Friday, November 8, 2019

Kenangan Masa Laporan Aktualisasi Bersama Latsar CPNS Angkatan 227

7 November 2019

"Angkatan 227 jumlah 40 orang, lulus semua"



---

Perlu waktu lebih dari 2 bulan untuk mendengar pengumuman ini. 2 bulan yang penuh cerita.

Berawal dari pengumuman latsar untuk periode 23 yang ada di grup Telegram CPNS Provinsi Jawa Tengah. Lalu mulailah berkumpul 40 orang asing yang saling berkomunikasi via grup chat.  Hingga tiba saatnya masa on campus di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah, Srondol, Semarang.

Selasa, 3 September 2019, adalah kali pertama kali kita bertatap muka dengan satu sama lain. Berjabat tangan sambil memperkenalkan nama kepada teman-teman yang baru kita temui. Canggung. Mungkin adalah kata yang menggambarkan perasaanku kala itu.

Hari demi hari kita lewati bersama.

Bangun pagi. Olahraga pagi. Apel pagi. Bela negara. Baris sebelum makan. Materi dari pagi sampai petang. Apel malam. Berjibaku dengan Rancangan Aktualisasi. Bercengkerama di kamar. Ah, diperlukan banyak kata untuk menceritakan semuanya.

Baca juga: Pengalaman Latsar CPNS Provinsi Jawa Tengah

Lalu pada hari Jumat, 27 September 2019,  kita berpisah sejenak untuk melaksanakan kegiatan aktualisasi dan habituasi off campus di instansi masing-masing selama +- 1 bulan.

Tak terasa, Senin, 4 November 2019, kita kembali ke asrama Sindoro untuk memulai masa on campus II. Beda dengan sebelumnya, kali ini kita datang dengan berbekal laporan aktualisasi yang siap untuk diseminarkan di hadapan mentor, coach, dan narasumber.

Selasa, 5 November 2019

Kita yang terbagi menjadi 4 kelompok, berkonsultasi dengan coach kelompok masing-masing. Sejujurnya, aku merasa sangat bersyukur "mendapat" coach Bapak Surata yang sangat baikkk kepada kami.

Bimbingan kelompok 1 bersama coach Bapak Surata

Cetak laporan aktualisasi di tempat fotokopi depan Polines

Rabu, 6 November 2019

Adalah jadwal kami peserta latsar angkatan 227 untuk melaksanakan seminar Laporan Aktualisasi. Kelompok 1 mendapat narasumber yang sama, ibu Dr. Ir. Enny Karnawati, M. Si. Alhamdulillahirobbil alamin... lagi-lagi kami mendapat kemudahan. Seminar hari itu berjalan dengan lancar dan selesai tanpa banyak revisi. 

Usai seminar LA bersama mentor, Ibu Jumiyati

Siang hari, seminar LA kami telah usai. Kami pun bisa kembali ke kamar untuk istirahat siang sebentar. Persiapan karena malam harinya akan ada acara inagurasi.

Benar saja. Inagurasi kami sangat asik!. Walaupun sepi karena kami satu-satunya penghuni di asrama Sindoro, tapi tak mengurangi kebersamaan kami malam itu.

Sambutan dari Pak Adil selaku perwakilan Binsuh. Pemotongan tumpeng dan makan bersama. Foto bersama. Saling peluk dan salam. Games. Tukar kado silang. Kuis. Saling tulis pesan dan kesan. Kemudian ditutup dengan bernyanyi.

Malam itu sungguh menyenangkan. Love you semuanya....

Mb Bella, mb Ima, mb Ilmi, mb Intan, mb Nisa, mb Marfu, mb Rohmah, mb Yukhe, mb Rinda, mb Alfi, mb Wirda, mb Puspa, mb Dian, mb Dzika, mb Dewi, mb Helen, mb Karim, mb Iva, mb Tri, mb Fero, mb Elma, mb Risni, mb Ida, mb Amal, pak Heru, pak Imam, pak Akta, pak Sungging, pak Bima, pak Ben, pak Muksin, pak Erri, pak Angga, pak Diki, pak Budi, pak Ojan, pak Husin, pak Satria, pak Firdaus...






























Share:

0 comments:

Post a Comment