Gejala Yang Akan Muncul Pada Penyakit Herpes Kulit Serta Obat Penyembuhan


Herpes kulit atau herpes zoster merupakan penyakit yang ditandai dengan munculnya ruam pada kulit dan terasa sakit, atau yang sering diseu juga dengan cacar ular. Tentu saja herps kulit ini bisa diobati dengan obat antivirus dan Pereda nyeri untuk mnegatasi keluahan yang sering mucul. Harpes kulit diakibatkan oleh infeksi virus varicella zoster, yang mana samaseperti virus cacar air, oleh sebab itu herpes kulit dikenal sebagai herpes zoster. Sehingga harus dengan penganan sedini mungkin dan tepat, dan herpes kulit dapat sembuh dalam waktu dua hingga tiga minggu.


Gejala Yang Disebabkan Herpes Kulit


Memang herpes kulit bisa dialami atau menyerang siapa saja, khusunya bagi mereka yang sudah mengalami cacar air sebelumnya. Dan herpes kulit ini juga dapat beresiko pada orang yang mengalami system kekebalan tubuh yang lemah, seperti efek samping dari pengobatan kanker, penderita penyait autoimun dan masih ada lainna. Dan jika mereka yang pernah mengalami herpes kulit akan mengalami gejala penyakit herpes sebagai berikut.

Munculnya ruam hingga bercak kemerahan pada kulit yang terasa nyeri dan perih disalah satu sisi tubuh.
Muncul bentol atau lepuhan beriskan cairan yang mudah pecah
Kulit terasa gatal
Sakit kepala
Kelelahan
Demam
Mati rasa atau kesemutan pada kulit

Gejala-gejala tadi biasanya akan mereda sendiri dalam beberapa minggu kedepan, akan tetapi walaupun demikian kalian harus tetap dianjurjan untuk mendapatkan pengobatan agar herpes ini tidak menular kepada orang lain dan bisa meredakan gejala herpes yang akan mucul berikutnya.

Memang terdapat beberapa jenis obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit herpes ini secara penyembuhan full. Berikut ini beberpa jenis obat herpes kulit.


Pic from pexels.com

a. Obat Analgesik

Dengan pemberian obat ini bertujuan untuk meringankan rasa nyeri dan mengatasi peradangan pada kulit yang diakibatkan oleh herpes ini. Dan juga bisa meringankan rasa nyeri yang diakibatkan oleh herpes kulit, yang mana doktersendirilah yang akan membuat resep untuk obatnya berupa paracetamol dan ibuprofen.


b. Obat Antivirus

Untuk obat herpes kulit berupa obat golongan antivirus yang akan dipakai dokter sebagai resepnya berupa acyclovir, famciclovir, dan valacyclovir. Untuk sangat efektif dalam penggunaan obat ini memang harus diberikan paling lambat dalam tiga hari saat gejala herpes kulit muncul di tubuh kalian jadi jika kalian mengalami gejala yang diatas cepatlah datang ke doketer sehingga akan mudah pula penangananya dan tentu cepat untuk kesembuhannya.


c. Obat Antikonvulsan

Obat ini akan diberikan pada penderita herpes kulit, dimana obat ini seperti gabapentin bisa digunakan utuk mengobati rasa nyeri yang berpanjangan dari gejala herpes kulit yang berkepanjangan. Dan bisa mengatasi nyeri berat yang diakibatkan herpes kulit, sehingga dokter akan memberikan dan meresepkan beberapa obat ini.


d. Obat Pereda Gatal

Tentu saja dengan gejala gatel yang keluar dari herpes kulit, sehingga dokter akan meresepkan berbentuk salep atau bedak untuk di oleskan di area kulit yang terasa gatal dan perih.


Selain penggunaan obat tersebut kalian juga bisa meringankan dari gejala herpes  dengan cara, yang mudah untuk dilakukan dirumah seperti, mandi dengan air dingin atau di kompres diarea kulit yang terkena gejala, tidak menggaruk klit yang melepuh, beristirahat dengan cukup, dan tidak memceahkan lepuhannya karena jika itu dapat menularkan ke area tubuh lain yang tidak terinveksi.


Post a Comment

0 Comments