Thursday, November 9, 2017

, ,

Nyobain Tokyo Bowl, Menu Baru dari Hokben

Tempat makan berkonsep fast food memang ada banyak. Tapi ada 1 fast food yang nggak boleh dilewatkan, yaitu HokBen. Berbeda dengan fast food lain yang orientasinya ke Amerika, HokBen justru mengusung makanan ala Jepang. Menu Jepang itu favorit aku banget. Kalau kamu, suka nggak?. 

Hoka-Hoka Bento atau HokBen?

Waktu kecil dulu, aku taunya Hoka-Hoka Bento, dan untuk menyebutkannya sering disingkat HokBen. Misalnya,

"Mau ke mana?"

"Mau makan ke HokBen nih"

Akhirnya emang lebih sering bilang HokBen daripada Hoka-Hoka Bento. Tapi aku baru sadar, eh iya ya sekarang namanya emang HokBen, bukan Hoka-Hoka Bento lagi. Ternyata sejak tahun 2013 Hoka-Hoka Bento berubah nama jadi HokBen. 

Logo Hoka-Hoka Bento yang lama. Sumber: hokben.co.id

Logo HokBen yang baru. Sumber: hokben.co.id
Walaupun nama dan logonya berubah, tapi HokBen tetaplah sama dengan Hoka-Hoka Bento. Nama Hoka-Hoka Bento sebenarnya berasal dari bahasa Jepang yang artinya "hangat-hangat dalam kotak". Btw, kalian tau nggak sih kalau 2 karakter di logonya HokBen itu punya nama?. Karakter yang anak cowok namanya Toru, sedangkan yang anak cewek namanya Hanako. Kalau diamati, di bagian topi ada huruf yang jadi inisial nama mereka kan. Kekeke.

HokBen, Resto Ala Jepang 

Dari nama dan menu-menunya, HokBen emang kental bernuansa Jepang. Paling nggak aku bisa menemukan 2 keunikan dari HokBen. Yang pertama, HokBen ini menyajikan menu ala Jepang tapi nggak ada makanan yang Jepang banget di sini. Di sini nggak ada sushi, takoyaki, ramen, dll. Makanannya tu udah disesuaikan sama selera orang Indonesia yang punya prinsip: belum makan kalau belum makan nasi. Jadinya menu-menu di sini semua pakai nasi.

Nah keunikan yang kedua, walaupun di HokBen menunya itu nasi, tapi di sini pasti dikasihnya sumpit. Cara makan pakai sumpit ini lah yang bikin ala Jepangnya kerasa banget. OOT, kemarin aku nonton salah satu episode ShinChan yang ShinChan diajarin cara makan pakai sumpit. Budaya makan pakai sumpit di Jepang itu emang dipegang erat banget ternyata. Dari kecil anak-anak udah diajarin pakai sumpit walaupun susah. 

HokBen di Jogja

HokBen (dulu Hoka-Hoka Bento) sendiri berdiri sejak tahun 1985 di Jakarta. Berkembang pelan tapi pasti, HokBen makin berkembang dengan membuka cabang di kota-kota lain pada tahun-tahun berikutnya. Sebut saja cabang di Bandung sejak tahun 1990, cabang di Surabaya tahun 1995, dan di Jogja tahun 2010. 

Di Jogja, ada 3 cabang HokBen yaitu di: Jalan Kaliurang, Malioboro Mall, dan Ambarrukmo Plaza. Aku sih lebih suka ke HokBen Kaliurang yang lebih dekat dari kost. Apalagi di HokBen Kaliurang juga lebih luas. Di sini kapasitasnya bisa sampai 180 orang jadi bisa buat rame-rame termasuk acara ulang tahun, ada free wifi, musholla, dan buka 24 jam. 

Untuk call-center HokBen Kaliurang bisa menghubungi nomor 565 300. Pesan delivery juga bisa, cukup hubungi ke nomor 1-500-505 atau websitenya di www.hokben.co.id. Kalau nggak pesan HokBen via Go-Food aja, hehehe.

