Saturday, May 5, 2018

, ,

Review Bolu Susu Merapi, Gantinya Minum Susu


Di post kali ini aku akan review satu brand kue lagi. Hehehe, jangan bosen dong kalau aku sering bahas kue. Ya mau gimana lagi, kue kan ada beraneka macam dan banyak jenisnya. Apalagi sekarang ini Jogja diberondong dengan banyaknya "kue artis" yang bermunculan. Dalam hitunganku, ada 6 artis yang telah membuka gerai toko kue di sini, sebut saja Dude Herlino, Zaskia Adya Mecca, Syahrini, Ria Ricis, Pevita Pearce, dan terakhir ada Baim Wong.
Produk Kue dari Jogja

Eits, tapi tenang aja, karena kue yang aku bahas kali ini cukup berbeda dari kue-kue yang telah ada. Namanya: Bolu Susu Merapi. Hmmm dari namanya aja udah memancing perhatian nih.



Bolu Susu Merapi ini produk bikinan UKM Jogja lho. Bahkan walaupun namanya mirip dengan produk kue dari Bandung, tapi Bolu Susu Merapi tidak ada afiliasi bisnis dengan brand mereka dan berdiri sendiri.



Adalah mbak Anggia Pino, womenpreneur asli Yogyakarta, di balik Bolu Susu Merapi ini. Sebelum berperan sebagai owner Bolu Susu Merapi, mbak Anggi di usia mudanya telah malang melintang di dunia bisnis, mulai dari industri kreatif, properti, kosmetik, dll. Berawal dari kegelisahan mbak Anggi yang merasa susah minum, minum air putih saja lama apalagi minum susu. Padahal susu memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Maka muncullah pemikiran, gimana ya caranya supaya bisa mengonsumsi susu selain dengan diminum?. 

Ya udah, dimakan aja. Huehehe.

Menggandeng mas Sandi Sevanova yang telah lama berkecimpung di dunia "persusuan" (beliau sosok di balik salah satu brand susu tanah air), mbak Anggi memilih bolu sebagai bentuk pengganti minum susu. Didasari pertimbangan bolu adalah kue yang mudah dibuat, mudah diterima oleh masyarakat Jogja, dan tentu rasanya lezat.




Butuh waktu lebih dari 5 bulan untuk riset sebelum akhirnya Bolu Susu Merapi ini diperkenalkan ke publik. Tidak hanya merumuskan rasa, tapi riset ini juga ditujukan agar produknya dapat diterima baik oleh pasar.

"UMR Jogja tidak tinggi. Orang Jogja hidupnya sederhana. Jika ingin buat kuliner, syaratnya harus enak dan murah", ujar mbak Anggi.

Aku mengangguk-angguk setuju mendengar penjelasan ini.

Lanjut mbak Anggi, Bolu Susu ini memiliki keunggulan di kandungan susunya. Seperti yang kita tahu, susu baik untuk pertumbuhan tulang, pemenuhan nutrisi bagi tubuh, pembentukan otot, dan berbagai kebaikan lainnya. Sehingga dengan senang hati mbak Anggi dan  mas Sandy menghadirkan produk yang tidak hanya enak, tapi juga murah, premium (nggak ngisin-isini), dan yang paling penting: menyehatkan. 


Kata Merapi disematkan di bagian nama produk karena Merapi identik dengan Yogyakarta dan Jawa Tengah. Jadi ketika orang melihat produk Bolu Susu Merapi, akan dapat langsung mengenali "Kue dari Jogja nih".

Penasaran dengan detail kuenya?. Check this out, dear ;)

Harga dan Varian Rasa

Seperti yang aku sebut di atas, Bolu Susu Merapi dibanderol dengan harga yang ramah  di kantong supaya mudah menjangkau berbagai kalangan masyarakat. Hanya dengan Rp 28.000, kita bisa membawa pulang 1 box kue berukuran +- 20x8 cm ini.



Ada 2 varian rasa yang bisa kita pilih, yaitu rasa Susu Vanila, dan Susu Coklat.


Berat bersih per box sebesar 400gram. Di mana dalam 400 gram itu, terdapat 100 gram kandungan susu sapi murni. Boleh dibilang kata "Susu" dalam nama Bolu Susu Merapi bukanlah basa-basi belaka.

