Friday, August 23, 2019

Tips Merawat Ruam Popok Pada Bayi

Ruam popok pada bayi selalu menjadi momok yang menakutkan bagi para orang tua, apalagi bagi orang tua baru. Bayi memiliki kulit yang  sangat lembut dan lebih tipis daripada orang dewasa sehingga kulit bayi menjadi lebih sensitif. Selain itu, kulit bayi juga lebih mudah kehilangan cairan sehingga lebih rentan mengalami ruam popok.

Ruam akibat popok pada  bayi tentu sangat mengganggu kenyamanan. Pic from Pixabay.com

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengatasi ruam tersebut anda bisa menggunakan diaper cream bayi dari Sleek Baby yang sudah teruji kualitasnya. Ruam pada bayi juga bisa cepat sembuh jika dilakukan perawatan yang tepat, seperti dibawah ini:

1. Bersihkan daerah popok dengan benar

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah kebersihan daerah popok. Kebersihan menjadi hal yang wajib anda pertimbangkan. Ketika mengganti popok, usahakan jangan menggunakan tisu basah. Lebih baik jika anda menggunakan air bersih yang lebih aman.

Caranya dengan membasuh area organ genital dan bokong bayi dari arah depan ke belakang. Kemudian keringkan dengan menggunakan handuk bersih dengan cara di tepuk-tepuk agar bayi tidak merasa sakit.

2. Stop penggunaan bedak

Masih banyak orang tua yang sering menggunakan bedak di area genital bayi. Hal ini bertujuan agar tidak lembab.

Namun bedak yang menggumpal di daerah genital dan bokong bayi dapat menjadi tempat bakteri berkembang biak. Untuk itu sebaiknya jangan menggunakan bedak lagi jika bayi anda terkena ruam.

3. Biarkan bayi tanpa popok beberapa saat

Pic from Pixabay.com

Setelah anda membersihkan bokong bayi setelah buang air. Sebaiknya biarkan bokong sikecil tanpa popok untuk sementara. Hal ini bertujuan agar kulit pada bokong bayi dapat bernafas dan menghindari kelembaban. Pilihlah bahan celana yang lembut dan mudah menyerap keringat sehingga bayi merasa nyaman.

4. Pilih popok yang tepat

Pemilihan popok juga mesti dipertimbangkan. Pilihlah popok yang elastis, berdaya serap tinggi dan nyaman. Pastikan juga popok bayi anda tidak terlalu ketat agar kulit dapat bernafas dan tidak langsung terkena kotoran.

Itulah beberapa tips merawat ruam popok pada bayi. Jika hal ini terjadi pada bayi anda gunakanlah Sleek Baby yang merupakan merek diaper cream bayi terbaik dan teruji secara klinis.

Share:

0 comments:

Post a Comment