Sunday, June 19, 2016

,

Cara Melelehkan Coklat Untuk Topping Kue

Ceritanya akhir-akhir ini aku lagi seneng belajar bikin kue. Belajarnya otodidak gitu deh, bermodalkan chatting tanya-tanya ke teman-teman, Tante, Budhe, googling, liat share album foto di FB yang berisi resep-resep kue, sampai instal aplikasi Cookpad di HP. Ternyata bikin kue itu susah-susah gampang, kayak ngelupain mantan. Ihik.

Percobaan pertama kemarin bikin kue kacang, kue sejuta umat yang paling gampang dan jarang gagal. Rasanya lumayan, tapi tampilannya terlalu vintage, cuma diolesin kuning telur di atasnya. Akhirnya setelah berkonsultasi sama temen yang jago bikin kue (dan dia cowok, hiks, merasa gagal banget gueh), dia ngasih saran kalau mau tampilan yang kece bisa pakai topping coklat.

Practice makes perfect, kata buku tulis SIDU. Langsung deh besoknya aku praktekin ilmu topping coklat buat bikin Kue Shelee. Ternyata topping coklat ini eman bisa bikin kue yang awalnya "biasa banget" jadi "biasa aja". Buat yang belum tahu (kayak aku kemarin), begini begini:

1. Siapkan coklat batangan/dark chocolate, aku pakai coklat ini. Harganya hanya Rp 19.000.



2. Potong coklat dalam bentuk kecil-kecil, supaya lebih gampang leleh. Masukkan coklat dalam tempat, seperti: mangkok, gelas, panci kecil, dll.


3. Panaskan air dalam panci yang lebih besar dari tempat kita menyimpan coklat tadi


4. Masukkan tempat coklat ke dalam panci berisi air panas. Aduk-aduk potongan coklat hingga coklat meleleh.



5. Celup kue yang sudah jadi ke lelehan coklat, diamkan hingga coklat menjadi dingin dan mengeras.

6. Jadi deh. Kira-kira begini penampakan kue setelah coklat mengeras lagi.


Kue Shelee Topping Coklat


Share:

0 comments:

Post a Comment