Thursday, February 9, 2017

[Daily Dismo] Rabu dan Troubleshoots UNBK Kelabu

Melanjutkan ceritaku di hari Senin kemarin, di mana aku akan persiapan untuk simulasi II UNBK. Oh iya, buat yang belum tau UNBK, jadi UNBK itu adalah Ujian Nasional Berbasis Komputer. Berbeda dengan Ujian Nasional jaman kita dulu (-atau jamanku) yang cara menjawabnya dengan menghitamkan bulatan di kertas pakai pensil 2B, jaman sekarang Ujian Nasional mengerjakannya online via komputer. Canggih ya. *keprok keprok*

Download VHD 

Hari Rabu ini aku berangkat pagi ke sekolah. As planned, download VHD (Virtual Harddisk, untuk Virtual Box), terus mengikuti petunjuk manual simulasi UNBK.

Jam 7 sampai di sekolah, apel, abis itu masuk ke ruang guru dan nyalain laptop buat download VHD. Sebenarnya aku ada jadwal ngajar jam 10, tapi ternyata hari ini di sekolah ada acara dari mahasiswa-mahasiswi PPL seharian. Jamku kosong deh. Luckily, jadi bisa fokus persiapan simulasi UNBK.

Pas lagi nunggu download an gitu, ada Rangga, guru TKJ kelas XI, datang. Selain ngajar di sini, dia juga sebagai teknisi di sekolah lain. Aku pun tanya, "Mas, udah punya VHD buat simulasi belum?"

"Punya mbak"

"Aku ngopi dong, download lama e"

"Ya ini dikopi aja"

Yee, satu kerjaan beres. Alhamdulillah nggak jadi download file 5gb.

Nggak Konek Internet

Aku pun ke lab, nyalain komputer server. Eh, aku nggak tau file VHDnya disimpan di mana. Manggil Rangga deh. Udah dikopiin sama Rangga, eh ternyata komputer server sama client pada nggak dapat koneksi internet.

Rangga yang hari Sabtu ngajar di lab, bilang kalau kemarin nggak konek internet terus jaringannya dia pindah. Sejujurnya, aku nggak begitu paham sama konfigurasi jaringan begini. Kita pun ngurut jaringan dari sumbernya, ngecek router-router udah nyala belum. Takutnya routernya rusak karena konsleting hari Senin yang lalu. Ngecek IP. Ngecek switch. Tapi nggak ada yang bermasalah tuh.

Setelah beberapa lama, aku cek adapter setting lagi. Lho, kok tulisannya "Cable Unplugged" ya. Pas cek port I/O komputer server, laaah ternyata kabel LAN nya salah nancep. Yang harusnya kabel buat internet malah dipasang di port intranet. Tinggal dipindah aja jadi bisa konek deh. Untung nggak jadi reset konfigurasi router >_<

Buat VM dengan VHD baru

Kelar mikirin koneksi internet, lalu fokus lagi melanjutkan tahapan persiapan. Sekarang tahapnya yaitu ekstrak file VHD yang dari Rangga tadi, karena filenya dalam bentuk  .rar. Mau diekstrak, ternyata di komputer nggak ada winzip/winrar. Rrrr.... Ya udah download winzip deh. Download 99%, eh failed, dia nggak mau didownload. Iya, iya, aku download winrar aja. Winrar udah mau kedownload, tapi instalasinya lama. Pas nyampe 80%, aku yang mau nyabut flashdisk malah nggak sengaja pencet tombol restart. Akhirnya ulangi lagi installnya. Huhu.

Oke ya, winrar udah punya ya, sekarang bisa ekstrak ya. Klik kanan, extract file. Ekstrak berhasil.

Abis itu aku buka Virtual Box untuk buat VM (Virtual Machine) baru. Klik New, beri nama, tentukan memori, tentukan prosesor, beres. Tentuka harddisk drive, pilih VHD dari file yang udah diekstrak tadi, eeeeh kok muncul pesan error.


Error kenapa lagi ini???. Cannot register hard disk (path file VHD) because a hard disk (path file VHD lain) with UUID already exist.

