Di mana Alya?. Sebelum berangkat ke Jogja, mereka berpamitan dengan Alya di pemakaman. Alya tak bisa lagi bersama dengan mereka. Dia telah meninggal dunia pada tahun 2010 lalu.

Cerita pun bergulir di Jogja. Setting lokasi di Jogja diambil dengan sangat apik. Kita yang tinggal di Jogja dibuat sibuk menebak-nebak lokasinya ada di mana. Yang kita tau ada pasar di Kotagede, pantai di Bantul, daerah Malioboro, Alkid, dan masih banyak yang lain. Kuliner khas Jogja yaitu gudeg, sate klathak dan kopi ditampilkan  di sini. Ada Puthuk Setumbu dan Gereja Ayam juga yang notabene berada di Magelang.

Jogja menjadi saksi pertemuan Cinta dan Rangga. Bagaimana bisa? Bukankah Rangga ada di New York?.

Kata Milly, "Jangan-jangan Rangga ke Jogja sama istrinya buat honeymoon". Kira-kira benar nggak ya dugaan Milly?

Awalnya Cinta enggan bertemu dengan Rangga. Cinta masih teringat betapa patah hatinya ketika Rangga memutuskan hubungan mereka melalui surat. Surat yang hanya berisi kalimat pisah, tanpa penjelasan apapun. Putus setelah 4 tahun mereka pacaran jarak jauh (LDR), dan pertemuan setelah 9 tahun putus cinta yang tanpa penjelasan, bukan hal yang mudah bagi Cinta.

Ada apa dengan Cinta? dan Rangga?

Bagaimana pertemuan Cinta dan Rangga di Yogyakarta?

Ada penjelasan apa di balik surat Rangga yang memutuskan hubungan dengan Cinta?.

Bagaimana hubungan Cinta dan Trian selanjutnya?

Bagaimana juga akhir kisah Cinta dan Rangga?

dan tak lupa.. Seperti apa keseruan geng Cinta di masa dewasa kini?

---

Film AADC 2 berhasil menjawab kerinduan dan pertanyaan penonton atas AADC pertama. Walaupun banyak hal yang berubah di AADC 2, tapi kita masih akan bertemu dengan sosok Cinta, Rangga, Milly, Maura, Karmen, bahkan Mamet yang dulu. 

Karakter mereka masih sama. Mamet yang geje, Karmen yang "sangar", Maura yang cerewet, Milly yang lola, Cinta yang gengsian, dan Rangga yang misterius. Karakter Milly deh yang juara, celetukannya selalu sukses bikin penonton ketawa. Tapi di sini, Rangga yang misterius dan super cool itu kini jadi lebih manis. Kebayang nggak gimana senyumnya Nicholas Saputra? Ya gitu deh. Uwuwuw.

Tapi ada yang berbeda dengan AADC pertama. Di AADC 2, jalan cerita cinta antara Cinta dan Rangga digambarkan lebih dewasa. Aku suka bagian di mana Cinta dan Rangga bertemu konlik dengan sedikit kekanakan, tapi kemudian diselesaikan dengan dewasa. Bukan lagi ala ABG. Oh iya, batas umur untuk nonton film ini 13+ ya. 

Tak ketinggalan, di AADC 2 ini kita disuguhi puisi-puisi Rangga (karya M. Aan Mansyur) yang puitis. (Baca juga: Puisi-Puisi Rangga di AADC 2) Sederhana tapi mengena. Indah dan bikin luluh lantah. Tsah.

Panas di kening.. dingin dikenang.. (cuma ini yang aku inget)

Lagu-lagu ost dari Melly Goeslaw juga keren.

Well.. nggak sia-sia melalui Ratusan Purnama antara AADC 1 dan AADC 2. Aku suka banget sama film berdurasi 124 menit ini. Pokoknya nggak nolak kalo diajakin nonton lagi :D


Share:

6 comments:

  1. Inget ngga isi surat-surat yg ditulis rangga untuk cinta yg disimpan dalam kotak?

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Ternyata adek kecil udah nonton AADC 1 euuyyy...suamiku kalah deeh hihihi. Asli bikin baper kalau liat yang keduanya iniiih

    ReplyDelete