Sunday, April 24, 2016

Running Man 295: Kenapa Konsep Running Man Sekarang Sangat Berbeda

Running Man (RM)

Running Man adalah salah satu variety show dari Korea Selatan. Terhitung sudah hampir 6 tahun Running Man tayang, yaitu sejak 11 Juli 2010 hingga sekarang. Waktu yang terbilang cukup lama untuk sebuah TV show.

Konsep acara Running Man yaitu para member dan guest bermain games untuk menyelesaikan misi hari itu. Di akhir misi, akan ada hukuman bagi yang tidak mencapai misi, atau ada hadiah bagi yang berhasil menyelesaikan misi. Games dan misi yang dimainkan selalu berbeda di tiap episode. Daebak, membuktikan betapa tingginya kreativitas mereka.

Di awal penayangan RM memiliki 9 fix member. 7 member yang bertahan hingga sekarang adalah: Yoo Jae Suk (MC, komedian), Ji Suk Jin (MC, komedian, singer), Kim Jong Kook (singer), Song Ji Hyo (aktris), Kang Gary (singer), Ha Ha (singer), dan Lee Kwang Soo (aktor). 2 member yang keluar ada Song Joong Ki (aktor) dan Lizzy (singer).

Running Man 2016


Running Man 295

Running Man episode 295 berbeda dari episode yang lain. Jika episode-episode Running Man biasanya membuat kita tertawa, di episode yang satu ini bisa membuat kita terharu. 

Di episode yang mengangkat tema, “I’m sorry, I love you” ini, para member mendapat misi untuk meminta maaf kepada para guest yang pernah mereka kecewakan saat tampil di Running Man. 
Ada Park Seo Jon yang namanya pernah salah ditulis menjadi Lee Seo Jon. 
Ada Lee Yoo Won yang penampilannya terlihat buruk ketika di salah satu game. 
Ada Jo Seok penulis webtoon yang hanya tampil sangat singkat di salah satu episode. 
Ada Moon Hee Joon H.O.T. yang dipanggil “Fatty” oleh Kim Jong Kook. 
Dan ada Kyuhyun yang pada waktu itu ternyata sedang berada di Jepang.

Kemudian di sesi terakhir, para member saling menyampaikan isi hati kepada member lain. Di sinilah terungkap beberapa fakta personal para member.

Jong Kook yang mengaku pada Jae Suk bahwa tuntutan perannya di Running Man sebagai pria yang kuat membuat dia kadang bertindak terlalu agresif.

Suk Jin, Ha Ha dan Gary yang mengungkapkan bahwa mereka pernah berniat untuk berhenti dari Running Man.

Ji hyo yang berterima kasih pada Kwang Soo karena ia pernah merasa tidak dapat membaur dengan member lain namun Kwang Soo lah yang menyemangatinya. Kwang Soo juga meminta maaf pada Ji Hyo karena ia sering berlaku keterlaluan pada Ji Hyo. 

"I am so sorry. But If I say sorry then I shouldn’t act like that again. It’s really difficult"

Aku sangat merasa berasa bersalah. Tapi jika aku meminta maaf, maka seharusnya aku tidak mengulanginya lagi. Ini benar-benar sulit.

That's so sweet on him.

Di akhir, ditutup dengan pengakuan Gary pada Ha Ha bahwa Ha Ha adalah sosok role model atau panutan bagi Gary. Hal yang justru membuat keduanya tertawa bersama karena terasa awkward

Konsep yang Berbeda

Buat penonton setia Running Man pasti merasa ada perubahan yang sangat signifikan di episode-episode Running Man yang sekarang. Sudah tidak ada lagi aktivitas fisik yang berat, tidak ada lagi medan-medan seperti lumpur, acupressure mat, dll. Sudah tidak ada lagi game name-tag ripping di akhir misi. Atau game relay, atau member diguyur air, tepung, dan lain-lain.


