Thursday, July 18, 2019

, ,

Mengelola Tabungan Secara Online dengan SOBATKU

Awal bulan Juli ini, gaji ke-14 pegawai baru saja cair. Huhu, terharu akutu. Sejujurnya aku nggak menyangka akan mendapatkan gaji ke-14 karena statusku masih CPNS. Sekaligus bersyukur, pastinya.

Karena gaji ke-14 termasuk saldo masuk tak terduga, jadi perlu aku atur supaya nggak habis dengan sia-sia. Mumpung masih belum punya banyak kebutuhan kan. Biasanya kalau ada semacam uang berlebih seperti ini aku larikan ke tabungan tak bergerak dan ke investasi.

Oh iya, ngomong-ngomong soal tabungan nih, aku sama mas Azaz mengalokasikan dana untuk 2 tabungan: tabungan bergerak dan tabungan tak bergerak.

Pertama, tabungan bergerak. Ini rekening yang kita isi sejumlah tertentu dan saldonya bisa kita gunakan untuk membayar kebutuhan-kebutuhan tertentu. Misalnya: belanja online, bayar tagihan, beli pulsa, dll. Apalagi sekarang bayar apa-apa gitu lebih mudah lewat m-banking, e-banking, ataupun transaksi online lainnya.

Kedua, tabungan tak bergerak. Ini tabungan yang memang kita fungsikan untuk menyimpan dana darurat. Jadi andai sewaktu-waktu ada kebutuhan mendesak kayak sakit, HP rusak, dll kita udah punya alokasi dananya. Kalau nggak ada kebutuhan, ya nggak kita utak-atik.

Berhubung sekarang aku sama mas Azaz menjalani long-distance marriage alias LDM alias suami tinggal di mana-istri tinggal di mana, kita perlu 1 rekening tambahan nih. 1 rekening bergerak buat mas Azaz, 1 rekening bergerak buat aku, dan 1 rekening tak bergerak buat berdua. Setelah cari-cari info, ternyata nemu nih alternatif Tabungan Online di mana untuk pembuatan rekeningnya juga bisa 100% online tanpa perlu datang ke tempat.

Nah aplikasi tabungan online yang aku coba adalah SOBATKU. Ada yang sudah install aplikasi ini juga?

Bagi yang belum tahu, aplikasi SOBATKU ini adalah singkatan dari Simpanan Online Sahabatku. Sebuah tabungan online berbasis aplikasi dari Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati, atau Sahabat UKM (www.sahabat-ukm.com). Jadi aplikasi SOBATKU bukan produk dari Bank, tapi produk dari Koperasi.  Lebih tepatnya, dalam mengembangkan bisnis ini KSP Sahabat didukung penuh dan bermitra dengan Bank Sahabat Sampoerna.

Takut nggak sih menggunakan aplikasi keuangan hanya via online gitu?

Jawabannya, enggak sih asal kita sudah tahu track record penyedia layanan keuangan tersebut.

KSP Sahabat Mitra Sejati sendiri bukanlah koperasi anak bawang yang sedang mencoba peruntungan. Terbukti KSP Sahabat Sejati telah beroperasi sejak 2009, hingga saat ini memiliki lebih dari 120 jaringan kantor yang tersebar di seluruh Indonesia. Sedangkan kantor pusatnya berada di Gedung Sampoerna Strategic Square Jakarta.

Syarat yang paling penting bagi lembaga keuangan tentunya yang sudah terdaftar di OJK. Untuk lebih meningkatkan layanannya, KSP Sahabat Mitra Sejati merupakan koperasi pertama yang memperoleh ijin dari OJK untuk dapat mengakses Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). Makanya, dengan adanya aplikasi SOBATKU ini, menjadi penanda bahwa Koperasi pun kini siap bersaing dengan aplikasi fintech lain.


Pendaftaran Akun Sobatku

Untuk membuat akun rekening di Sobatku, caranya sangat sangat mudah. Kenapa? Karena kita cuma perlu: smartphone, koneksi internet dan KTP. Iya, cuma itu.




Langkah-langkah pendaftarannya begini:
1. Download dan install aplikasi Sobatku
2. Pilih menu “DAFTAR”
3. Mengisi Data Diri termasuk nomor HP dan PIN
4. Mengunggah foto KTP dan foto diri yang memegang KTP
5. Menunggu proses verifikasi.