Sepemahamanku itu artinya VBox nggak mau pakai VHD baru karena ada VHD lama. Yaudah VHD lamanya aku hapus aja. Aku coba ulang lagi bikin dari awal. Sayangnya masih tetep nggak bisa.

Coba tanya mas Priyo, bbm nya cuma D. Mau tanya Rangga, dia udah pergi ke sekolah lain. Mau tanya di grup proktor, tapi ini belum masuk teknis UNBK. Jadilah inisiatif googling. Untung ketemu. Troubleshootingnya via cmd, ketikkan ini

cd c:\program files\oracle\virtual box\ vboxmanage.exe internal commands sethduuid "D:\UNBK 2017 Simulasi 2\UNBK 2017 Simulasi 2.VHD"

c:\program files\oracle\virtual box : menyesuaikan path program Oracle Virtual Box (biasanya di C:/Program Files)

"D:\UNBK 2017 Simulasi 2\UNBK 2017 Simulasi 2.VHD" : menyesuaikan path file VHD yang akan digunakan



Alhamdulillah, bisa sekarang. Lanjut lagi ke tahapan lain. Ubah setting NIC (Network Interface Card). NIC 1 ke Bridge, NIC 2 ke NAT untuk internet. Beres. 

ExamBrowser Admin

Setelah itu buka ExamBrowser Admin, yang berfungsi sebagai starter. Klik Start Server. Kok nggak mau?. Oh, nama VMnya disesuaikan dulu dengan VM yang di VirtualBox. Oke, beres. 

Start Server. Kok nggak mau lagi ya?. Oh iya VMnya belum dihidupkan. Buka Virtual Box, klik VM, klik Run. Tunggu booting. Oke, beres. 

Ke ExamBrowser Admin lagi. Klik Start Server. Udah mau sekarang. Tapi kok checking terus ya


Ditunggu, semenit, 5 menit, 10 menit. Coba shutdown VM terus nyalain lagi, tetap nggak mau. Terus coba tanya di grup proktor, tapi nggak juga ada balasan. Kudu piyee ikii. 

Sejam, Dua jam. Ada yang jawab supaya cek koneksi ke internet dan ke klien. Koneksi ke internet nggak ada masalah karena ini bisa online lancar. Koneksi ke klien juga nggak ada masalah, bisa ngeping ke IP klien. Duh, terus karena apa ya. 

Coba baca manual lagi satu per satu. Kroscek bagian-bagian mana yang belum sesuai. Tapi kayaknya udah sama semua. Apanya dong yang perlu dibenerin. 

Singkat cerita, aku ketemu penyebab errornya. Alasannya sepele: salah pilih device name di setting NIC VM. Harusnya pilih realtek 2 tapi aku pilih yang realtek 1. Ya amploppp.


Agak lega bisa ketemu tampilan ini. Klik yes, masukin ID server dari web UNBK. Submit. Dan tadaaa... dapat status Standby. 


Fiuh... akhirnya. 

Tapi perjuangan belum usai. Masih perlu nyiapin server cadangan (yang tahapannya sama seperti di atas), sinkronisasi ke server pusat (jadwalnya tanggal 9/10 besok), lalu set IP dan instal Xambro Client di komputer siswa. Belum lagi kalau ada komputer yang bermasalah, entah sistem operasinya, entah harddisknya, entah jaringannya. Kalau ada masalah ke hardware nanti perlu dibenerin dulu, untung ada Isnan yang bantu jadi teknisi. 

Sebenarnya dan seharusnya persiapan simulasi nggak begitu ribet kok. Cuma karena ini pertama kalinya aku nyiapin server, jadi agak kikuk sama tahapan-tahapannya. Biasanya cuma bantuin rilis token sama nyiapin xambro client aja, bagian server udah disettingin abang Priyo. Tapi semua berubah semenjak deadline tesis menyerang. Kekeke. 

**
Next post:

Ternyata sekolahku dapat jadwal sinkronisasi jam 20.00 WIB. Haaaah. Terus aku kudu kepiyeee? 

Share:

0 comments:

Post a Comment