Lagi-lagi Bermasalah dengan Indihome, Episode: Tips Reset Password

Jumat (21/8). Hari ini sepertinya aku sedang diuji oleh Allah SWT. Tapi karena judul postingan kali ini tentang Indihome, jadi aku akan fokus dulu ke Indihome yang bermasalah di rumahku.

Masalah dan troubleshooting soal Indihome akan aku tulis di awal. Supaya jika ada yang mengalami masalah yang sama bisa mendapat referensi. Bagi yang mau tahu cerita lengkapnya bisa lanjut membaca sampai akhir post.

Permasalahan:

1. Lampu indikator internet di modem tidak menyala


Solusi: reset modem.

Caranya:

- Siapkan tusuk gigi/ jarum peniti/ SIM ejector hp/benda lain yang memiliki ujung runcing.

- Tekan dan tahan tombol reset pada modem menggunakan tusuk gigi/jarum peniti/benda lain di atas agak lama, lalu lepas.


- Tunggu beberapa saat, lampu indikator modem akan mati, kemudian menyala lagi.

- Apabila lampu indikator internet sudah menyala, maka koneksikan WiFi ke gadget menggunakan username dan password SSID yang ada di balik stiker modem.

- Apabila restart modem gagal, bisa melaporkan ke menu Bantuan > Pengaduan Layanan di aplikasi MyIndihome

2. Tidak bisa terhubung ke WiFi karena password salah

Rupanya jika kita melakukan reset modem, maka password kita juga akan ter-reset. Bagi yang pernah melakukan perubahan password, perlu dicatat bahwa password ter-reset ke password awal (saat pertama kali pasang WiFi).

Bagaimana jika kita lupa password awal kita?.

Kita bisa ubah password melalui pengaturan jaringan di 192.168.1.1 dengan catatan: kita harus terhubung ke jaringan terlebih dahulu. 

Caranya:

- Hubungkan kabel LAN pada modem ke port LAN pada laptop/komputer kita. Nyalakan.


- Pastikan laptop/komputer kita telah terhubung dengan jaringan.

- Buka web browser (contoh: Chrome, Firefox, Microsoft Edge, dll). Pada URL, ketikkan “192.168.1.1”


- Akan muncul form login untuk memasukkan username dan password

- Ambil modem, periksa informasi login default yang ada di stiker bagian belakang modem.


- Masukkan username dan password sesuai informasi pada stiker modem di atas. 

Contoh: username = user, password = user1234


- Tampilan setelah berhasil login



- Masuk ke Menu Netwok > Wlan Settings > Advanced

SSID Name: untuk mengatur nama jaringan WiFi kita

Passphrase: untuk mengatur password jaringan WiFi kita.


Sekarang sudah tahu password WiFinya apa setelah tereset kan?. Tinggal memasukkan password di atas di gadget kita deh untuk menghubungkan ke WiFi. 

Mudah bukan?.

================================================

Nah, sekarang bagian curhatnya. Ada cerita panjang sebelum akhirnya aku bisa menyelesaikan masalah WiFi rumah ini.
Gini....

Sekitar 3 dini hari, aku terbangun. Di luar tampaknya angin bertiup kencang. Karena tidak bisa tidur lagi, akupun main hp. Nggak beberapa lama setelah itu, tiba-tiba listrik padam. Sudah kali kelima listrik padam malam ini. Tapi hanya sebentar sekali. 5 detik kemudian listrik sudah nyala lagi.

Aku melanjutkan main hp. Barulah kusadari, kok wifinya konek tapi nggak ada koneksi ya?. Berhubung malas keluar untuk restart modem, ya sudah aku pakai paket data. Kemudian aku tidur lagi. Wqwq.

Singkat cerita, pagi harinya aku cek koneksi internet. Ternyata masih sama seperti dini hari tadi. Bisa terhubung ke koneksi wifi, tapi tidak bisa terhubung ke koneksi internet. 

Percobaan solusi 1: Cek modem

Benar saja, lampu indikator internet tidak nyala. Yang menyala hanya lampu indikator power, WLAN, LAN. Aku coba matikan modem, cabut kabel, menunggu 5 menit (seperti biasanya untuk restart modem). Tapi, lampu indikator tetap tidak nyala. 

Masalah belum terselesaikan.

Percobaan solusi 2: telpon petugas Indihome Magelang.

Di postinganku yang sebelumnya aku pernah tulis juga nomor telpon petugas Indihome area Magelang ini. Sepertinya nomor ini terhubung ke petugas teknis, jadi troubleshootingnya jelas dan cepat.

Akupun mencoba menghubungi nomor itu lagi. Sepertinya nomor kantor karena depannya kode area (0293). Telepon berdering, sayangnya tidak ada yang mengangkat panggilan tersebut. Sudah aku ulangi beberapa kali pun tetap tidak ada jawaban. Ya sudahlah. Beralih ke cara lain saja.

Percobaan solusi 3: buka menu Bantuan pada aplikasi MyIndihome

Aku pun buka aplikasi MyIndihome dan membuka menu Bantuan. Aku pilih menu Pengaduan Layanan. Saat aku cari solusi untuk internet mati, di situ disebutkan untuk reset modem.

Caranya (seperti yang tertulis di aplikasi): tusuk lubang reset di modem dengan tusuk gigi beberapa saat, tunggu hingga lampu mati dan menyala lagi. Aku pun mengikuti petunjuk tersebut. Setelah beberapa lama, tetap saja lampu indikator internet belum menyala.

Akhirnya aku melanjutkan proses pengaduan layanan di menu Bantuan MyIndihome. Aku tuliskan kronologisnya. Kemudian dari sistem ada notifikasi bahwa petugas akan datang pada pukul 13.00-15.00.

