Tuesday, October 1, 2019

,

YTFFID Yogyakarta 2019, Ajang Ketemu Content Creator Youtube

Buat sohib-sohib yang sering lihat update-an WA storyku, pasti tahu kalo aku sering sambat soal Latsar (hehe). Panjang lah ceritanya. Namanya juga nginep di asrama selama hampir sebulan dan penuh kegiatan. Yang namanya capek dan penat pasti ada.

Nah, kebetulan hari Jumat (27/9) lalu aku baru aja menyelesaikan Latsar fase I. Kenapa fase I?. Karena ada fase-fase berikutnya. Perjalanan Latsarku masih cukup panjang ini kakak. *Salim*.

Singkat cerita, hari Jumat kemarin aku pulang dari Latsar. Eh dapat ajakan buat ikut acara Youtube Fan Fest Indonesia (#YTFFID) di Jogja hari Sabtunya. Kok ya pas banget momennya aku lagi butuh hore-hore.

#YTFFID Yogyakarta 2019

“Youtube Youtube lebih dari TV. Boom.”

Tahu penggalan lagu ini nggak?. Ini lagu emang udah dari zaman kapan, tapi liriknya masih terngiang-ngiang sampai sekarang. Yha karena memang relate banget sih sama kondisi sekarang. Aku udah jarang banget yang namanya nonton TV. Ketika pengen cari hiburan tontonan, ya buka Youtube. Kalaupun pengen nonton acara TV kayak Mata Najwa atau Tonight Show, aku pilih cari re-run nya di Youtube. Selama latsar kemarin pun Youtube adalah penyelamat jiwaku dari rasa-rasa bosan yang hinggap menghampiri. Tsah.


Makanya seneng banget weekend kemarin bisa datang ke acara Youtube Fan Fest Indonesia (#YTFFID) di Jogja. Di acara ini kita bisa bertemu dengan content creator Youtube alias Youtubers favorit kita. Youtuber yang datang di sini mulai dari Youtuber lokal Jogja kayak Dyodoran dan Musisi Jogja Project, sampai Youtuber nasional kayak Ghea Indrawari, Like Music Project, Salshabila Adriani, Ria Ricis, Marion Jola, dan Young Lex. Uhuk (kenapa batuk sih?). Acara di Jogja ini merupakan bagian dari rangkaian acara #YTFFID 2019 yang diselenggarakan di 5 kota besar di Indonesia: Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, dan Jakarta.

Berlangsung di ballroom Yogyakarta Marriot Hotel selama 2 hari, dari Sabtu - Minggu (28-29 September 2019), YTFF terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Bahagia kan eim. Pengunjung yang ingin ikut cukup mengisi form pendaftaran saja di internet.



Kebetulan aku datang hari Sabtu alias hari pertama YTFF. Antusiasme pengunjung sangat tinggi lho pemirsa. Opening gatenya kan baru mulai jam 12.30. Sekitar jam 12an aku sampai di Hartono Mall lantai 2, eh di depan pintu masuk udah dipadati sama antrean pengunjung. Aku pikir aku udah gasik, ternyata yang lebih gasik banyakkk. Apalagi mayoritas yang datang adalah kawula muda. Kayaknya di antara kerumunani, aku bisa dibilang termasuk golongan tua deh. Ahak.

Oh iya, kenapa di Hartono Mall, karena walaupun venue-nya di Marriot Hotel tapi pintu masuknya lewat Hartono Mall lantai 2. Pokoknya ada lah itu pintu ajaib yang bisa membawa kita menembus dari Hartono Mall menuju ke Marriot Hotel.

Jam 12.30. Saatnya opening gate, akhirnya antrean mulai maju. Sebelum masuk ke venue, bawaan kita diperiksa terlebih dahulu untuk memastikan nggak ada yang bawa macam-macam kayak senjata atau benda berbahaya. Kalo makanan sama minuman kayaknya tetap dibolehin sih, soalnya aku bawa air mineral. Cuma emang dikasih tahu kalau di dalam sudah disediakan minuman. Setelah itu kita juga dapat stempel di tangan yang perlu ditunjukkan untuk masuk ke venue.

ASMR Challenge di Booth IM3Ooredoo



Di jadwal, acara baru akan dimulai pukul 14.00. Di rundown yang tampil di LCD sekitar venue, aku lihat content creator yang tampil di hari Sabtu ada Ghea Indrawari, Like Project Music, Bram Dermawan, Massan Muhammad, Ria Ricis, dan Gloria Jessica. Selain itu ada juga special perform collab antara Musisi Jogja Project X Shalsabila Adriani.

Sambil nunggu acara perform dimulai, kita pengunjung juga bisa mampir ke booth sponsor yang ada di sekitar venue. Satu yang menarik perhatianku yaitu booth berwarna kuning cerah dari IM3 Ooredoo. Maklum, pelanggan IM3 Ooredoo akutu.



Di booth IM3 Ooredoo, kita bisa ikutan ASMR Challenge di satu studio khusus yang telah disediakan. Apaan sih ASMR Challenge?


Tadinya aku juga belum tahu apa itu ASMR Challenge. Sampai akhirnya aku cari-cari info dan ternyata beberapa waktu ke belakang ASMR Challenge memang lagi rame di Youtube. Banyak konten kreator yang mengunggah video ASMR di channel Youtubenya.

ASMR sendiri adalah singkatan dari Autonomous Sensor Meridian Response. ASMR terdiri atas bunyi-bunyian atau suara yang dianggap menenangkan. Suara ini bisa berupa hasil dari gerakan atau gesekan pada benda-benda di sekitar kita, misalnya bisikan lembut yang melodius, suara gemericik air, bunyi orang mengunyah makanan, gesekan pena pada kertas saat seseorang menulis, dll.  



Aku ikutan ASMR Challenge di booth IM3 Ooredoo bareng mas Priyo dan mas Oni, kita jadi 1 tim gitu. 1 tim emang maksimal hanya boleh terdiri dari 3 orang. Nah, challenge buat tim kita yaitu m a k a n. Haha, bisa pas banget gitu dapetnya challenge buat makan.

Soalnya di dalam studio udah ada beragam perlengkapan buat support recording ASMR challenge, ada tisu, keripik, dan segala macam. Nah karena timku dapat challenge bikin suara saat makan, jadi kita bertiga ambil keripik. Aturannya simpel, kita cukup bikin suara selama 1 menit bermodalkan kripik yang tadi kita ambil dengan catatan suara yang kita hasilkan nggak boleh lebih dari 80 dB.

Sayangnya, ternyata suara tertinggi kita mencapai 81 dB. Walaupun tipis banget dari batas, tapi kita tetap dinyatakan gagal. Huhu. But it’s okay, rupanya kita tetap dapat hadiah!!!!. Yeay!!!.  Kita bertiga dikasih kartu perdana IM3Ooredoo berisi paket data. Mayan laaah.

Sebenarnya kalau misal kita berhasil nih ASMR Challengenya, kita bisa berkesempatan untuk dapat hadiah utama.


Collabonation, Freedom to Collaborate




Puas muterin booth sponsor, nggak kerasa akhirnya acara inti dimulai: performance dari Youtubers

Lengkap sih performance Youtubers di #YTFFID Jogja ini. Ada yang nyanyi musik pop yang bikin kita ikutan nyanyi bareng. Ada yang nampilin musik EDM yang bikin kita ajeb-ajeb. Ada juga yang bawain musik mellow bikin kita yang denger jadi ambyarr. Ada yang duet nyanyi lagu cinta-cintaan bikin kita baper. Ada juga yang collab nyanyiin lagu Maumere yang bikin kita ikutan putar ke kiri ee… nona manis putarlah ke kiri ke kiri ke kiri ke kiri dan ke kiri ke kiri ke kiri manisee…



Yang aku lihat, Youtuber yang perform di #YTFFID Jogja ini banyak yang saling berkolaborasi dengan Youtuber yang lain. Musisi Jogja Project dan Shalsabila Adriani, misalnya. Kolaborasi menjadi sebuah koentji. Ketika satu content creator kolaborasi dengan content creator yang lain hasilnya jadi lebih menarique.

Sama kayak movement dari IM3Ooredoo: Collabonation, Freedom to Collaborate. IM3Ooredoo mengajak kita terutama generasi muda buat bergerak menciptakan konten digital yang positif dengan berkolaborasi. Karena dengan kolaborasi, kita dapat berkembang dan belajar lebih cepat juga menghasilkan karya yang lebih maksimal.

Last…
Puas banget datang ke acara Youtube Fan Fest ini. Aku jadi bisa melepaskan segala penat pasca Latsar dengan jejingkrakan bareng, nyanyi bareng, seru-seruan bareng.




#YTFFID Jogja sukses mendekatkan content creator Youtube dengan subscribers setianya. Kita pengunjung yang datang bisa melihat langsung dan berinteraksi dengan mereka yang biasanya hanya kita lihat lewat layar. Nggak hanya nonton perform mereka, kita juga berkesempatan buat meet and greet dan foto bareng. Aku dapat wristband meet and greet bareng Ricis Official dari IM3Ooredoo. Makasih ya IM3Ooredoo. (Walaupun akhirnya wristbandnya aku kasih ke adek-adek di sebelahku yang kayaknya ngefans banget banget banget sama Ricis.)

Semoga tahun depan #YTFFID diadakan lagi ya di Jogja. Kalau boleh request sih pengennya yang datang bang Raditya Dika, Baim Wong, kak RIa SW sama Nex Carlos. Hihi. Ngarep mode on.

Share:

0 comments:

Post a Comment