Saturday, May 13, 2017

Belajar Blogging di Rumah Kreatif Jogja

Weekend kali ini aku ikut kelas blogging bersama Oom Yahya di Rumah Kreatif Jogja (RKJ). Sebenarnya aku baru dengar ada tempat bernama RKJ, lucu uga. Akhirnya cek Google Maps dan ketemu lokasinya ada di Sagan. Ternyata RKJ memang baru berdiri sejak 12 Januari 2017, makanya masih terasa asing. 

Dari sini aku jadi tahu ada lebih dari 500 rumah kreatif yang tersebar di seluruh Indonesia. Rumah Kreatif ini didirikan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bertujuan untuk memberikan wadah bagi para penggiat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam hal pelatihan, manajemen dan pemasaran.  RKJ sendiri dikelola oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan menjadi satu-satunya center point di area Yogyakarta. Selama 4 bulan dibuka, RKJ telah memiliki banyak kegiatan, program dan tak pernah sepi pengunjung. Kegiatan "kelas blogging" ini, salah satu contohnya. 

Di RKJ, ada 3 zona yang bisa kita temui yaitu zona inspirasi, zona kreatif, dan zona produktif. Kelas blogging yang aku ikuti bertempat di zona kreatif. Tempatnya nyaman, dengan nuansa yang cozy abis. Kita bisa leluasa duduk lesehan sambil asik mengikuti materi yang diberikan. Fasilitas yang disediakan juga lengkap, ada proyektor, TV, AC, dan yang paling penting: colokan listrik!.



Di daftar hadir aku lihat ada 29 peserta terdaftar, beberapa udah aku kenal kayak Fiani, mas Priyo, bahkan panitianya ada Ibnu, staf di HIMANIKA dulu. Konyolnya, peserta lain pada bawa laptop gitu, tapi aku nggak bawa sendiri. Kata Fiani sih diSMS panitia suruh bawa laptop. Tapi pas aku cek SMS, nggak ada kata-kata suruh bawa laptop tuh. Di situ saya merasa bagaikan bawang putih. Heu, ngekk.

Pemateri kelas blogging yaitu Oom Yahya Kurniawan, gadget blogger yang tulisannya bisa kita baca di www.yahyakurniawan.net. Oom Yahya memberikan materi seputar blog dengan ringan. Kita diberi tips tentang SEO, teknik blogging menggunakan wordpress, dan motivasi untuk aktif update post di blog.

Nah postku kali ini sebenarnya adalah tugas nulis dari kelas blogging. Kita diberi tantangan untuk menulis dengan tema "Berkreasi di Rumah Kreatif Jogja". Jadi, jadi, menurut kalian tulisanku gimana?.  Boleh dong dikomen *wink*.



Share:

2 comments:

  1. Rumah Kreatif Jogja saya malah baru tahu, jeng..., oke ninggal jejak dulu

    ReplyDelete
  2. Rumah Kreatif Jogja saya malah baru tahu, jeng..., oke ninggal jejak dulu

    ReplyDelete