Lagi-lagi aku pikir, ya sudah lah ya. Tunggu petugasnya datang aja. Akupun melanjutkan aktivitas lain (nonton drama, -red)

Masalah baru

Sekitar sejam setelah itu, aku coba cek hp, siapa tahu koneksi internetnya sudah bisa. Eh, rupanya hpku malah nggak bisa konek ke wifi. Setiap memasukkan password selalu tulisannya: password salah. Lah?.

Rupanya masalah ini tidak hanya berlaku bagi hpku. Di gadget yang lain mulai dari tablet, laptop, hp mama sampai hp dapul juga nggak bisa konek wifi. 

Aku cek modem, lho, lampu indikator internetnya malah udah nyala!.

Tapi kok malah nggak bisa konek ke Wifi, njuk gimana?.

Akupun tanya ke cs Indihome di Twitter. Gimana caranya biar bisa konek ke Wifi kalau passwordnya salah. Dapat balasan sih dari admin, tapi lama buangettt. Ada kali 2 jam baru dibalas. Pas dibalas oleh admin, eh di rumah malah ada pemadaman listrik. Pemadaman listriknya lama pula, dari pukul 10.30 sampai 17.30an. 7 jam.

Aku masih mikir, ya sudah nanti kalau petugas datang bisa tanya caranya. 

Ternyata sudah ditunggu-tunggu petugasnya nggak datang. Oke. Bhaiq.

Di situ aku mulai uring-uringan. 

Karena balasan di Twitter lama, aku coba telepon 147. Siapa sangka telepon 147 merupakan pilihan yang salah!. Pertama, kita akan lama terhubung ke bot. 3 menit pertama habis untuk pilihan: tekan 1 untuk layanan dalam bahasa Indonesia, tekan 1 untuk pelanggan Indihome, tekan 2 untuk pengaduan layanan internet, masukkan nomor pelanggan, dll. 1 menit berikutnya habis untuk menunggu tersambung ke cs. Akhirnya setelah bisa terhubung ke cs, saat aku ngomong, eh mbak csnya bilang, “Halo.... halo?”. Rupanya doi nggak bisa denger suara uwe!. Astagaaaa.

Emosi, ku matiin aja. Daripada ngabis-ngabisin pulsa.

Singkat cerita listrik udah nyala lagi. Tapi lagi-lagi, koneksi internet belum juga balik. 

Aku kepikiran, apa jangan-jangan passwordnya kereset jadi password default ya?. Aku lihat deh tuh stiker di bagian belakang modem, kan ada informasi password defaultnya. Sayangnya pas aku isiin di hp, ternyata passwordnya salah. Bahkan password default pun salah. I have no idea what password is on.

Then, aku pun inisiatif ambil laptop, aku cabut kabel LAN di modem (yang tersambung ke receiver TV), terus aku colokin ke laptop. Logikaku waktu itu:

Laptop nyambung lewat LAN, buka 192.168.1.1 (setting modem), lihat passwordnya apa (karena aku kan nggak tahu password yang kereset ini jadinya password apa), beres.

Tapi nggak semudah itu dooong Ferguso. Laptopku nggak bisa nyambung ke jaringan LAN!. Tak utak-atik adapter settingsnya, nggak ada yang bermasalah seharusnya. Hadeeeh bingung.

Setelah sekian menit... eh tiba-tiba udah bisa konek ke jaringan LAN. Entah kenapa!!?. Aku juga nggak inget aku apain aja sampai jadi bisa konek.

Ya udah, step berikutnya aku buka web browser dan buka IP 192.168.1.1. Muncul form login dong. Nah, masalah baru muncul lagi.... username dan passwordnya salah!.

Aku coba masukkan, username: user, password: user. Salah. 

Username: admin, password: admin. Salah juga.

Username: username-yang-aku-pernah-buat, password: password-yang-aku-pernah-buat-juga. Masih salah lagi. 

Oh myyyy.....

Aku bingung banget di titik ini. Soalnya:

1. CS di Twitter balasannya lama banget. Udah gitu, petunjuk yang dikasih dari cs Twitter nggak jalan waktu aku coba. Mungkin kalau Bu Tejo tahu, doi akan bilang, “PIYEEE EEE CS E KI. DADI CS KI MBOK SEK SOLUTIP, KOYOK AKU”. 

Gemas.

2. Aku coba berkali-kali buka menu Bantuan di aplikasi MyIndihome tapi nggak terhubung-hubung juga. Loadiiiiiing terus. 

Kesal.

3. Aku coba telpon ke CS (lagi) di 147, tapi nggak juga bisa nyambung ke cs manusia. Pulsaku abis, tapi nggak dapat apa-apa karena telponnya cuma nyambung ke bot!.

Haiiissssh.

Akhirnya aku pasrah. Aku bilang ke Mama, “Panggil mas-mas teknisi yang dulu masang ini aja deh ma”. 

Pas udah pasrah itu, tiba-tiba aku kepikiran, “Lho, kenapa aku nggak nyoba masukin username dan password default ya?”.

Akhirnya aku buka laptop lagi, buka browser, buka 192.168.1.1. Aku cek username dan password default di belakang modem. Aku masukkan di browser, username: user, password: user1234.

Gotcha!. Bisa!!!!.

Ya Allah.... ya Rabb.... pengen nangis...

Aku merasa jadi orang paling bodoh sedunia. Kenapa nggak dari tadi, huhuhu.

Setelah bisa login, aku pun ganti password. Kemudian aku konekkan ulang gadgetku ke jaringan dengan password yang baru. Bisa konek lagi deh.

Ya udahlah ya, yang penting internet udah balik. Huhu. 

 

Post a Comment

1 Comments

  1. semangat para pengguna indihome, harus tetap sabar dan berusaha ya :')

    ReplyDelete