Saturday, December 22, 2018

, ,

Kram Perut Saat Haid, Atasi Dengan Cara Ini!

Bagi seorang wanita, siklus haid tentu saja terjadi setiap bulan, berbagai keluhan pun bisa terjadi saat menjelang haid ataupun setelah haid. Tak jarang wanita yang sedang masa PMS atau Pra-Menstruasi mengalami perubahan mood dikarenakan ada perubahan metabolisme dalam tubuh. Jadi, jangan tersinggung ataupun heran jika berhadapan dengan wanita yang mengalami perubahan sikap, marah-marah ataupun mudah tersinggung, karena ini hal yang alamiah.



Biasanya saat haid juga terjadi kram perut yang luar biasa, kondisi ini secara medis dinamakan dengan dysmenorrhea dan hal tersebut umum terjadi saat wanita haid. Cara mudah untuk Menghilangkan Kram Perut adalah sebagai berikut:

Banyak minum air putih

Perbanyak minum air putih, kurangi minuman bergula. Image from pexels.com

Jika kamu sedang haid dan merasakan kram perut sebaiknya selalu sediakan air putih kemana pun kamu pergi. Bisa juga dengan menambahkan perasan lemon kedalam air tersebut untuk menambah selera. Air bisa mengatasi perut kembung dan juga mengurangi rasa kram secara langsung pada perut.

Bisa juga tambahkan perasan lemon. Image from pexels.com


Mengonsumsi makanan yang sehat

Makanan yang sehat, kaya akan serat seperti sayur, buah dan biji-bijian. Image from pexels.com

Jenis makanan sehat ini yaitu kaya akan serat dan juga rendah lemak, buah-buaha, sayuran, biji-bijian utuh, kacang-kacangan. Asupan vitamin seperti vitamin B1, B6, vitamin E, zinc, omega3, magnesium, untuk membantu kram otot dan juga peradangan.

Kamupun harus menghindari makanan berlemak, makanan cepat saji atau gorengan.

Kompres dengan air hangat

Kompres perut dengan air hangat dapat membuat tubuh terasa rileks. Image from pexels.com


Kamu bisa mengompres dengan menggunakan botol yang berisi air hangat, kemudian ditempelkan atau dikompreskan pada bagian perut, sehingga kamu akan merasa relaks.

Jangan malas gerak

Olahraga. Image from pexels.com

Wanita yang sedang datang bulan memang biasanya merasa malas untuk beraktivitas. Namun, dengan banyak gerak atau berolahraga maka tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang dapat mengurangi rasa sakit dan memperbaiki suasana hati.

Meminum obat khusus untuk kram saat haid

Minum obat atau jamu untuk meredakan rasa kram saat haid. Image from pexels.com

Banyak produk obat dalam bentuk cair ataupun kaplet yang dijual di pasaran untuk mengurangi rasa sakit saat haid ataupun kram di perut saat haid. Kamu bisa memilih obat yang cocok dan nyaman untuk digunakan.

Selain kram pada perut saat haid, ternyata Penyebab Haid Tak Lancar pun menjadi pemicunya. Faktor-faktornya cukup beragam, seperti penggunaan alat kontrasepsi, pola hidup sehari-hari, sindrom ovarium polikistik, masalah pada tiroid dan lainnya.
Share:

0 comments:

Post a Comment