Tuesday, April 23, 2019

,

Tips Memilih Botol Susu untuk Bayi

Beberapa waktu ke belakang, makin banyak teman aku yang menjadi mahmud dan pahmud alias mamah dan papah muda. Ciat ciaat. Sebagai orang tua, tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anak. Tapi karena baru saja menjalani peran tersebut, tak sedikit juga yang bingung. Nah, di artikel kali ini, aku akan share tips-tips sederhana yang kerap diperlukan

Tips memilih botol susu dan dot bayi

Tips memilih botol susu. Pic from pexels.com

ASI ekslusif 6 bulan tentu harus dipenuhi. Kemudian setelah melewati masa itu, atau saat seorang bayi sudah tidak lagi meminum ASI langsung dari ibu, kebanyakan orang tua kemudian memberikan susu formula untuk melengkapi kebutuhan gizi sang anak. Susu formula biasanya diberikan kepada anak dengan botol susu dan dot. Namun tahukah kamu bahwa tidak semua botol susu dan dot aman untuk digunakan oleh bayi dan anak kecil?

Botol susu kebanyakan dibuat dari plastik. Salah satu kelebihan plastik yaitu beratnya lebih ringan dibandingkan dengan bahan lain sehingga lebih nyaman dipegang dan digunakan oleh anak. Selain itu, botol susu dari plastik juga lebih murah dan mudah ditemukan. Namun di samping kelebihan tersebut, banyak orang yang merasa khawatir dengan kandungan bahan kimia dalam botol plastik. Hal itu karena bahan plastik ada yang aman dan tidak aman untuk digunakan sebagai tempat makanan atau minuman.

Berikut ini hal-hal yang perlu kita perhatikan dalam memilih botol susu:

- Untuk mendapatkan botol susu yang aman, pilihlah bahan plastik yang memiliki label BPA-Free atau sudah terbukti Food Grade sehingga aman untuk digunakan.

- Selain itu, sebaiknya pilihlah botol susu yang terbuat dari plastik dengan nomor 2 atau 5. Hindari memilih botol susu dengan plastik nomor 7 karena banyak mengandung BPA.

- Pilih juga botol susu yang sesuai dengan kebutuhan si kecil. Pilihlah botol dengan ukuran 50 ml jika bayi masih kecil dan tingkatkan ke ukuran yang lebih besar saat bayi sudah mulai tumbuh.

Untuk memilih dot bayi juga harus sama telitinya. Perlu kita ketahui bahwa:

- Dot bayi yang terbuat dari lateks biasanya lebih lembut dan fleksibel, tapi tidak bertahan lama.

- Bahan lateks juga terkadang memberikan efek alergi pada bayi.

- Sedangkan dot bayi yang terbuat dari bahan silikon biasanya lebih kuat dan tahan lama.

Tips memilih sabun mandi bayi

Selain pemilihan botol, orang tua juga perlu cermat dalam pemilihan sabun mandi bayi. Seperti kita ketahui kulit bayi adalah kulit yang sensitive sehingga perlu perawatan khusus. Oleh karena itu, perhatikan sabun untuk bayi memenuhi hal-hal berikut ini:

- Gunakan sabun khusus bayi. Jangan menggunakan sabun yang biasa dipakai orang dewasa untuk bayi karena kandungan di dalam sabun tersebut berbeda.

- Dalam memilih sabun, pastikan sabun bayi tidak pedih di mata untuk mandi dan keramas.

- Pilih sabun lembut untuk bayi yang bisa menjaga kelembapan kulit sensitifnya. Seperti Sleek Baby Liquid Soap ini. 



Sleek Baby Liquid Soap adalah sabun cair untuk bayi yang tidak pedih di mata. Dilengkapi dengan kandungan Oatmilk & Chamomile yang dapat menjaga kesehatan kulit bayi dan membantu merawat dari iritasi. 

Nah, gimana tips sederhana dari aku ini?. Semoga bermanfaat ya.

Share juga dong tips-tips simple parenting yang kamu punya via kolom komen :)
Share:

0 comments:

Post a Comment