Wednesday, May 1, 2019

Sering Disepelekan, 6 Hal Ini Bisa Sebabkan Radang Tenggorokan

Penyebab radang tenggorokan nyatanya bukan hanya batuk. Sering disepelekan, hal-hal ini juga bisa sebabkan radang tenggorokan.

Radang tenggorokan. Pic from halodoc.com


Pernahkah kamu menderita radang tenggorokan?

Banyak orang mengira bahwa radang tenggorokan terjadi saat sedang batuk, demam, atau flu. Padahal, penyebab radang atau sakit tenggorokan banyak sekali. Sering disepelekan, ketahuilah beberapa hal yang nyatanya juga bisa sebabkan radang tenggorokan.

Sebelum membahasnya lebih jauh, kita perlu tahu terlebih dahulu apa itu radang tenggorokan. Radang tenggorokan adalah kondisi terjadinya peradangan pada tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi. Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, infeksi ini umumnya bersifat akut dan menyerang saluran tenggorokan.

Gejalanya antara lain:
· Sakit saat menelan
· Demam
· Terdapat benjolan di area leher
· Suara serak
· Terdapat darah dalam air liur

Penyebab umum radang tenggorokan adalah infeksi bakteri atau virus pada saluran pernapasan atas.

Jenis bakteri yang sering menyebabkan sakit tenggorokan adalah bakteri Streptococcus pyogenes dan Streptococcus kelompok A, sedangkan jenis virus yang sering menyebabkan radang tenggorokan adalah influenza, virus penyebab campak, dan virus penyebab cacar air,” jelas dr. Dyah.

Hal-hal yang juga bisa sebabkan radang tenggorokan
Selain infeksi bakteri atau virus, beberapa kondisi di bawah ini juga bisa menyebabkan Anda terkena radang tenggorokan.

1. Kurang minum air putih

Perbanyak minum air putih untuk mencegah radang tenggokan. Pic from Unsplash.com


Ya, sesimpel itu! Kurang minum juga dapat membuat tenggorokan menjadi kering. Jika tidak segera minum dalam jangka waktu lama ditambah konsumsi makanan yang pedas atau panas, ini dapat memicu peradangan di tenggorokan.

2. Merokok

Merokok dapat memicu radang tenggorokan. Pic from Unsplash.com


“Mengisap rokok dan terpapar asapnya bisa memicu radang di tenggorokan. Jika Anda seorang perokok dan sering mengalami radang tenggorokan, lebih baik segera hentikan kebiasaan tersebut,” kata dr. Dyah.

3. Alergi



Saat alergi menyerang, radang tenggorokan juga bisa muncul. Menurut penjelasan dari dr. Dyah, jenis alergi yang bisa menjadi penyebab adalah alergi debu, serbuk sari, dan bulu hewan peliharaan.

4. Konsumsi minuman beralkohol


Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan bisa bikin tenggorokan kering. Jika tidak diimbangi dengan minum air putih secara cukup, radang tenggorokan bisa timbul.

5. GERD

Gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan gangguan pencernaan akibat peningkatan asam lambung ke area tenggorokan.

“Karena sifat asam lambung adalah asam, jika peningkatan ini sering terjadi maka bisa terjadi iritasi pada jaringan dan memicu terjadinya radang tenggorokan,” ungkap dr. Dyah.

6. Paparan bahan kimia

Paparan kimia seperti bahan kimia rumah tangga yang dibakar bisa mengakibatkan iritasi di tenggorokan.

Jadi, itulah beberapa penyebab radang tenggorokan yang mungkin tak Anda sangka. Jika sekarang Anda sedang mengalami radang tenggorokan yang disertai demam berkepanjangan, sebaiknya segera periksa ke dokter agar bisa ditangani dan diobati sesuai dengan penyebabnya.


0 comments:

Post a Comment