Running Man eps 291. Yoo Jae Suk: Kita memiliki PD baru

Di episode 291, para member sudah menjelaskan bahwa PD (sutradara) Running Man yang lama sudah resign dan digantikan dengan PD yang baru. Itulah kenapa konsep RM sekarang jauh berubah. Konsep yang ditonjolkan kini lebih soft, eh gimana ya nyebutnya. Tetap menarik, unexpected, kayak episode "Unluckiest" kemarin. Tapi entah kenapa aku ngerasa bosan.

Sampai akhirnya di episode 295 ada bagian Gary bercerita pada Jae Suk tentang keinginan serta ketakutannya saat ia berpikir untuk keluar dari Running Man.

Baca juga: Kang Gary Keluar dari Running Man?

Running Man eps 295. Gary dan Yoo Jae Suk

Pada bagian itu, Jae Suk menjawab

“We are trying to change ourselves. You know we all used to play at playground when we were young but as we get older we can’t play in the same place forever. We won’t have much fun playing with the same rides over and over"

Kita belajar untuk berubah. Kita dulu bermain di taman bermain ketika kita masih kecil. Tapi saat kita beranjak dewasa, kita tidak bisa terus bermain di tempat yang sama. Kita tidak akan senang lagi mengulang permainan yang sama.

---

Oke deh. Now I know, mungkin mereka ingin mencoba hal yang lain. Beralih dari konsep lama menjadi konsep baru. Apalagi mengingat usia para member yang tidak lagi muda, mungkin cukup sulit buat mereka sekarang melakukan aktivitas fisik berat seperti dulu. Tapi tujuan mereka tetap sama, yaitu menghibur penonton setianya.

Nerima perubahan emang perlu waktu. Tapi aku akan tetap excited nonton Running Man.

Share:

6 comments:

  1. Iyaa,, saya juga ngerasa beda RM dulu dan sekarang,, aku malah lebih suka nnton RM yang lama dr pada yg baru, tapi bener apa yang kamu bilang tadi,, mungkin faktor usia salah satu penyebab kenapa RM ga segreget dulu,, hhehehe tapi aku juga ngerasa ada beberapa yang "hilang" dari RM, kaya jihyo yang gak se-gangster dulu, monday couple *favorit banget* yang udah ga terlalu solid, apalagi waktu ditayangin yang *eps ny lupa* mereka di MRI otak ny, jadi mereka itu udah saling nganggap sodara *seharusnya ga usah d tyngin T.T*,, haha yang centil ny juga kurang *faktor udah nikah mungkin* jongkook yang kadar imut nya mengurang *hhahahahaha* tapi terlepas dr itu semua, aku tiap minggu masih ngedonlotin eps trbaru RM, hehe,, biarpun d cekokin variety show yg lain,, tetep ngerasa RM yg paling jjang !!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tetap Setia nonton Running Man. Tapi sekarang abis nonton, terus hapus karena memori penuh. Kalo episode Running Man yang lama malah masih tersimpan rapi. Dihapus sayang. Hehe

      Delete
  2. Iya fav nya di monday couple, di eps MRI otak itu mereka gaada rasa terus jihyo ada wgm sm chen bolin. Jadi mereka berdua sm2 jaga jarak mgkn ya, udh gak sweet kayak dulu lagi. Hmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Dulu waktu Ji Hyo punya pacar juga mereka menjauh, tapi Gary masih sering goda-godain Ji Hyo. Kalo sekarang bener-bener jauh. Sedih.

      Delete
  3. aku juga kangen RM yang lama, sama hukuman2 absurd tapi lucu banget. emang sih, agak2 nyadar pas merhatiin RM yang sekarang lebih kalem mainannya.

    Ah jadi keinget Kang Gary yang mau keluar dari RM :((( makes me soooooo sad </3 Gary yang polos, ga bisa boong, dan jago ngitung duit (i love this eps, forgot anw)


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. RM sekarang emang beda. Kadang kangen yang dulu. Tapi gpp deh kayak gini, umur mereka makin tambah juga,udah nggak se-fit dulu lagi.

      Ya, We'll miss him so much. Tapi kayak ditinggal Joong Ki, who knows kita bakal liat Gary di acara musik yang lebih seru.

      Delete