Wednesday, August 7, 2019

, ,

Beberapa Cara Mudah Mengeluarkan Dahak Pada Anak

Pada saat anak ibu memiliki dahak, pastinya itu akan sangat menganggunya. Mereka kemungkinannya telah berupaya untuk mengeluarkan dahaknya tetapi apa daya mereka belum bisa melakukannya. Untuk bisa mengeluarkan dahaknya, si kecil pastinya akan membutuhkan bantuan dari orang tua ataupun orang dewasa yang ada disekitarnya.

Dahak ini sendiri merupakan jenis lendir tebal yang ada didalam tenggorokan. Dahak biasanya dapat keluar pada saat batuk. Dahak ini terdiri dari beberapa jenis seperti dahak encer, dahak kental, dahak kuning, dan juga dahak hijau.

Adanya dahak pada anak ini seharusnya segera dikeluarkan. Pasalnya jika tidak segera dikeluarkan maka akan dapat menganggu dan bahkan dapat menghambat jalur pernapasannya. Oleh karena itu para orang tua harus mengetahui cara mengeluarkan dahak pada anak.

Berikut beberapa cara mudah mengeluarkan dahak pada anak diantaranya yaitu :

1. Menelungkupkan Anak

Mengatasi Dahak pada Anak. Pic from Pexels.com

Pada saat si kecil sedang batuk, cobalah telungkupkan anak lalu punggungnya ditepuk tepuk secara perlahan. Ibu juga bisa melakukan cara ini pada bayi.

2. Mengkonsumsi Banyak Cairan

Dahak dapat diencerkan jika tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dahak yang telah menjadi encer dapat dikeluarkan dengan mudah. Maka pada saat anak ibu masih bayi, berikan si kecil ASI yang banyak dan untuk bayi diatas 6 bulan bisa diberikan air putih. Tetapi jika anak ibu balita atau lebih tua maka berikan dia air putih yang cukup banyak.

3. Mengkonsumsi Air Hangat

Berikan air putih, teh, susu atau sup hangat untuk si kecil. Pic from Pixabay.com

Akan lebih baik jika ibu mencukupi kebutuhan cairan si kecil terlebih lagi jika memberikan cairan yang hangat. Dengan memberikan cairan yang hangat maka dapat membantu lebih mengencerkan lagi dahak si kecil. Ibu bisa saja memberikan si kecil cairan hangat seperti air putih hangat, teh hangat, susu hangat, dan sup hangat.

4. Memberikan Madu Pada Anak

Madu juga dapat membantu mengatasi dahak pada anak. Pic from Pexels.com

Adanya kandungan zat didalam madu yang bersifat antivirus dan antibakteri. Sifat tersebut dapat membuat madu dapat mengatasi penyakit yang dapat membuat anak berdahak. Dengan mengkonsumsi madu maka anak yang memiliki dahak tersebut akan sangat terbantu karena produksi dahaknya dapat dikurangi. Madu ini bisa ibu campurkan kedalam air putih hangat atau teh hangat.

5. Menghirup Uap

Cobalah sediakan air hangat didalam baskom, lalu campurkan minyak kayu putih atau minyak telon secukupnya kedalam air hangat tersebut. Dekatkanlah posisi si kecil dengan baskom atau minta anak untuk menghirup uap yang berasal dari baskom tersebut sehingga uap tersebut bisa dihirup si kecil. Nantinya uap ini dapat membuat dahak lebih encer dan mudah untuk dikeluarkan.

6. Berkumur Dengan Menggunakan Air Garam Hangat

Dengan berkumur kumur juga maka akan dapat membuat dahak yang ada didalam paru paru atau tenggorokan dapat dikeluarkan dengan mudah. Cobalah siapkan larutan air garam yang hangat, kemudian minta si kecil untuk berkumur kumur larutan garam tersebut. Larutan air garam tersebut dibuat dengan menambahkan segelas air hangat dengan ½ sdt garam.

7. Menggunakan Rempah Rempah

Rempah-rempah. Pic from Pixabay.com

Adanya beberapa rempah rempah yang bisa dimanfaatkan untuk mengeluarkan dahak pada anak seperti jahe, bawang putih, jahe, ginseng, dan yang lainnya. Rempah rempah tersebut dapat dikonsumsi baik mencampurkannya kedalam masakan ataupun minuman hangat.

Selain ketujuh cara diatas masih ada cara mudah lainnya yaitu dengan menghangatkan tubuh si kecil. Berendamkan si kecil didalam air hangat sebentar saja sehingga dapat membuat tubuh anak menjadi hangat dan dahak pun akan dapat dikeluarkan dengan mudah.

Share:

0 comments:

Post a Comment