Wednesday, March 20, 2019

,

Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Diare


Pada saat sedang sakit, kita perlu memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Pertama, kita tentu harus mengkonsumsi bahan makanan yang dapat membantu agar proses pengobatan penyakit lebih cepat. Kedua, kita juga harus memastikan bahwa makanan yang kita konsumsi tersebut tidak membuat penyakit justru menjadi lebih parah.


Seperti saat kita mengalami diare, maka tidak hanya harus memperhatikan pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare yang bisa didapatkan dari bahan makanan atau obat yang didapatkan di Go Apotik. Tetapi juga ada beberapa bahan makanan yang perlu dihindari agar tidak membuat kondisi diare semakin parah.


Berikut ini jenis-jenis makanan yang harus kita hindari saat diare:


1. Susu

Susu yang memiliki banyak kandungan baik, ternyata justru tidak baik dikonsumsi saat diare ya. Pic by pexels.com


Susu biasanya baik dikonsumsi untuk yang mempunyai alergi atau keracunan bahan makanan. Tetapi perlu kita ketahui bahwa susu tidak cocok dikonsumsi ketika mengalami diare karena justru akan membuat kondisinya semakin parah. 

Hindari untuk mengkonsumsi minuman susu ataupun berbagai bahan makanan dari bahan dasar susu. Terutama bagi kita yang tidak mempunyai intoleransi laktosa sebaiknya untuk menghindari jenis makanan dan minuman dari bahan ini untuk sementara sebelum diare bisa sembuh. Sebaiknya hindari juga mengkonsumsi makanan dan minuman turunan dari susu, seperti keju, yoghurt dan juga es krim.


2. Minuman beralkohol

 
Alkohol juga lebih baik dihindari karena tidak baik untuk kesehatan tubuh. Pic by pexels.com

Ketika sakit, baik diare, DBDtifus, ataupun penyakit lainnya biasanya akan dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi alkohol. Alkohol memang sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan produksi dan juga volume urin. 

Khusus untuk diare, minuman beralkohol tersebut dapat memperburuk kondisi diare karena menyebabkan dehidrasi. Selain minuman beralkohol, ketika mengalami diare juga sebaiknya hindari untuk mengkonsumsi minuman bersoda dan minuman yang mengandung kafein.


3. Makanan berminyak dan berlemak

Hindari makan makanan berminyak dan berlemak saat diare ya. Pic by pexels.com


Jenis makanan terakhir yang kurang cocok dan sebaiknya dihindari selama diare adalah makanan yang mengandung banyak minyak dan lemak. Hal tersebut akan membuat diare menjadi lebih parah karena menyebabkan pengosongan lambung dan juga membuat kembung. Sedangkan untuk jenis makanan yang berlemak hal tersebut akan membuat makanan sulit diserap untuk tubuh sehingga sistem pencernaan akan semakin terganggu.



Nah, jika sudah tahu, jangan lupa untuk jaga kesehatan ya. Terutama dengan menjaga pola makan dan asupan gizi tentunya.

Semoga artikel ini membantu. Salam sehat selalu :))
Share:

0 comments:

Post a Comment