Tuesday, February 26, 2019

,

4 Bahan Alami Untuk Merawat Kulit Wajah

Siapa sih yang nggak ingin punya kulit wajah bersih, bersinar, sehat, glowing bak artis Korea?. Buktinya saat ini minat terhadap skincare sangat tinggi. Produk-produk skincare di pasaran terus hadir dengan inovasi baru dan tak pernah sepi pembeli. Dari segi fungsi, macamnya ada banyak mulai dari masker, exfoliator, krim, toner, moisturizer, dsb. Dari segi bahan yang digunakan pun ada beragam variasi, mulai dari aloe vera alias lidah buaya hingga snail extract alias lendir siput.

Perawatan wajah memang perlu dilakukan secara ekstra. Percayalah, wajah yang dirawat dan tidak dirawat akan terlihat perbedaannya. Namun, merawat wajah tidak melulu harus dengan skincare kok. Kita bisa juga menggunakan bahan bahan alami untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik dan mulus. 

Perlu kita perhatikan untuk merawat kulit wajah ini pastikan memilih bahan alami yang berkualitas dan tidak berbahaya. Terlebih lagi jika tipe kulit yang kamu miliki adalah kulit sensitif, maka didalam memilih berbagai produk kosmetik haruslah berhati hati. Mulai dari penggunaan pelembab, krim anti penuaan, serum, exfoliator, hingga pembersih wajah atau facial foam. 

Kulit wajah berbeda dengan kulit tubuh yang lebih kasar dan juga dan lebih kuat, karena kulit wajah ini sifatnya lebih lembut dan juga sensitif. Oleh karena itu pada saat kamu akan mencuci wajah maka perlakukan wajahmu seperti kain sutra yang lembut dan juga rentan. Wajah digosok dengan menggunakan tangan yang bersih secara lembut dengan gerakan melingkar. Hindari menggosok wajah secara kasar dan juga hindari menggunakan pembersih wajah seperti sabun muka yang kasar atau yang mengandung pewangi.

Jika kamu akan melakukan perawatan kulit wajah dengan menggunakan bahan bahan alami, maka adanya beberapa bahan alami yang bisa digunakan seperti :

1. Yoghurt

Yoghurt. Pic by pexels.com

Kandungan asam laktat dan alpha hidroksi acid yang ada didalam yoghurt biasanya akan kamu temukan pada produk perawatan kulit wajah. Hanya saja yang terkandung didalam yoghurt cenderung lebih ringan dan juga lebih halus. Setelah yoghurt ini digunakan lalu secara lembut dan halus digosok gosokkan. Kemudian diamkan selama 20 menit dan bilas wajah dengan menggunakan air hingga bersih.

2. Gula Pasir

Gula pasir. Pic by pexels.com

Sebagai exfoliator alami kamu bisa memanfaatkan gula pasir karena mengandung asam glikolat dan alpha hidroksi yang akan dapat membantu kulit untuk memproduksi sel baru. Sehingga nantinya kulit akan menjadi lebih lembut dan lebih halus. Cara menggunakannya adalah dengan menyediakan setengah cangkir gula pasir lalu ditambahkan dengan minyak zaitun atau minyak biji anggur secukupnya. Kemudian diaduk hingga menjadi pasta. Setelah itu aplikasikan pada kulit wajah secara merata sambil dipijat pijat dengan gerakan melingkar. Kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit lalu bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

3. Pepaya

Pepaya. Pic by pexels.com

Pepaya juga bisa kamu manfaatkan sebagai exfoliator alami yang sangat ampuh untuk mengelupas sel sel kulit mati, mengatasi kerutan kerutan yang halus, dan juga dapat menyamarkan bintik bintik hitam dan juga bekas luka. Pepaya muda mengandung papain yang akan ampuh merawat kulit wajah. 

Cara memanfaatkannya sangatlah mudah yaitu cukup dengan menyediakan pepaya yang masih hijau muda. Setelah itu buah pepaya dikupas dan dicuci bersih lalu dihancurkan buahnya hingga terasa lembut dan halus. Setelah itu aplikasikan pada area kulit wajah dan diamkan selama 15 menit lalu bilas wajah dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

4. Pisang

Pisang. Pic by pexels.com


Untuk scrub wajah juga kamu bisa memanfaatkan pisang matang. Caranya sangatlah mudah yaitu cukup dengan mengambil satu buah pisang matang lalu ditumbuk hingga halus. Selain itu juga tumbuk buah apel untuk campurannya. Ambilah setidaknya 2 sdm dari kedua buah yang telah ditumbuk tadi lalu tambahkan madu kedalamnya sebanyak 1 sdt. Setelah itu scrub alami yang telah dibuat tadi digosok gosokkan secara lembut keseluruh area permukaan wajah dengan gerakan melingkar selama kurang lebih 2 menit. Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih dan keringkan dengan handuk lembut.

Dengan menggunakan keempat bahan alami di atas, cukup menjadikan cara merawat kulit wajah yang aman dan murah kan?. Yuk praktekkan.

Share:

8 comments:

  1. pisang dan togurt sering lakuin, meski suka sayang aja yogurtnya mending dimakan, tapi memang bener bikin kulit halus dan glowing kalau rajin kenyal2 gimana gitu. tapi kalau strawberry sama gula belom pernah coba sama sekali, gatel2 gitu ga ya Mba

    ReplyDelete
  2. Itu pepayanya pake yang masih setengah matang ya?

    ReplyDelete
  3. Ak juga lagi beralih ke bahan alami soalnya kulit wajah baru breakout, jerawatan di beberapa bagian, kusam juga... aku pernah scrub bibir pake gula pasir + madu, kalau seluruh wajah belom pernah, aku tertarik cara yang itu.. mungkin akan tak coba dlm waktu dekat mumpung punya olive oil :D

    ReplyDelete
  4. Jadi sebenarnya bahan-bahan atau produk-produk untuk skincare itu ga melulu yang harus dibeli di toko kosmetik yaa.. Yang ada di rumah pun bisa dimanfaatkan. Thanks for sharing, Disma..

    ReplyDelete
  5. aku maskeran pake yogurt (kefir) ini dan ya memang lumayan banget kalo wajah lagi kusam dan bruntusan :""))

    ReplyDelete
  6. Baru tahu gula pasir bisa buat perawatan mbak. biasa cuma buat campuran bikin teh 😁

    ReplyDelete
  7. Waah kebetulan ni Disma, ada pisang kematengen di Dapur Manda. Bisa bisa dibikin masker ah.. Makasih yaaaa

    ReplyDelete
  8. Wah belum pernah semua nih.coba ah. Aku pernahnya pakai bekas teh sama lemon

    ReplyDelete