Setelah melakukan pendaftaran, nantinya hasil verifikasi akan dikirimkan ke kita melalui email dan SMS. Jika proses verifikasi berhasil, maka akun SOBATKU kita sudah dapat digunakan.

Mudah kan?

Nomor HP yang tadi didaftarkan tersebut akan menjadi nomor rekening kita di SOBATKU. Jika ingin masuk ke akun SOBATKU, cukup log in dengan nomor HP dan PIN.

Fitur-fitur di Aplikasi SOBATKU

Fitur-fitur di SOBATKU terbilang lengkap. Fitur-fitur di dalamnya seperti:




- AKUN SAYA: Untuk melihat profil diri
- NABUNG: Untuk melihat informasi cara menambahkan saldo ke tabungan.

Barangkali ada yang bingung, “Ini tabungan online, terus cara nabungnya gimana??”.

Ini yang menarik. Di aplikasi Sobatku, kita tetap bisa menabung dengan 3 cara:
1. Via transfer
2. Setor tunai di Alfamart
3. Setor tunai di cabang KSP Sahabat

Gampang juga kan. Secara, Alfamart mudah kita temui di mana-mana.

- TARIK TUNAI: Untuk melihat informasi cara tarik tunai

Nggak jauh beda dengan cara menabug, untuk tarik tunai juga bisa dilakukan dengan:
1. Tarik tunai di Alfamart
2. Tarik tunai di cabang KSP Sahabat

- TRANSFER: Untuk melakukan transfer ke rekening lain, baik ke sesama rekening SOBATKU ataupun ke rekening bank lain.

- BAYAR & TOP UP: Untuk melakukan pembayaran Telkom, internet, pasca bayar, TV, PDAM, KAI, dan Asuransi

- MUTASI REKENING: Untuk mengecek riwayat transaksi rekening SOBATKU kita

- POIN & UNDIAN: Untuk info seputar poin dan undian berhadiah.

- BAYAR ALFA: Entah ini apa karena aku belum pernah coba, hehe.

- BELI PULSA: Untuk top-up pulsa berbagai operator

- PLN: Untuk membeli token listrik atau membayar tagihan PLN

- SOBAT PEDULI: Untuk menyalurkan dana sebagai bentuk donasi, infaq maupun zakat ke lembaga sosial yang telah terpercaya yaitu Baznas, Dompet Dhuafa dan PKPU.

Secara garis besar fitur-fitur SOBATKU tidak jauh berbeda dari layanan keuangan lain. Transaksi dasar dalam tabungan seperti setor, tarik, dan transfer tersedia. Begitu juga dengan transaksi keuangan tambahan untuk melakukan pembayaran tagihan serta top-up yang juga ada.

1 fitur menu yang menarik dari SOBATKU yaitu menu POIN & HADIAH. Ternyata dengan menabung dan bertransaksi di SOBATKU, kita bisa mendapatkan poin dan berkesempatan untuk mendapat hadiah. Hmmm… menarique~~


Undian Grand Prize Sobatku

Kebetulan pada hari Minggu (14/7) lalu, SOBATKU menyelanggarakan program Undian Grand Prize di Ambarrukmo Plaza Jogjakarta. Aku ikutan donggg, nggak mau ketinggalan. 




Di acara ini, ada banyak hadiah yang dibagikan.  Hadiah utama senilai 100 Juta untuk 1 pemenang  dan 4 Paket Umrah untuk 4 Pemenang. Selain hadiah utama, ada juga ratusan hadiah lainnya dan 1 paket umrah tambahan khusus bagi warga DIY dan Jateng melalui program Jutawan SOBATKU. Yha yha sungguh banyaque~~




Rangkaian acara makin meriah dengan diawali KPOP dance cover competition. Anak-anak muda Jogja dan sekitarnya begitu antusias mengikuti kompetisi dance ala KPOP ini. Sebagai BLINK, seru deh nonton penampilan grup yang meng-cover dance “Kill This Love” dari BLACKPINK. Keliatan niat banget persiapannya. Sampai outfit mereka BLACKPINK banget. Selain itu juga tetep rame kok, ada yang cover dance dari Twice, dan boyband yang aku nggak begitu hafal.

