Tips Mengelola Keuangan Bisnis dengan Cerdas

Menjadi pebisnis yang cerdas, cerdik, dan sukses adalah ia yang bisa menguasai manajemen keuangan dengan sebaik mungkin. Pebisnis yang cerdas bukan hanya tentang memiliki pemikiran bisnis yang hebat, seperti menemukan celah di pasar, melihat ide yang layak secara komersial, atau mencari peluang yang menguntungkan sebelum orang lain melakukannya. Ya, pebisnis yang sukses adalah paham tentang manajemen keuangan yang baik.

Pebisnis harus bisa mengakhiri bisnis dengan baik bahkan sebelum tahun pertamanya dimulai. Berikut adalah cara efektif untuk mengelola keuangan bisnis kita dengan lebih baik di tahun ini.

Panduan Manajemen Keuangan Bisnis dengan Baik

1. Bayar Pajak Tepat Waktu

Saat memikirkan cara untuk mengelola keuangan bisnis kita dengan lebih baik, cara utama untuk memulai adalah mengawasi semua dokumen hukum kita, termasuk pajak bisnis. Ini bukan hanya tentang memastikan kita dapat menyelesaikan SPT, dan melakukannya dengan benar dan tepat waktu, namun juga untuk menghindari penyelidikan pajak dan denda. Jadi pastikan kita membayar pajak secara tepat waktu, ya!

2. Buat Anggaran Arus Kas

 Penyebab umum kegagalan bisnis adalah karena masalah arus kas. Menurut data penelitian, setidaknya ada 29% startup gagal karena kehabisan uang tunai. Menguasai arus kas dapat membantu mencegah hal ini.  Fokus utama arus kas yang harus diperhatikan perusahaan adalah berkisar dari pendapatan penjualan dan prakiraan keuangan, hingga biaya barang dan biaya operasi.

Memiliki anggaran arus kas dapat membantu mengelola bidang-bidang ini dan memastikan ada uang yang tersedia untuk menutupi kebutuhan dengan nyaman entah itu hal-hal seperti pengeluaran atau pendapatan pasar.

3. Melacak Pemasukan dan Pengeluaran


Melacak semua pemasukan dan pengeluaran bisnis kita adalah cara lain untuk membantu manajemen keuangan perusahaan kita dengan lebih baik. Pemasukan kita mencakup hal-hal seperti pembayaran klien dan pekerjaan kontrak, serta pekerjaan kecil sekali saja.

Kita juga harus melacak pengeluaran bisnis termasuk tagihan, pembayaran kepada pemasok, dan cicilan bulanan untuk pinjaman. Melacak ini membantu mengelola keuangan dan mengikuti tenggat waktu pembayaran bulanan.

Menyiapkan jadwal berbayar dapat membantu dalam hal ini. Kita dapat mencantumkan berapa banyak kita berhutang, kepada siapa, untuk apa dan kapan. Penting untuk meninjau pengeluaran Anda secara rutin untuk melihat apakah pengeluaran tersebut dapat disusun untuk mengelolanya dengan lebih baik.

4. Catat Semua Pengeluaran

Photo by picjumbo.com from Pexels


Mencatat keuangan bisnis bukan hanya tentang mengetahui berapa banyak uang yang dihabiskan untuk pengeluaran dan untuk apa, setiap minggu atau bulan. Catatan keuangan setidaknya dapat membantu kita melihat pola pengeluaran yang lebih tinggi atau lebih rendah sehingga bisa lebih mengontrol keuangan kita.

Dengan catatan keuangan, kita dapat mencari cara untuk mengetahui apakah kita dapat mengurang anggaran bisnis atau tidak. Anggaran yang bisa dicatat dapat berkisar dari biaya perjalanan untuk bertemu dengan klien, hingga biaya bahan dan pencetakan untuk pemasaran.

Mau manajemen keuangan kita menjadi lebih terorganisir dengan baik? Unduh saja aplikasi Buku Kas. Aplikasinya mudah digunakan dan tentunya gratis!

 

Post a Comment

0 Comments