Varian: Bolu Susu Vanila, Bolu Susu Coklat  
Berat bersih: 400 gram 
Harga : Rp 28.000/box 

Daya Tahan

Dibuat tanpa menggunakan pengawet, Bolu Susu Merapi bertahan 3 hari di suhu ruang dan  5 hari jika disimpan di dalam kulkas.

Informasi daya tahan kue di box


Lokasi

Salah satu hal yang menarik dari Bolu Susu Merapi yaitu mereka tidak membuka outlet store alias toko. Penjualan produk Bolu Susu Merapi dilakukan di stand deck mall atau bisa juga berpindah-pindah.

Supaya tidak kecele saat mau membeli, kita bisa cek terlebih dahulu update stand deck Bolu Susu Merapi sedang buka di mana. Cek infonya via sosial media (Instagram: @bolumerapi, Fan Page Facebook: Bolu Merapi).

Meskipun begitu, Bolu Susu Merapi memiliki rumah produksi di Jalan Palagan, Ds. Tegalsari, Gang Makam no. 100, Sleman, Yogyakarta.

Review


Dari segi kemasan, box kardusnya yang chic but sturdy terlihat elegan dengan warna ala susu. Kardus dilengkapi dengan keterangan komposisi,  berat bersih, daya tahan, akun sosial media, bahkan daftar manfaat susu. Informatif.



Di dalam kardus telah disediakan pisau kue sehingga lebih praktis, saat kita ingin memotong kuenya tidak perlu mencari pisau terlebih dahulu.


Oh iya, waktu kue ini aku bawa pulang, aku masukkan aja ke dalam tas dan aku bawa random. Pas aku buka di rumah, ternyata aku bawanya kebalik, yang harusnya di atas jadi di bawah. Buru-buru aku cek deh, kuenya jadi berantakan nggak nih. Ternyata aman sentosa doi. Fiuh.

Setelah mencoba 2 varian rasa yang ada, untukku rasa manis keduanya pas, tidak kurang, juga tidak terlalu manis. Kalau kamu suka manis, di bagian atas kue ini ada topping tipis krim yang menambah cita rasa manis dan parutan keju cheddar yang nggak pelit. Di antara 2 rasa, favoritku yang rasa coklat. Ada aroma coklat dan sedikit rasa pahit khas coklat yang timbul tipis di setiap gigitan.

Walaupun namanya bolu susu dan disebut-sebut 1/4 bagian bahan utamanya adalah susu, menurutku Bolu Susu Merapi ini tidak menimbulkan rasa enek. Rasa susunya light. Dijelaskan bahwa susu yang digunakan adalah susu cair, bukan susu bubuk. Bisa jadi karena hal itulah maka tercipta rasa bolu susu yang aman dikonsumsi oleh bukan-pecinta susu sekalipun. Dari segi rasa, aku suka dan tidak ada masalah, justru menurutku faktor tekstur kuenya lah yang membuatnya beda dari yang lain.


Mendengar nama Bolu Susu, yang terbayang di benakku adalah kue yang creamy dengan tekstur moist. Namun pada gigitan pertama, aku justru merasakan tekstur yang ringan tapi cukup padat. Menurutku, tekstur Bolu Susu ini bukan kue yang moist, juga bukan kue yang fluffy, mungkin dibilang teksturnya "di antara keduanya". Coba masukkan si Bolu Susu ke dalam kulkas dan icipi lagi. Akan terasa sedikit perbedaan tekstur. Aku sendiri lebih suka kue yang setelah dimasukkan ke kulkas. Lebih mantap djiwa :9
Penasaran gimana rasa dari Bolu Susu Merapi? Cobain sendiri makanya :D

Btw, tanggal 6 Mei 2018 besok akan ada Grand Launching Bolu Susu Merapi di Atrium Lippo Plaza Mall. Di sana akan ada promo Buy 1 Get 1 Free dan berbagai doorprize menarik (doorprize utama sepeda motor).



Bolu Susu Merapi
Instagram : @bolumerapi
Facebook: Bolu Merapi 
Email: bolumerapi@gmail.com 
Website: www.bolumerapi.com 
Jalan Palagan, Ds. Tegalsari, Gang Makam no. 100, Sleman, Yogyakarta. 
Share:

2 comments: