Keutamaan Amalan Dzikir Pagi dan Petang Bagi Umat Muslim

 

Dzikir pagi dan petang adalah salah satu amalan yang patut ditunaikan oleh umat muslim setiap harinya karena mengandung banyak manfaat.

Dengan mengamalkan dzikir pagi dan petang akan membuat diri kita lebih bersemangat, dimudahkan Allah SWT dalam segala urusan, dijauhkan dari berbagai macam bahaya, dan masih banyak manfaat lainnya.

Pic from Pexels.com


Atas sejumlah manfaat tersebut, waktu yang paling tepat untuk membaca dzikir pagi dan petang adalah mulai dari masuk waktu subuh hingga matahari terbit dan mulai maghrib hingga pertengahan malam. Terdapat sederet manfaat dan keutamaan yang bisa didapatkan dari membaca dzikir pagi dan petang, diantaranya yaitu :

1.       Mendapatkan Kasih Sayang Allah

Manfaat berdzikir di pagi dan petang hari yang pertama adalah mendapatkan kasih sayang Allah SWT. Karena diwaktu tersebut kebanyakan manusia terlena atas anugerah Allah SWT yang diberikan kepada seluruh alam.

2.       Mendapatkan Perlindungan Allah SWT

Dengan berdzikir di pagi dan petang hari juga akan membuat diri kita senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, Tuhan Semesta Alam.

3.       Mendekatkan Diri Dan Selalu Diingat Oleh Allah SWT

Membaca dzikir pagi dan petang juga akan membuat diri kita menjadi makin dekat dengan Sang Pencipta dan menjadi alternatif utama untuk mengingat Allah SWT. Karena itu, dengan berzikir di pagi dan petang hari maka kita akan mengingat Allah SWT, dan Allah SWT pun senantiasa mengingatnya.

4.       Diampuni Dosanya

Rasulullah SAW selalu mengerjakan dzikir pagi dan petang serta menganjurkan hambanya untuk melakukan hal yang sama agar selalu diampuni segala dosanya. Karena setiap harinya manusia tidak akan terlepas dari dosa. Karena itu, beristighfar merupakan cara menghapus dosa yang sudah dilakukan.

5.       Dijanjikan Surga

Barang siapa yang membaca dzikir di pagi dan petang hari, maka akan dijanjikan sebuah tempat di surga untuknya kelak.

6.       Memberikan Rasa Tenang

Jika kita dalam keadaan berdzikir di waktu pagi dan petang, maka Allah SWT akan memberikan rasa tenang didalam hati kita.

7.       Pahala Seperti Haji Dan Umrah

Jika kita berdzikir di waktu pagi dan petang hari, maka kita akan mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah secara sempurna. Karena, dzikir pagi dilakukan setelah selesai menunaikan sholat subuh hingga matahari terbit (waktu Dhuha).

8.       Amalan Yang Disukai Rasulullah SAW

Berdzikir pagi dan petang adalah amalan yang paling disukai oleh Rasulullah SAW, bahkan keutamaannya diibaratkan lebih daripada memerdekakan seorang budak.

9.       Amalan Paling Baik Di Mata Allah SWT

Rasulullah SAW memprioritaskan sebuah amalan yang paling baik dimata Allah SWT, yakni berdzikir. Karena itu, berdzikir di pagi dan petang hari termasuk amalan yang paling baik dimata Allah SWT.

10.   Mendapatkan Anugerah Bersabar

Dengan berdzikir di pagi dan petang hari juga membuat Allah menganugerahkan kesabaran kepada seorang hamba dalam menghadapi segala ujian dan cobaan.


Adapun bacaan dzikir pagi dan petang yang bisa diamalkan yaitu :

·         Bacaan Dzikir Pagi

Bismillahilladzii laa yadhurru ma’asmihi syai-un fil ardhi wa laa fissamaa-I, wa huwassamii’ul ‘alimm.

Artinya :

“Dengan nama Allah, yang bila nama-Nya disebut, segala sesuatu yang berada di bumi dan di dilangit tidak akan berbahaya, Dialah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”


·         Bacaan Dzikir Petang

A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim.

Artinya :

“Aku berlindung kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dari setan yang terkutuk.”

Kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Al – Fatihah.

Post a Comment

0 Comments