Saturday, September 29, 2012

,

Pelatihan Pendidikan Karakter Mahasiswa UNY day #1

Sabtu (22 September) kemarin aku dapet undangan buat ikut acara ini di GOR UNY. Yang diundang mahasiswa perwakilan jurusan gitu, jd agak rame orangnya. Hampir semua aku kenal. Ada Arif, Ari, Adit, Rasyid, Riyan, Imron, Divin, Hanifah, Eka, Diyan, Revan, mas Kholis, mas Lilik, mas Ade, mbak Arini, mbak Nur, mas Rizal, mas Wafda, dll. Kita diundang jam 7 jadi sebelumnya kita udah sepakat buat kumpul dulu jam 06.45 di PKM. Tapi apa mau dikata saudara, jam sekian aku berangkat dan belum ada yg dateng. Ngek. Yang ada malah Adit yang lagi bobok ganteng di sekre hima. Hoho

Setelah akhirnya manusia-manusia yang dateng cukup banyak, kita berangkat deh ke GOR bareng-bareng. Sampe di sana, kita disambut sama Pak Budi sama ibuk-ibuknya KPLT coy. Waw abis. Mereka yang biasanya garang, pagi itu menyambut kita dengan begitu ramahnya. Ahiirr. Kita juga dapet map plus alat tulis sama snack gitu. Anak-anak pada girang riang, maklum udah biasa idup susah.

Abis itu kita masuk ke dalem GOR gara-gara udah disuruh sama ibuk-ibuknya. Baru dari luar dan aku liat anak-anak yang dateng duluan pada duduk lesehan di bawah dan ada bapak-bapak pake seragam ijo item khas prajurit nyuruh kita cepet-cepet. Hati aku mencelos gitu deh saat itu juga, perasaan jadi nggak menentu (aelah). Padahal awalnya aku mikir acara di GOR hari ini bakal kayak seminar yang so bored. Eh la kok tau-tau kita yang baru dateng langsung disuruh ngabisin snack kita. Pokoknya harus makan dan diabisin saat itu juga. Pasti ada sesuatu yang nggak beres ni kalo kayak gini. Perasaan ku jadi nggak enak. Trus pas aku iseng-iseng ngeliat di layar kan ada tulisan tema acaranya. Aku perhatiin ada kata-kata Tangguh, Ksatria, Daya Juang Tinggi. Mmmm, makin menambah kecurigaan.

Abis itu ada pengkondisian, bla bla bla terus dilanjutin sambutan Ketua Panitia sama pembukaan dari Pak Rektor. Pak Jumadi (as Ketupat) sama Pak Rektor akhirnya menguatkan analisis aku. Beliau bilang kalo hari ini kita bakal dapet pelatihan sama Bapak-Bapak Kopassus biar kita jadi tangguh bla bla bla itu tadi. Kita harus kuat, ambil hikmahnya, nenangin kita kalo sebenernya bapak Kopassus baik hati, dll, dll gitu lah inti sambutan dari beliau-beliau.

Pelatihan dimulai. Bapak Kopassus ambil alih sama ngasih instruksi. Suasana udah mulai berubah jadi hitam gitu (kalo ini lebay nya aku doang sih :/ ). Acara pertama kita disuruh senam, kata bapak komandan, biar senam ini cepet selesai kuncinya adalah "konsentrasi". Apa maning kuwek ??. Gerakan senamnya sih lucu, kiyut abis. Kita cuma disuruh ngitung satu dua tiga satu, satu dua tiga dua, dst dengan ketentuan ini ini ini. Awalnya sih masih mencari-cari ini senam maksudnya apa. Ternyata pas agak lama, baru deh kita ngerti yang dimaksud "butuh konsentrasi" itu apa. Mihik :'(

Next, kita dilatih PBB. Unluckly, barisan aku dapet bagian latihan di lapangan luar GOR. Owh no !!. Kebayang lapangan yang panas, berdebu, PBB yang bikin capek, iuuch *sok manis manja*. Tapi karena emang ini biar kita jadi tangguh, ya sok deh diikutin aja. PBB nya sih standar aja, hadap kanan, hadap kiri, balik kanan, lencang kanan, lencang depan. Yang bikin nggak biasa itu.. ada 1 bapak Kopassus yang instruksinya absurd. Masa' gini ni, "Pada malas-malas semua ini, PBB aja pada malas ini", "Apa kamu keliatan giginya, saya cabut ni giginya semua", "Ini baris nggak bisa lurus, saya kasih makan linggis aja", "Apa kamu ketawa-ketawa ? Saya kasih makan batu ni". Ahahaha, bukannya nyeremin yang ada malah bikin kita makin ketawa dong pak. Absurd bener. Mana dia ngomongnya diulang-ulang sampe banyak kali. Dan nada ngomongnya dia tu unik, jadi makin lucu aja, sumpe.

