Monday, April 10, 2017

, ,

Kuliner All You Can Eat di Swiss-Belhotel Cafe, Edisi: Korean Buffet


Saat ini jumlah hotel dan restoran di Jogja semakin banyak. Masing-masing memiliki karakteristik konsep yang berbeda. Selain itu, masing-masing juga menyediakan berbagai tawaran yang menarik. Kita tinggal pilih, mau menginap atau makan di mana. Jika bingung pilih tempat mana yang recommended,coba ke Swiss-Belhotel Yogyakarta saja.

Lokasi

Swiss-Belhotel Yogyakarta merupakan hotel bintang 4 yang berlokasi di Jalan Jendral Sudirman. Itu lho, depan Gramedia. Tempatnya strategis sekali. Jalan sedikit, udah bisa ke Gramedia, Calais, KFC, McD, Pizza Hut, dll. Ke barat sedikit, udah sampai Tugu. Ke utara, udah sampai UGM. Ke Timur, ada Galeria Mall dan Rumah Sakit Bethesda. Akses ke mana-mana mudah karena Swiss-Belhotel terletak di pusat kota Yogyakarta.


Swiss Café 

Di Swiss-Belhotel, kita bisa mencoba kuliner di Swiss Café, restoran hotel yang bertempat di dekat lobby. Dari pintu utama, restoran ini sudah langsung terlihat. 

Uniknya dari Swiss Café, setiap bulan di sini ada sajian menu tematik pada hari Rabu dan Sabtu malam. Untuk bulan ini temanya adalah Oriental Food Festival. Hmm... seketika terbayang menu-menu masakan Asia yang khas.

Oriental Food Festival

Oriental Food Festival: Korean Buffet

Hari Rabu (5/4) lalu, aku mendapatkan kesempatan untuk mencoba Oriental Food Festival di Swiss Café dengan menu Korean Buffet. Aku tidak sendiri, namun juga bersama blogger Jogja, bapak Ang Tek Khun dan mbak Agata Vera.

Bersama Blogger Jogja, Mbak Agata Vera dan Pak Ang Tek Khun

Di undangan yang diberikan, tertulis acara dimulai pukul 18.30. Aku sampai sana lebih awal, eh ternyata makanan sudah siap tersaji. Aku pun bisa leluasa berkeliling selagi restoran masih sepi. 

Ada 3 meja utama yang menyajikan menu utama, menu pendamping, dan dessert.
Menu utama

Daegu Tang

Makgalbijjim
Gaji Bokkeum

Algamja Jorim

Guriltai Shul


Menu Pendamping
Kimchi
Kimbab


Cucumber and Wakame Seaweed Korean Salad

Sangchu Geotjori

Dessert

Yaksik
Hotteok

Hwagwaja, Korean Donut

Baesuk

Kkwabaegi
Masih ada beberapa menu lain yang tidak sempat terfoto. Yang jelas, semua menu bisa kita coba sepuasnya alias All-You-Can-Eat.

Lucunya, walaupun tema malam itu adalah Korean, tapi aneka krupuk dan aneka sambal tetap tersedia. Hehehe.

"Ini yang selalu dicari pengunjung", kata Chief Satrio

Live Cooking

Selain makanan yang sudah siap tersaji, ada juga makanan yang baru dimasak ketika kita pesan. Misalnya menu malam ini yaitu beef bulgogi. Kita pesan dulu, lalu Chief akan memasak sesuai jumlah pesanan. Live cooking gitu. Sehingga makanan tersaji fresh from the cook.

Live Cooking Beef Bulgogi oleh Chief Tyo

Tidak hanya itu, di Swiss Café kita juga bisa melihat proses memasak para Chief di dapur. Pilih spot tempat duduk di pojok, di sana dapur dan meja makan hanya dibatasi dengan kaca sehingga kita bisa menyaksikan kegiatan para Chief di dapur. Seru.

Serunya Live Kitchen di Swiss-Cafe
***

Di kesempatan kali ini, kita juga bertemu dengan Bapak Dedik selaku General Manager Swissbel Hotel Yogyakarta. Wah, kesempatan langka seperti ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk bisa menambah pengetahuan baru (ceileh pengetahuan).

Dari Pak Dedik, kita jadi makin tahu keunikan-keunikan lain dari Swissbel Hotel Yogyakarta terutama Swiss Café nya. Misalnya, Swiss Café ini terbuka untuk umum lho. Tidak hanya tamu hotel yang bisa makan di sini, pengunjung luar kayak aku pun sangat welcome untuk mencoba kuliner Swiss Café. Cocok untuk ibu-ibu yang mau arisan, reuni bersama teman-teman, anniversary bersama pasangan, dll.

Bersama Pak Dedik dan Pak Khun

Di Swiss Café menunya sangat variatif. Menu lokal Jogja pasti ada, seperti Gudeg (khusus untuk pagi hari), mie godhok, ayam geprek, dll. Tamu hotel yang ingin mencicipi masakan khas Jogja tidak perlu berkeliling jauh, cukup datang ke Swiss Café, dan menu ini sudah tersedia. Tidak hanya itu, ada juga menu Indonesia, Asia, dan Internasional. Pengunjung yang ingin wisata kuliner, mencicipi menu-menu ala daerah lain, sangat bisa ke sini.

Soal rasa bagaimana?

Nggak perlu ditanya, enak-enak sekali makanannya. Aku mencoba hampir semua menu yang tersedia (pukpuk perut). Favorit aku: beef bulgogi, kimchi, baesuk, yaksik dan chocolate candy. Sayang aku nggak kebagian kimbabnya, huhuhu. Untuk rasa, sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia sehingga sangat aman, bikin doyan. Kecuali kimchi dan Korean saladnya yang korea banget. Satu yang penting, walaupun Korean Food, pastinya semua menu di sini halal.

Beef Bulgogi dari Swiss-Belhotel

Oh iya, sembari kita makan, ada alunan lagu keroncong yang menemani. Kata Pak Khun, setiap malam di sini selalu ada hiburan. Rabu malam jadwalnya keroncong. Hari Sabtu nanti ada sendratari kecil. Wih, lucu nih, makanannya Korea, lagunya Keroncong. 

Sedikit tips ketika ikut sajian All-You-Can-Eat seperti ini, yaitu: ambilnya sedikit-sedikit aja. Menunya kan ada banyak tuh, nah dari setiap menu cukup ambil sedikit, nanti dikumpulkan di piring juga jadi banyak. Biar apa? Biar kamu bisa nyoba setiap menunya, biar nggak penasaran. Terutama nasi, ambil nasi cukup sedikit aja atau nggak usah sama sekali. Kalau nanti ada yang kamu suka, boleh deh nambah lagi.

Karena tiap bulan temanya berubah, kira-kira bulan depan temanya apa ya?. Cek aja info ter-up-to-date dari Swiss-Belhotel Yogyakarta di

Facebook - swissbelhotelyogyakarta
Twitter - @swissbeljogja
Instagram - @swissbelhoteljogja

Harga: 175.000/pax net.


Share:

0 comments:

Post a Comment