Friday, April 1, 2016

Kesalahan 14 Pada Setting Domain .ID

Bulan Maret lalu ada promo domain .id dari berbagai penyedia web hosting. Promonya cukup menarik, tarifnya hanya Rp 9.900/tahun bahkan ada pula yang gratis. Tau ada promo domain .id begini bikin aku jadi mikir, "Wah, pas banget ni".

Kebetulan aku punya online shop di beberapa sosial media dengan nama akun yang sama yaitu dismostuff.id. (Sekalian bisa cek di Instagram, FB, Bukalapak, dan Shopee, hehe :D).  Jadilah aku beli domain di salah satu penyedia web hosting. Prosedurnya seperti biasa: transfer, kirim bukti pembayaran, dapat konfirmasi pembayaran, upload KTP, kemudian domain udah siap dipakai.

Aku pun meluncur ke Blogger dan akun Web Hosting untuk setting domain (Baca: Setting Domain Blogspot ke Domain Berbayar). Tapi walaupun DNS sudah aku setting, domain .id tetap gagal didaftarkan. Muncul pesan Kesalahan 14: Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini. Di akun teman juga muncul kesalahan yang sama tapi dengan kode Kesalahan 2.


Pesan Kesalahan 14

Setelah cek dan ricek, akhirnya nemu salahnya di mana. Di menu Manage DNS atau Kelola DNS ada catatan:
Khusus untuk domain .ID maka untuk Name Server Kelola DNS adalah: ns11.idwebhost.id dan ns12.idwebhost.id


Aku pun masuk ke Menu Manage Nameserver (Kelola Nameserver) dan mengganti alamat nameserver. Setelah itu pilih Ubah Nameserver. Jika pesan kesalahan masih muncul, coba ditunggu dulu. Karena untuk penggantian Nameserver membutuhkan waktu 24 jam. Di keterangan gambar juga sudah ada.

Mengganti alamat Nameserver di Menu Manage Nameserver

Sekarang, coba cek Setting di Blogger. Tarraa... berhasil. Jangan lupa beri tanda centang pilihan "Alihkan nama-domain ke www-dot-nama-domain".



Selamat mencoba

Share:

3 comments:

  1. tadi saya juga sempet ngalamin kaya begitu & setelah nunggu kurang dari 5 menit sukses deh :) kirain ada yang salah

    ReplyDelete
  2. itu berlaku untuk domain .id aja tau ekstensi lainnya, misal .co.id, .web.id gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yg di atas khusus .id mas. Untuk domain lain, sepengalaman saya kalau domainnya nggak mau ganti juga itu karena ada setting di webhost yg nggak kita turuti. Jadi harus jeli baca keterangan/petunjuk dari webhostingnya

      Delete