Thursday, April 12, 2018

Perbedaan Roti, Kue dan Tart

By the way, sudah pada tahu belum apa bedanya roti, kue, dan tart?.

Ada banyak salah kaprah yang berkembang di masyarakat kita. Salah satunya yaitu anggapan bahwa makanan yang berasal dari tepung, yang rasanya manis, terutama yang dipanggang, semuanya disebut sebagai: roti. Padahal makanan dengan bahan utama tepung belum tentu roti, bisa jadi d

Kalau aku sih gampangnya gini, roti (dalam bahasa inggris: bread) terbuat dari adonan dengan bahan tepung dan ragi sebagai "pengembang".  Roti biasanya berwarna coklat di luar karena hasil proses pemanggangan tapi berwarna putih di bagian dalam yang merupakan warna tepung sebagai bahan utamanya. Contoh roti: roti tawar, roti sobek.

Roti

Roti



Sedangkan kue (dalam bahasa inggris: cake) terbuat dari adonan dengan bahan yang lebih beragam, ada tepung, telur, gula, bisa juga ditambahkan bahan-bahan lain seperti mentega, perasa, baking powder, dll. Maka dari itu tekstur dan rasa kue berbeda dari roti. Kue lebih padat walaupun tetap bisa mengembang, selain itu rasa kue juga lebih beraneka ragam. Kue bisa dimasak dengan dipanggang ataupun dikukus. Contoh kue: bolu, brownies, prol tape, dll.

Kue

Ada 1 lagi yaitu tart. Tart sebenarnya hampir sama dengan kue tapi bagian luarnya diberikan hiasan, bisa dihias menggunakan krim maupun icing. Contoh: kue tart ulang tahun.

Kue Tart

Kalau kue kering (dalam bahasa inggris: cookies) ?. Dari namanya saja sudah kelihatan ya kue kering berasal dari adonan seperti kue yang kemudian dipanggang hingga hasil akhirnya kering. Contoh: kue kastengel, nastar, putri salju, dll.
Share:

0 comments:

Post a Comment