Saturday, September 15, 2018

, ,

Review Disawa Pawon, Rumah Makan Vintage ala Pedesaan Jawa Bali



Cari tempat vintage ala-ala pedesaan di Jogja?. Ada nih tempat baru yang perlu kamu tahu, namanya Disawa Pawon. Disawa Pawon adalah salah satu tempat makan di Jogja bagian utara. Tepatnya di dusun Sawahan Lor, Wedomartani, Ngemplak Sleman.

Disawa Pawon. Foto oleh www.ardiankusuma.com

Mulai berdiri sejak awal Agustus 2018 lalu, Disawa Pawon mengusung konsep pedesaan. Rumah makannya dikelilingi oleh sawah (literally sawah) dan berbentuk Joglo. Uniknya, bangunan Joglo di Disawa Pawon tidak hanya berwarna coklat tua alami seperti Joglo kebanyakan, melainkan dicat warna hijau dan kuning. Rupanya ada filosofi di balik hal ini. Kata Pak Budi, owner Disawa Pawon, pada zaman dahulu rumah yang dicat menandakan "kelas" pemilik rumah yang tinggi, seperti rumah bangsawan.

Apakah lantas Disawa Pawon menyasar pengunjung dari kelas atas?.

Tentunya tidak. Disawa Pawon sangat ramah untuk semua kalangan, baik pengunjung lokal hingga wisatawan mancanegara. Menu yang ditawarkan pun beragam, namun dalam garis besar yang sama yaitu menu tradisional Indonesia khususnya Jawa-Bali.

Menu Sate Lilit di Disawa Pawon


Untuk paket makanan, ada opor, nila bakar Bali, sayur asem lengkap, ikan asin, sate lilit, dan berbagai menu lainnya mulai dari Rp 20.000an.

Menu Sayur Asem Ikan Asin

Menu Nila Bakar Bali

Untuk paket makanan ringan alias cemilan, kita bisa memesan tahu goreng, tempe goreng, pisang goreng dan pisang aroma dengan harga mulai dari Rp 7.500.

Berbagai minuman dapat kita pilih di sini mulai dari Rp 5.000. Ada minuman biasa seperti teh, jus, softdrink, yang agak nggak biasa ada kelapa muda alias degan (ini degannya lucu banget, ada tulisan “Disawa Pawon”nya gitu) hingga jamu seperti jamu beras kencur atau jamu kunir asem, atau minuman kopi. Kopi pun ada berbagai varian, arabica, robusta bahkan kopi luwak original. Di dekat meja kasir, ada toples-toples berisi biji-biji kopi. Aku baru lihat biji kopi luwak secara langsung di sini. Masih “mrengkel” jadi satu gitu, huehehe.



Karena Disawa Pawon memang menyasar pengunjung dari wisatawan mancanegara, jangan kaget jika menu untuk turis lokal dan asing berbeda dari segi harga. Tapi dari rasa tetap sama kokkk.

Oh iya, satu hal lagi yang menarik di sini adalah: kita bisa berfoto dengan menggunakan baju kebaya dan jarik yang disediakan secara gratis. Cukup bilang ke penjaga, kita bisa memilih baju kebaya mana yang ingin kita kenakan dan berfoto di spot-spot kece yang ada di segenap penjuru Disawa Pawon. Konsep yang patut diacungi jempol, menurutku. Kan di tempat lain ada juga tuh yang kita bisa sewa baju tradisional negara lain kayak Korea atau Jepang, nah kalau di sini baju tradisional Jawa. Keren, keren..



Kalau kamu anak Instagram banget, nggak perlu bingung mencari background foto yang instagrammable. Setiap sudut Disawa Pawon kayaknya patut diabadikan. Pematang sawah, rumah Joglo yang vintage, dan lukisan-lukisan cantik di dinding. Tapi ada satu tempat yang telah disediakan dan jadi signature spotnya Disawa Pawon, kamu kudu banget foto di bagian depan Disawa Pawon ini. Vintage maksimal.



Tempat dan Lokasi



Lokasi: Dusun Sawahan Lor, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta.

Kapasitas: +- 50 orang
Fasilitas: toilet, mushola, parkir luas.
Jam operasional: pukul 11.00 – 23.00 WIB



Menu dan Harga

Menu andalan: Opor, Nila bakar Bali, Degan




Review

Sebagai penduduk Jogja, aku sering banget ditanyain

“Tempat makan di Jogja yang enak di mana ya?”

“Tempat wisata di Jogja yang bagus di mana ya?”

Dan berbagai pertanyaan lain dari orang-orang yang akan piknik ke Jogja.

Agak bingung juga sih jawab pertanyaan kayak gini. Bukan karena apa-apa, tapi karena di Jogja ada banyak banget rekomendasi tempat makan dan tempat wisata yang keren!!. Huhu.

Disawa Pawon patut nih dimasukkan dalam daftar rekomendasi tempat yang kudu dikunjungi. Konsep pedesaannya unik banget dengan rumah Joglo ala jadul dikelilingi sawah. Makanannya pun lezat. Aku mencoba pesanan ayam goreng dan sate lilit. Semuanya enak, dengan paduan bumbu yang pas. Sambelnya.... beuh, pedesnya totalitas.



Kalau cuma ingin nongkrong dan makan cemilan, pesan saja kopi dan psang goreng atau tempe goreng tepung (kalau bilang mendoan, takut persepsinya beda). Kata teman yang suka ngopi, kopi luwak original di sini mantap banget. Hm, patut dicoba tuh.

Setelah kenyang mengisi perut di Disawa Pawon, kita bisa melanjutkan jalan-jalan ke tempat wisata terdekat seperti: Kaliurang, Blue Lagoon, Embung Tambakboyo, Embung Watu Nganten, ataupun tempat wisata lainnya.

Disawa Pawon
Instagram: @disawa_pawon

Share:

1 comment:

  1. Aw.. komplit iki infonya. Tempatnya enak banget ya.. menu makanannya juga ngangenin banget.

    ReplyDelete