Monday, September 18, 2017

,

Cooking Class: How To Make Pizza di Nanamia Pizzeria

P I Z Z A.

Si bulat yang satu ini identik dengan satu kata: lezat!. Bayangkan adonan pizzanya yang lembut, kejunya yang lumer, aneka toppingnya yang beragam rasa. Hmmm mamamia!.

Di Jogja, ada restauran pizza Italia yang recommended. Berdiri sejak 10 September 2007, di tahun 2017 ini sudah memasuki tahunnya yang ke-10. Jadi sudah nggak perlu diragukan lagi kualitasnya.
Ada yang tahu restauran apa yang aku maksud?


Yap, dia adalah Nanamia Pizzeria. Nanamia Pizzeria ini telah buka di 2 tempat, yaitu di Jalan Mozes Gathotkaca dan Jalan Tirtodipuran. Awal September kemarin, aku mampir ke Nanamia cabang Tirtodipuran. Kebetulan karena menjelang hari anniversary, di sana ada kegiatan backyard bazaar. Lucuk-lucuk. Mau satuk.





Nuansa chic and cozy nya amat terasa. Kita bisa memilih untuk duduk di bawah atap, atau di halaman. Sayangnya aku ke sana saat siang hari, saat malam pasti lebih cantik dengan adanya lampu-lampu gantung. Saat itu banyak wisatawan asing yang juga menghabiskan waktu di sana. Restauran ini memang mengusung konsep “Traditional Pizza for Modern People” yang selalu konsisten dalam menyajikan masakan khas Italia.

Di salah satu sudut restauran, tertulis tagline “La Cucina Tradizionale Della Mama”. Sempat penasaran, apa ya kira-kira artinya?. Ternyata tagline tersebut bermakna Nanamia akan membawa kita menjelajah lezatnya masakan Italia selezat masakan ibu di rumah. Semua menu di Nanamia diolah dengan bahan segar, 100% halal, no pork, no wine, dan tanpa menggunakan MSG. Menu pizza juga dimasak secara tradisional menggunakan tungku kayu bakar, inilah salah satu rahasia kelezatan pizza Italia.





Oh iya, aku baru tahu lho kalau ternyata pizza Italia dan pizza Amerika itu berbeda. Pizza Italia lebih tipis, dan rasa sausnya lebih autentik. Sedangkan pizza Amerika, seperti di Pizza h*t, adonannya lebih tebal. Rasa antar keduanya juga kentara perbedaannya.

Nanamia Pizzeria
Cabang 1: Moses Gathotkaca
Cabang 2: Jalan Tirtodipuran 
Jam buka
Sabtu-Kamis: 11.00-23.00
Jumat pukul: 13.00-23.00
Last order: 22.00 WIB.
Range harga: Rp 9.900 s.d. Rp 132.000 (exclude tax)
Delivery service: ada.

Selain menyajikan beragam menu kuliner Italia, Nanamia pizzeria juga menawarkan berbagai promo dan event yang dapat dinikmati semua pengunjung. Ada pula kegiatan berkala untuk anak-anak, seperti cooking class membuat pizza. Kegiatan ini dilaksanakan di Nanamia Pizzeria Tirtodipuran yang memiliki halaman belakang luas sehingga lebih nyaman.

Panitia telah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat pizza. Alat-alat yang digunakan seperti: celemek, kain lap, wadah, rolling pin, dan meja. Kemudian bahan yang diperlukan, yaitu: tepung, air, minyak, dan bahan topping pizza (saus, keju, jamur, daging, paprika, dll).

Koki dan staf Nanamia sangat ramah dan tanggap mendampingi anak-anak yang menjadi peserta. Di awal, anak-anak diberi pesan agar “berani kotor” tapi tetap menjaga kebersihan. Sebelum mulai memasak, setiap anak diajak untuk cuci tangan terlebih dahulu.


Berikut keseruan dari cooking class: how to make Pizza di Nanamia Pizzeria.

1. Membuat adonan dari tepung, air, dan minyak




2. Membentuk adonan menjadi bulatan



3. Menggilas adonan dari bulat menjadi bundar pipih





4. Mengoleskan saus ke dalam adonan dan memberikan topping 




5. Hasil kreasi pizza yang siap dipanggang




Setelah pulang dari sini, rasanya langsung pengen praktek makan  bikin pizza. Nyamm.

Share:

0 comments:

Post a Comment