Wednesday, July 25, 2018

Semangat Solo Sambut Torch Relay Asian Games 2018




Tak lama lagi, Asian Games XVIII tahun 2018 akan segera dimulai. Event olahraga terbesar se-Asia tersebut akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September mendatang. Asian Games 2018 ini akan diikuti oleh 45 negara dengan lebih dari 10.000 atlet yang berpartisipasi, serta diliput oleh 5.000 media, baik nasional dan internasional dan 45 broadcaster dari masing-masing negara peserta. Jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan sebanyak 40 cabang, yang terdiri dari 32 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimpiade.

Asian Games kali ini adalah kali kedua Indonesia mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah setelah penantian panjang selama 56 tahun. Sebelumnya Indonesia pernah menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 1962 lalu. Bahkan, di tahun tersebut Indonesia berhasil menjadi runner-up, sebuah prestasi yang membanggakan. Tentunya di Asian Games 2018 tersimpan harapan agar Indonesia dapat jadi mandiri dan kembali meraih prestasi gemilang.

Sebagai negara tuan rumah, euforia Asian Games mulai terasa. Kita sebagai masyarakat mulai familiar dengan woro-woro Asian Games baik melalui iklan, spanduk di beberapa instansi, hingga baliho di sepanjang jalan. Tak hanya itu, semangat Asian Games semakin berkobar melalui kegiatan torch relay yang dilaksanakan sebulan menjelang hari-H pelaksanaan.







Torch Relay atau kirab obor api telah menjadi tradisi Asian Games, di mana obor api abadi mengandung filosofi sebagai semangat yang selalu menyala. Torch Relay Asian Games 2018 memiliki tujuan khusus sebagai ajang sosialisasi kepada masyarakat Indonesia agar masyarakat dapat ikut mendukung para atlet yang akan berlaga. Selain itu, kirab obor api ini sebagai ajang untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia internasional.

Torch relay tahun 2018 diawali dengan datangnya api abadi dari India ke Indonesia pada 17 Juli 2018 yang lalu. India sendiri merupakan negara yang menjadi tuan rumah Asian Games pertama pada tahun 1951.

Rabu, 18 Juli pagi hari, rangkaian kegiatan Torch Relay dilanjutkan dengan pengambilan api abadi dari Indonesia yang berasal dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah. Kedua api tersebut kemudian disatukan pada Rabu malam dalam gelaran acara Torch Relay Concert Asian Games 2018 di Prambanan. Setelah itu, obor Asian Games 2018 akan dikirab keliling 54 kota dan kabupaten di 18 provinsi di Indonesia.

Kamis, 19 Juli pagi, kegiatan Torch Relay pun dimulai. Kota Yogyakarta menjadi kota pertama pelaksanaan Torch Relay. Di hari yang sama, yaitu Kamis siang, kirab obor telah sampai ke kota Solo. Masyarakat Solo sangat antusias menyambut obor api yang datang. Segenap lapisan masyarakat meramaikan jalan-jalan kota yang menjadi rute Torch Relay. Bahkan ada pula iring-iringan komunitas sepeda tua yang mengenakan busana kain lurik.



Rute torch relay di Solo dimulai sekitar pukul 12.30, yang menempuh jarak sepanjang 9 kilometer. Kirab obor dimulai dari Gapura Makutho, Karang Asem dan berakhir di Balai Kota Surakarta. Obor akan melewati beberapa titik lokasi, di antaranya: depan gedung DPRD kota Surakarta, kantor Pos Fajar Indah, Manahan, gedung Lokananta, Tugu Tabanas, PLN Purwosari, Sriwedari, Ngarsopuro, Keprabon, Gladag dan Tugu Pamandhengan.

Pelepasan kirab obor diawali dengan prosesi seremonial yang dipimpin oleh walikota Surakarta, Bapak FX Rudi Hadyatmo. Selanjutnya kirab obor dilakukan secara estafet oleh pelari pembawa obor yang berasal dari berbagai kalangan, mulai dari Menteri PUPR, Bapak Basuki Hadi Muldjono, Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo, atlet sepakbola Rocky Putirai, hingga aktris Dian Sastrowardoyo.

Kantor bank Mandiri area Solo yang berada di jalan Brigjend Slamet Riyadi menjadi salah satu titik yang dilewati jalur Torch Relay. Tak ingin ketinggalan, sebanyak 100 karyawan Bank Mandiri kompak mengenakan seragam untuk ikut memberi semangat pada para pelari pembawa obor.


Untuk menambah semangat Kirab Obor Asian Games 2018, Mandiri mengundang marching band dari UNS. Tim marching band mengalunkan lagu-lagu bersemangat di jalur kirab dekat kantor Bank Mandiri area Solo. Marching band ini pun menarik perhatian masyarakat yang hadir, terutama karena kostumnya yang unik serta atraksinya yang energik.





Bank Mandiri merupakan Official Prestige Partners Asian Games 2018, yang mana dengan kehadirannya diharapkan dapat memudahkan para pemain, official ataupun penonton Asian Games 2018 dalam transaksi perbankan. Bank Mandiri juga menghadirkan berbagai promo diskon yang dapat dinikmati oleh nasabah cukup dengan menggunakan kartu kredit atau menukarkan Fiesta Poin.

Setelah Solo, kota berikutnya yang akan dilewati oleh obor api yaitu Blitar, Jawa Timur.
Share:

4 comments: