Tuesday, November 19, 2019

Ketahui 5 Fungsi Kalkulator Berat Badan Ibu Hamil



Kalkulator berat badan ibu hamil tidak bisa sembarang disepelekan, karena jika dibiarkan atau diabaikan, akan berpengaruh pada kesehatan ibu dan janin. Mengapa? Karena dengan menggunakan kalkulator tersebut, Anda akan mendapatkan 5 manfaat seperti di bawah ini.

1. Tahu Usia Kehamilan

Waktu kehamilan seseorang adalah sekitar 38 minggu walaupun ada yang kurang dari waktu tersebut yang disebabkan karena faktor tertentu. Masa kehamilan tersebut terhitung dari masa pembuahan sel telur oleh sperma.

Akan tetapi, tidak semua wanita tahu sudah berapa lama kehamilan tersebut karena tidak tahu kapan terjadi pembuahan. Apalagi jika sering melakukan hubungan suami istri.  Untuk itulah, dengan pengukuran berat badan saat hamil, dapat diketahui berapa usia dari kehamilan yang sedang Anda jalani kali ini.

Hal tersebut tentunya akan menggembirakan terutama untuk Anda yang mengetahui jika waktu pembuahan tersebut terjadi saat Anda sedang berbulan madu seperti yang Anda inginkan.

2. Menghitung Waktu Kelahiran

Ketika kehamilan semakin membesar, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Misalnya, fisik, kemantaban hati, doa, biaya, perlengkapan untuk bayi dan juga nama. Jika ANda tidak tahu kapan bayi tersebut lahir, bisa-bisa Anda memaksakan diri Anda untuk melakukan atau memikirkan hal yang cukup berat yang bisa membahayakan Anda dan bayi Anda.

Sedangkan ketika Anda tahu kapan bayi tersebut lahir, maka Anda bisa mempersiapkan baik fisik ataupun mental dan keperluan yang lain. Untuk menghitung HPL, tidak hanya bisa menggunakan kalkulator berat badan ibu hamil, namun juga bisa menggunakan rumus neagele.

3. Tahu Berat Badan Ideal

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika berat badan akan sangat berpengaruh pada kesehatan baik untuk ibu ataupun bayi yang dikandung. Untuk itu, perlu adanya pemantauan apakah ada perubahan yang signifikan atau bahkan terlalu rendah ataupun terlalu besar. Jangan sampai ibu ataupun bayi mengalami gangguan kesehatan seperti darah tinggi ataupun diabetes selama kehamilan.

4. Tahu Berat Badan Bayi

Dengan menggunakan kalkulator berat badan saat Anda sedang hamil, tidak hanya akan tahu berapa kenaikan berat badan Anda namun juga berat badan dari bayi yang Anda kandung hingga proses melahirkan. Sehingga, dokter bisa menyarankan Anda untuk melakukan diet baik untuk menambah berat badan ataupun mengurangi agar bayi memiliki berat badan yang ideal.

5. Awal Trimester dan Akhir Trimester

Menggunakan kalkulator berat badan saat masa kehamilan berlangsung bisa membantu untuk tahu kapan masa trimester awal dan masa trimester akhir. Hal ini berkaitan dengan morning sickness yang biasanya terjadi di awal dan akhir kehamilan.



Dengan tahu waktu awal dan akhir kehamilan, maka baik Anda ataupun pasangan akan lebih bisa mengantisipasi perubahan yang terjadi karena hormon saat hamil.  Dengan tahu berat badan Anda lewat kalkulator berat badan ibu hamil, bayi Anda terhindar dari kelahiran prematur atau penyakit bawaan dan Anda bisa terhindar dari diabetes gestasional dan preeklamsia.

Preeklamsia sendiri merupakan komplikasi yang terjadi saat masa kehamilan yang ditandai dengan tingginya tekanan darah dan kerusakan organ. Seperti banyaknya kadar protein yang ada di urin.  Gangguan kesehatan ini muncul ketika memasuki usia ke-20 bahkan hingga bayi lahir.

Kondisi yang sering tidak disadari oleh ibu ini bisa berkembang ke kondisi medis yang sangat serius. Bahkan bisa mengancam keselamatan ibu dan bayinya. Karena itu, jika berat badan meningkat drastis dan tekanan darah mencapai 140/90 mm Hg atau lebih, maka perlu pemeriksaan rutin dan diet. 


Share:

0 comments:

Post a Comment