HokBen Tokyo Bowl

HokBen Tokyo Bowl. Sumber: katalogpromosi.com

Btw, HokBen baru saja mengeluarkan varian menu baru nih yang diberi nama Tokyo Bowl. Ada 5 menu Tokyo Bowl yang bisa kita pilih, ada: Chicken Katsu Tare, Chicken Steak, Chicken Karaage, Gyu Soboro, dan Tori Soboro. Masing-masing menu punya ciri khas tersendiri ya, jadi pilih aja sesuai selera masing-masing. Tapi ada 1 persaman dari kelima menu tadi, yaitu pasti ada topping nori (rumput laut) dan daun bawang. 

1. Chicken Katsu Tare
HokBen Tokyo Bowl: Chicken Katsu Tare 

Nasi dan daging ayam lembut chicken katsu dengan saus tare khas HokBen.
Harga: Rp 28.182

2. Chicken Steak

HokBen Tokyo Bowl: Chicken Steak

Nasi dan dada ayam yang dipanggang dengan cita rasa manis. 
Harga: Rp 33.367

3. Chicken Karaage

HokBen Tokyo Bowl: Chicken Karaage
Nasi dan ayam yang digoreng renyah dilengkapi dengan mayonaise.
Harga: Rp 33.367

4. Gyu Soboro

Nasi dan daging sapi cincang dengan saus teriyaki
Harga: Rp 28.182

HokBen Tokyo Bowl: Gyu Soboro. Sumber: twitter.com/yoannafazya

5. Tori Soboro

Nasi dan daging ayam cincang dengan saus teriyaki ala HokBen.
Harga: Rp 24.546

Note: Harga sebelum pajak


Review HokBen Tokyo Bowl: Chicken Steak dan Yakitori Grilled

Nah kemarin aku nyobain Tokyo Bowl yang Chicken Steak dan dapat bonus yakitori grilled, untuk minumnya aku pesen Lemon Tea Ice.

Review HokBen Tokyo Bowl

Chicken steak punya isian nasi (nasinya pulen khas HokBen) dan daging dada ayam yang dipanggang dengan topping taburan nori, daun bawang dan wijen. Rasanya enak banget, manis bumbu panggangnya pas dan dagingnya juga lembut. Porsinya juga banyak. Aku sampai kekenyangan makan ini. Hehehe.

Terus ada yakitori grilled, alias sate ayam ala Jepang. Rasanya cenderung ke manis. Bumbunya meresap ke daging, jadi kita bisa merasakan rasa manisnya walaupun tanpa saus apa-apa. Potongan dagingnya besar-besar, tapi tetap lembut dan gampang dikunyah. Yummy.

Yakitori Grilled HokBen

Untuk Lemon Tea Ice, sama lah dengan lemon tea pada umumnya. Manis-manis asam menyegarkan gitu.

HokBen lagi ada promo nih. Buy 2 Tokyo Bowl, get 3. Alias beli 2 Tokyo Bowl nanti dapat 1 Tokyo Bowl gratis. Tapi jangan lama-lama, keburu periode promonya berakhir. Hmmm next time pengen cobain Gyu Soboru sama Chicken Katsu Tarenya ah...

Special Offer Tokyo Bowl di HokBen. Sumber: twitter.com/MasOpickAza

HokBen Kaliurang
Jalan Kaliurang km 5,5
Call Center: 565 300

Delivery Service
1-500-505 atau www.hokben.co.id
Go-Food available

Website: www.hokben.co.id
Facebook: Hoka Hoka Bento
Instagram: @HokBen_ID
Twitter: @hokben
Youtube: HokBen



Share:

3 comments:

  1. Yuk makan "hangat hangat dalam kotak". Enaknya bikin ketagihan... Kekeke

    ReplyDelete
  2. Mau ke mana? Ke Hokben.. ya udah besok tak ke hokben aja deh, nyobain Chicken Karaage.. ��

    ReplyDelete
  3. Ternyata kemaren ikut acara kumpul bareng KBJ sama HokBen juga ya...
    Salam kenal mbak..

    menggapaiangkasa.com

    ReplyDelete