Skip, abis bercapek2 akhirnya waktu buat istirahat sama makan dateng juga. Gelo, laper coy. Kita dapet makan enak gitu, judul kateringnya 3berku (ahaha, gila ngemat banget). Menunya enak deh pokoknya, bisa bikin ngiler. Tapi nggak tangguh apa yak namanya kalo hidup enak. Masa' kita cuma dikasih waktu makan 7 menit coba buat ngeabisin makanan sebanyak itu ?? hua hua hua. Nggak menikmati.

Abis makan, sholat, lanjut acara lagi. Sekarang acaranya diisi materi tentang "Wawasan Kebangsaan". Nothing special sih. Berhubung aku ngantuk, jadi waktu itu hampir sebagian materi aku tinggal tidur. Yang aku perhatiin, slide yang dibuat itu kesannya alay banget, full color ditambah tulisannya pada disingkat-singkat. Dilaksanakan aja jadi dilaks, dll.

Selese materi, ternyata acara kita juga selese. Tapi sebelumnya kita diajak nyanyi-nyanyi sama adu yel-yel. Nyanyiannya nggak kalah absurd. Kayak gini ni :
"dubidubidamdam dubidaredam..
..arena berjeng jeng..
..berjengjeng mereketebehem..
..kamilah UNY.." :3

But, asik abis. Pas penutupan semua bapak Kopassus perkenalan sama minta maaf. Waktu Pak Komandan tanya siapa kopassus favorit kita, mayoritas langsung jawab : "PAK CABUT GIGI". Woaa ngawur. Penutup lain yang manis yaitu foto bareng temen-temen sepleton sama bapak-bapak Kopassus. Mmm, kira-kira kalo mau minta fotonya ke mana yaa ??
Sabtu (22 September) kemarin aku dapet undangan buat ikut acara ini di GOR UNY. Yang diundang mahasiswa perwakilan jurusan gitu, jd agak rame orangnya. Hampir semua aku kenal. Ada Arif, Ari, Adit, Rasyid, Riyan, Imron, Divin, Hanifah, Eka, Diyan, Revan, mas Kholis, mas Lilik, mas Ade, mbak Arini, mbak Nur, mas Rizal, mas Wafda, dll. Kita diundang jam 7 jadi sebelumnya kita udah sepakat buat kumpul dulu jam 06.45 di PKM. Tapi apa mau dikata saudara, jam sekian aku berangkat dan belum ada yg dateng. Ngek. Yang ada malah Adit yang lagi bobok ganteng di sekre hima. Hoho

Setelah akhirnya manusia-manusia yang dateng cukup banyak, kita berangkat deh ke GOR bareng-bareng. Sampe di sana, kita disambut sama Pak Budi sama ibuk-ibuknya KPLT coy. Waw abis. Mereka yang biasanya garang, pagi itu menyambut kita dengan begitu ramahnya. Ahiirr. Kita juga dapet map plus alat tulis sama snack gitu. Anak-anak pada girang riang, maklum udah biasa idup susah.

Abis itu kita masuk ke dalem GOR gara-gara udah disuruh sama ibuk-ibuknya. Baru dari luar dan aku liat anak-anak yang dateng duluan pada duduk lesehan di bawah dan ada bapak-bapak pake seragam ijo item khas prajurit nyuruh kita cepet-cepet. Hati aku mencelos gitu deh saat itu juga, perasaan jadi nggak menentu (aelah). Padahal awalnya aku mikir acara di GOR hari ini bakal kayak seminar yang so bored. Eh la kok tau-tau kita yang baru dateng langsung disuruh ngabisin snack kita. Pokoknya harus makan dan diabisin saat itu juga. Pasti ada sesuatu yang nggak beres ni kalo kayak gini. Perasaan ku jadi nggak enak. Trus pas aku iseng-iseng ngeliat di layar kan ada tulisan tema acaranya. Aku perhatiin ada kata-kata Tangguh, Ksatria, Daya Juang Tinggi. Mmmm, makin menambah kecurigaan.

Abis itu ada pengkondisian, bla bla bla terus dilanjutin sambutan Ketua Panitia sama pembukaan dari Pak Rektor. Pak Jumadi (as Ketupat) sama Pak Rektor akhirnya menguatkan analisis aku. Beliau bilang kalo hari ini kita bakal dapet pelatihan sama Bapak-Bapak Kopassus biar kita jadi tangguh bla bla bla itu tadi. Kita harus kuat, ambil hikmahnya, nenangin kita kalo sebenernya bapak Kopassus baik hati, dll, dll gitu lah inti sambutan dari beliau-beliau.

