Periode Emas Tumbuh Kembang Anak

Berkecimpung di dunia pendidikan membuatku harus selalu belajar. Bukan hanya seputar materi ajar (yang terus berkembang dan berganti sepanjang waktu T.T), tapi juga tentang seluk beluk pendidikan itu sendiri.  

Misalnya...

Pentingnya Membentuk Karakter Anak Sejak Kecil

Ada banyak orang yang bilang jadi guru SMA itu enak, karena anak-anak didiknya sudah besar jadi gampang diatur. Apakah iya?. Ya, belum tentu. Karena menurut pengalamanku sendiri, mengajar anak SMA yang notabene sudah memasuki usia remaja itu lebih challenging.

Anak yang sudah beranjak besar justru lebih sulit diatur lho. Ibarat adonan, anak usia SMA itu sudah terbentuk, udah mau matang nih dia. Kalau mau diubah ya udah susah. Karena anak sudah mulai menemukan jati dirinya.

Beda dengan anak kecil yang masih bisa "dibentuk" mau jadi apa. Istilah "dibentuk" di sini maksudnya diajari dan diarahkan gitu ya. Kalau ingin anak kita menjadi anak yang sopan, rajin, disiplin, dll, ya harusnya dibentuk ketika dia masih kecil. Jangan malah kebalik. Pas anak masih kecil, orang tua membiarkan perilaku anak yang salah dengan dalih, 

"Namanya juga anak-anak..."

atau

"Nanti kalau sudah besar juga tahu sendiri..."

No... It doesn't work that way.

Ajari dan arahkan anak tentang hal-hal yang benar sedari dia kecil. Jadi ketika dia beranjak besar, dia tumbuh dengan membawa nilai-nilai itu. 

Aku ada potongan video dari @rensiasanvira, konselor anak dan pernikahan yang aktif bikin konten tentang parenting di Tiktok. Kak @rensiasanvira juga pernah membahas masalah seperti yang aku tulis di atas.



Golden Period bagi Anak

Jadi.... kapan waktu terbaik untuk "membentuk" anak kita?. 

Yap, betul, ketika anak masih di usia kanak-kanak

Kalau dari teori pendidikan, usia anak itu dibagi menjadi 3 masa:

  • Masa kanak-kanak, yaitu usia 1 - 7 tahun
    • Cara mendidik anak di usia ini yaitu dengan memberi contoh dan pembiasaan (teladan)
  • Masa pertumbuhan jiwa dan pikiran, yaitu usia 7 - 14 tahun
    • Cara mendidiknya dengan memberikan tanggung jawab / kewajiban yang jelas melalui perintah, paksaan hingga hukuman (secara terukur) jika anak melakukan kesalahan.
  • Masa sosial-period atau terbentuknya budi pekerti, yaitu usia 14 - 21 tahun.
    • Cara mendidiknya dengan cara laku dan membersamai anak dalam mendapatkan pengalaman lahir dan batin.


Dari sisi agama, hal ini selaras dengan ajaran Rasulullah, yang mengajarkan cara mendidik anak sebagai berikut:

Usia 0 - 6 tahun >>  perlakukan anak sebagai raja

Usia 7 - 14 tahun >> perlakukan anak sebagai tawanan perang

Usia 15 - 21 tahun >> perlakukan anak seperti sahabat

Nah, kalau dari sisi kesehatan, ada ni istilah Golden Period atau Golden Age.

Golden period atau periode emas adalah momen pertumbuhan dan perkembangan paling penting pada awal kehidupan anak. Pada masa ini, perkembangan kecerdasan anak terbentuk dengan sangat pesat. Sehingga bisa dikatakan, golden period memegang peran penting sebagai bekal anak di masa depan.

Golden periode meliputi 1000 hari pertama kehidupan (HPK) anak yang dihitung dari masa dalam kandungan sampai dengan usia anak mencapai dua tahun. Ada juga yang menyebutkan bahwa golden periode anak yaitu sejak usia 0 - 5 tahun. 

Pada masa ini, orang tua memegang peran penting untuk memberikan bekal bagi anak di masa depan. Bekalnya berupa 1) mengajarkan hal-hal yang baik dan benar, serta 2) memastikan kebutuhan nutrisi anak tercukupi. Kalau mau anak kita "pintar", jangan lupakan asupan makanan dan minuman bergizi untuk anak setiap harinya. Salah satu caranya bisa dengan memberikan Susu Morinaga Platinum.

Susu Morinaga Platinum

Morinaga Platinum merupakan susu formula (sufor) dengan nutrisi lengkap yang diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan terbaik bagi anak. Morinaga Platinum dilengkapi formula MoriCare Triple Bifidus dengan kombinasi 3 bakteri baik untuk melindungi kesehatan saluran cerna dan memperkuat daya tahan tubuh.

Untuk meningkatkan Kecerdasan Multitalenta Si Kecil, Morinaga Platinum dilengkapi dengan:

  • Alfa Laktalbumin untuk mengasah kemampuan berpikir, 
  • AA & DHA untuk mempercepat daya tangkap, 
  • Kolin untuk memperkuat daya ingat, Omega 3 & 6 sebagai asam lemak esensial, 
  • Zat Besi yang dapat meningkatkan konsentrasi belajar, serta
  • Morinaga Platinum mengandung vitamin dan mineral yang bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil.

Berdasarkan usia, setiap anak memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda sesuai proses pertumbuhannya. Maka dari itu, susu formula yang dikonsumsi anak harus memiliki kandungan lengkap agar tumbuh kembangnya optimal. 

Morinaga Chil Kid Platinum cocok untuk anak berusia 1-3 tahun. 

Lalu, dilanjutkan dengan Morinaga Chil School Platinum untuk anak hingga usia 12 tahun.

Jadi... sebagai orang tua, kita bisa memberikan bekal terbaik bagi anak dengan menyediakan support system menyeluruh, yaitu secara psikis (teladan, ajaran) maupun fisik (asupan nutrisi). Karna #WaktuTakBisaKembali ...






Post a Comment

3 Comments

  1. Boleg juga nih behind story nya. Lanjutkan

    ReplyDelete
  2. Bener banget Dis, aku setuju usia 7-14 tahun tuh bocah lagi aktif2nya eksplore ya eksplore dan penasaran sama hal baik tapi juga penasaran sama hal buruk. Adik aku usianya 14 tahun tuh aku pantau terus masalahnya temen2 seusianya udah mulai coba2 rokok ampunnnn dehhh, apalagi lagi masa pubertas juga kan. Makanya aku tuh overprotektif. Btw susu morinaga platinum ini udah jadi salah satu brand yang aku riset jugaaa hahahha persiapan kalau punya anak di masa depan😁😁😁😁😁

    ReplyDelete