Wednesday, August 7, 2019

, ,

5 Keistimewaan Kalkulator Kehamilan


Ibu hamil nyatanya perlu mengetahui usia kandungan selama masa kehamilan. Dengan mengetahui usia kandungan secara tepat, tentu ibu akan mengetahui perkembangan bayi dalam kandungan. Memantau berat badan ibu dari waktu ke waktu juga diperlukan untuk mengetahui kesehatan dan asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebagai solusinya, ibu perlu mengetahui mengenai kalkulator kehamilan.

Ibu hamil perlu mengetahui usia kandungan selama masa kehamilan. Pic from Pexels.com

Kalkulator kehamilan merupakan salah satu teknik yang dapat dipakai ibu hamil untuk mengetahui informasi mengenai kehamilan yang sedang dijalani. Baik usia kandungan, hingga berat badan ibu yang normal saat masa kehamilan. Banyak untuk yang ibu bisa rasakan bila ibu mengenal teknik kalkulator kehamilan ini.
Ya, tentu ibu hamil perlu mengetahui apa saja guna memahami kalkulator kehamilan.

Kalkulator Kehamilan. Pic from Popmama.com


1. Membantu Memperkirakan Kenaikan Berat Badan yang Normal

Kalkulator kehamilan juga dapat membantu ibu hamil untuk memperkirakan kenaikan berat badan normal untuk ibu pada masa kehamilan. Secara umum, biasanya ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan sebanyak 1–2 kilogram pada tiga bulan pertama kehamilan. Selanjutnya, ibu hamil akan mengalami kenaikan sebanyak 0,5 kilogram setiap minggunya.

Ya, memantau berat badan normal ibu hamil paling urgen guna menghindari ibu hamil mengalami kelebihan berat badan atau overweight. Melahirkan dengan kondisi berat badan berlebihan usahakan harus dihindari karena akan membuat ibu berisiko menikmati tekanan darah tinggi atau diabetes.

2. Mengetahui Berat Badan Bayi sesuai Usia Kandungan

Ibu pun dapat memahami berat badan bayi yang sesuai dengan usia kandungan, sehingga proses kehamilan dan persalinan nantinya akan lancar. Pada setiap kehamilan, ibu pasti disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan memiliki gizi baik untuk mencukupi kebutuhan asupan pada bayi. Dengan mengetahui berat badan bayi, tentu ibu akan lebih mengetahui asupan dan nutrisi apa yang dibutuhkan untuk perkembangan janin.

3. Mengetahui Kapan Akhir dan Awal Trimester

Bagi sebanyak ibu hamil kehamilan akan membawa perubahan yang cukup besar untuk keadaan hati maupun evolusi jasmani yang terjadi. Tentu tiap trimester akan berbeda gejala yang dirasakan ibu hamil. Dengan mengetahui kapan awal dan akhir trimester pada ibu hamil, ibu bisa mempersiapkan perubahan-perubahan yang selanjutnya terjadi pada masa kehamilan berikutnya.

Di samping kalkulator kehamilan, terdapat sejumlah teknik lain agar ibu mengetahui usia kehamilan. Salah satunya dengan menggunakan ultrasonografi oleh dokter kandungan. Berapa pun usia kehamilan ibu, usahakan ibu memberikan asupan nutrisi yang baik dan tentu bergizi untuk perkembangan bayi.

4. Digunakan untuk Menghitung Usia Kehamilan

Umumnya, lama kehamilan setiap wanita yaitu sekitar 38 minggu dihitung dari masa pembuahan. Namun nyatanya, tidak semua wanita menyadari proses pembuahan yang terjadi dalam tubuhnya, sehingga masa pembuahan bisa dihitung dari hari pertama haid terakhir. Kalkulator kehamilan dapat digunakan untuk menilai usia kehamilan.

5. Digunakan untuk Menghitung Hari Perkiraan Lahir

Penggunaan kalkulator kehamilan tidak hanya untuk mengetahui usia maupun kesehatan ibu atau bayi. Lebih spesifik lagi, pemakaian kalkulator kehamilan ini digunakan untuk mengetahui kapan bayi akan dilahirkan, sehingga ibu bisa mempersiapkan persalinan dengan baik. Di samping dengan kalkulator kehamilan, HPL pun bisa ditentukan dengan menggunakan rumus Neagele.

Nah, itu dia keistimewaan kalkulator kehamilan. Semoga bisa jadi referensi untuk Moms yang sedang hamil ya.
Share:

0 comments:

Post a Comment