Thursday, April 25, 2019

, ,

Apa Perbedaan Kost Eksklusif dan Kost Biasa ? Berikut Ini Penjelasannya

Berhasil melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi tentunya menjadi sebuah kebanggaan diri sendiri untuk lebih semangat lagi menggapai mimpi. Menyandang status sebagai mahasiswa baru adalah proses selanjutnya untuk merealisasikan mimpi menjadi kenyataan. 

Sebagai mahasiswa baru, tentunya banyak kebutuhan yang perlu dipersiapkan. Mulai dari peralatan perkuliahan, dokumen yang penting untuk dibawa, kebutuhan sehari-hari dan tentunya tempat tinggal. Terutama bagi mahasiswa yang merantau dari luar kota. 

"Akan tinggal dimana?" Menjadi sebuah pertanyaan besar bagi kamu yang belum mengenal betul kota rantau yang menjadi tujuanmu.

Mencari tempat tinggal sementara atau kost  itu susah-susah gampang. Mengapa harus meluangkan waktu untuk mendapatkan kost sesuai keinginan? Yang namanya pilihan itu pasti banyak, apalagi kost pasti sudah menjamur diberbagai daerah apalagi di area kampus. Namun tidak semua kost yang ada menjadi pilihanmu, biasanya hanya beberapa saja. Pemilih kost biasanya diperhatikan berdasar pada harga, fasilitas, dan lokasi. Ada yang sudah cocok dengan suasana kost tersebut namun budget tidak mencukupi, ada juga yang sudah cocok namun lokasi terlalu jauh.


Kost Ekslusif


Berbagai ragam kost dibuat demi kebutuhan para perantau. Biasanya kost ada yang tipe standart atau biasa dan eksklusif. Tentu dari bentuknya sudah berbeda. Apa saja yang membedakan kost eksklusif dengan kost biasa? Berikut penjelasannya :

Harga

Yang namanya lebih bagus dan lengkap pasti akan lebih mahal. Soal harga, untuk kost biasa tentu akan relatif murah berkisar antara 300 ribu hingga 750 ribu. Sedangkan untuk ukuran kost eksklusif berkisar antara 1 jutaan hingga 2 jutaan. Namun semua itu tergantung kota masing-masing, untuk ukuran metropolitan seperti Jakarta mungkin kost biasa pun akan lebih mahal dibandingkan kota kecil yang kamu bisa menemui kost dengan harga 200 ribuan. yang perlu diingat, sesuaikan kost pilihanmu dengan anggaran kamu. Jangan sampai kamu bingung jika awal bulan sudah tiba.

Fasilitas

Fasilitas Kost

Bicara mengenai fasilitas semua itu tergantung kebutuhan dan budget masing-masing. Jika dirasa cukup dengan fasilitas yang standart dan murah kamu bisa mencari kost biasa. Namun jika kamu ingin mencari kost dengan fasilitas yang lengkap dan mewah kamu bisa mencari kost eksklusif. Untuk ukuran kost eksklusif jogja memiliki fasilitas lengkap seperti kamar mandi dalam, AC, bed, almari, meja dan kursi, wifi, dan sudah termasuk listrik. Semua itu kembali kepada kebutuhan masing masing, memang lebih prefer dapat kost yang fasilitasnya lengkap karena tidak perlu repot untuk bawa barang banyak.

Parkir

Untuk kost eksklusif biasanya memiliki tempat parkir yang luas dibandingkan kost biasa. Karena target pasar untuk kost eksklusif adalah orang-orang dengan kelas menengah yang kebanyakan memiliki kendaraan pribadi khususnya mobil. Sedangkan untuk kost biasa memang tetap ada tempat parkirnya, tetapi tidak semua ada. Apalagi Jakarta, sangat susah untuk bisa mendapatkan kost biasa dengan tempat parkir yang luas.

Lokasi

Salah satu yang  membedakan kost eksklusif dan kost biasa adalah lokasinya. Untuk kost eksklusif biasanya dibangun di area strategis atau dekat dengan keramaian seperti tempat umum, pusat kota. Kemudian untuk kost biasa berada masuk gang. Karena biasanya lokasi akan sangat mempengaruhi pada harga juga, apalagi yang lokasinya dekat dengan kampus atau perkantoran.

Keamanan

Untuk ukuran keamanan, memang kost eksklusif memiliki point plus disini. Kost eksklusif memiliki security yang menjaga. Security yang jaga biasanya 24 jam, dan juga ada tambahan CCTV dibeberapa sudut kost. Bahkan ada beberapa kost eksklusif yang memiliki access card. Untuk kost biasa keamanannya adalah masing-masing penghuni dan penjaga atau pemilik sendiri.

Bagaimana kamu akan memilih yang mana? Tentunya setiap pilihan memiliki alasan sendiri. Namun jika kamu ingin menemukan beberapa pilihan kost terbaik, download aplikasi mamikos pada playstore. 
Share:

1 comment:

  1. kos ekslusif sih, karena keamanan dan fasilitas dijamin. enggak perlu repot mikirin ini itu, tinggal bayar.

    tapi mahal. wkwk.

    ReplyDelete