Setelah itu, ada acara talkshow untuk mengenal SOBATKU lebih jauh.

Hadir sebagai narasumber yaitu: Ceppy Y Mulyana (Ketua Pengurus KSP Sahabat Mitra Sejati), Bambang Sulistyo (Pengawas KSP Sahabat Mitra Sejati), Oktavia Laksmi Wardani ( Fintech Product Activation Division Head), Henky Suryaputra (Chief of Finance & Business Planning, Mewakili Board of Management Bank Sahabat Sampoerna) dan Surya Ananta (General Manager Plaza Ambarrukmo). Ya Rabb, “orang-orang penting” semua yang hadir!!!.

Di acara talkshow ini kita jadi tahu seluk-beluk SOBATKU. Perbedaan SOBATKU sebagai e-saving dengan produk keuangan lain yaitu e-wallet. Juga sepak terjang koperasi masa kini di Indonesia. Oh iya, acara ini juga bertepatan dengan Hari Koperasi Nasional. Filosofinya dalam sekalii..

Setelah acara talkshow, puncak acara yaitu pengundian grand prize. Seperti judulnya, emang banyak banget hadiah yang dibagikan. Pertama kali yang diundi yaitu hadiah sebesar Rp 500.000 untuk beberapa orang pemenang. Kemudian undian hadiah Rp 1.000.000. Baru kemudian hadiah paket umroh untuk 4 orang pemenang. Lalu pengundian hadiah utama sebesar Rp 100.000.000 (seratus juta rupiah, -red) untuk 1 orang pemenang. Ikut deg-degan akutu.

Akhirnya yang keluar sebagai pemenang yaitu Bapak Sumitro dari Sintang.

Waah, mimpi apa ya Bapak semalem…. dapat rejeki nomplok begitu.





Undian dilakukan secara terbuka dan fair. Bapak Bupati Sleman juga ditunjuk menjadi salah satu perwakilan untuk menekan tombol undian dalam menentukan pemenang.

Sejujurnya baru kali ini aku ketemu Pak Bupati, setelah sekian tahun lamanya tinggal di Sleman. (((NJUKK)))

Tak ketinggalan, ada juga 1 hadiah paket umroh khusus bagi Jutawan SOBATKU Jateng dan DIY. Yang beruntung mendapatkannya yaitu mas Andre Istanto. Kebetulan mas Andre juga hadir di acara ini. Wahwah, rejeki emang nggak ke mana ya mas.

Undian Grand Prize kemarin adalah undian kali ke-8 yang diselenggarakan oleh SOBATKU. Tentunya masih akan ada undian Grand Prize selanjutnya. Tertarique?. Ya makanya, nabung dong di SOBATKU.

Eh, aku udah cerita belum ya kalau selama acara di sekitar venue ada banyak stand makanan. Nah di stand-stand itu ada promo cashback setiap pembayaran dengan SOBATKU. Ih aku bahagia banget, kekeke. Aku jajan cheese cake kekinian dari Dear Sweet yang difrozen terus dicelupin ke cokelat, tau nggak?. Beneran dapet cashback dong 30%. Lumayann... 




Cara pembayarannya juga gampang. Tinggal scan QR Code doang, mirip kayak pembayaran pakai e-wallet


SOBATKUXPONGKI, Saatnya Nostalgia Bersama Pongki Barata

Setelah asik joget-joget KPOP, angguk-angguk soal koperasi, dan deg-degan menunggu pengumuman pemenang undian berhadiah, acara ditutup dengan penampilan manis dari Pongki Barata. Buat dedek-dedek gemes sekarang mungkin nggak familiar sama mas Pongki, yang dulu lebih dikenal sebagai vokalis band Jikustik asal Jogja. Tapi bagi aku yang tumbuh galau dari lagu-lagunya Jikustik, ya mas Pongki ini idola sekali.



Sesaat malam datang… menjemput… kesendirianku…
Dan bila pagi datang ku tau…. kau tak di sampingku…
Aku… masih di sini… untuk setia~~”

Jadi galau lagi nih LDM-an sama suami. Huhu.


Share:

0 comments:

Post a Comment