Pelatihan dimulai. Bapak Kopassus ambil alih sama ngasih instruksi. Suasana udah mulai berubah jadi hitam gitu (kalo ini lebay nya aku doang sih :/ ). Acara pertama kita disuruh senam, kata bapak komandan, biar senam ini cepet selesai kuncinya adalah "konsentrasi". Apa maning kuwek ??. Gerakan senamnya sih lucu, kiyut abis. Kita cuma disuruh ngitung satu dua tiga satu, satu dua tiga dua, dst dengan ketentuan ini ini ini. Awalnya sih masih mencari-cari ini senam maksudnya apa. Ternyata pas agak lama, baru deh kita ngerti yang dimaksud "butuh konsentrasi" itu apa. Mihik :'(

Next, kita dilatih PBB. Unluckly, barisan aku dapet bagian latihan di lapangan luar GOR. Owh no !!. Kebayang lapangan yang panas, berdebu, PBB yang bikin capek, iuuch *sok manis manja*. Tapi karena emang ini biar kita jadi tangguh, ya sok deh diikutin aja. PBB nya sih standar aja, hadap kanan, hadap kiri, balik kanan, lencang kanan, lencang depan. Yang bikin nggak biasa itu.. ada 1 bapak Kopassus yang instruksinya absurd. Masa' gini ni, "Pada malas-malas semua ini, PBB aja pada malas ini", "Apa kamu keliatan giginya, saya cabut ni giginya semua", "Ini baris nggak bisa lurus, saya kasih makan linggis aja", "Apa kamu ketawa-ketawa ? Saya kasih makan batu ni". Ahahaha, bukannya nyeremin yang ada malah bikin kita makin ketawa dong pak. Absurd bener. Mana dia ngomongnya diulang-ulang sampe banyak kali. Dan nada ngomongnya dia tu unik, jadi makin lucu aja, sumpe.

Skip, abis bercapek2 akhirnya waktu buat istirahat sama makan dateng juga. Gelo, laper coy. Kita dapet makan enak gitu, judul kateringnya 3berku (ahaha, gila ngemat banget). Menunya enak deh pokoknya, bisa bikin ngiler. Tapi nggak tangguh apa yak namanya kalo hidup enak. Masa' kita cuma dikasih waktu makan 7 menit coba buat ngeabisin makanan sebanyak itu ?? hua hua hua. Nggak menikmati.

Abis makan, sholat, lanjut acara lagi. Sekarang acaranya diisi materi tentang "Wawasan Kebangsaan". Nothing special sih. Berhubung aku ngantuk, jadi waktu itu hampir sebagian materi aku tinggal tidur. Yang aku perhatiin, slide yang dibuat itu kesannya alay banget, full color ditambah tulisannya pada disingkat-singkat. Dilaksanakan aja jadi dilaks, dll.

Selese materi, ternyata acara kita juga selese. Tapi sebelumnya kita diajak nyanyi-nyanyi sama adu yel-yel. Nyanyiannya nggak kalah absurd. Kayak gini ni :
"dubidubidamdam dubidaredam..
..arena berjeng jeng..
..berjengjeng mereketebehem..
..kamilah UNY.." :3

But, asik abis. Pas penutupan semua bapak Kopassus perkenalan sama minta maaf. Waktu Pak Komandan tanya siapa kopassus favorit kita, mayoritas langsung jawab : "PAK CABUT GIGI". Woaa ngawur. Penutup lain yang manis yaitu foto bareng temen-temen sepleton sama bapak-bapak Kopassus. Mmm, kira-kira kalo mau minta fotonya ke mana yaa ??

UNY Menggalau

Seminggu terakhir ini (24 - 29 September) suasana galau menyelimuti dunia aku bener deh. Kalau aku sih udah biasa galau *uhuk*, terus pas lagi bercanda tawa ama temen-temen kebongkar deh kalau ternyata pada galau juga. Ada @rifaafiana yang galau tapi enggak tau kenapa soalnya dia kan backstreet :3, ada @guruhsoebur yang katanya mengikuti jejakku sama mbak cantik, ada @akhiharuni yang kayaknya lagi menyimpan sesuatu di dalam jiwa, ada @hanijava yang nampaknya lagi nahan mangkel sama mas dab nya, ada @tishafatimasari yang mm.. kasih tau ga yaa.

Yang bikin surprise adalah, ga tau kenapa dosen-dosen yang masuk kelas F juga jadi melankolis gitu. Pas hari selasa, kita ada kuliah gitu sama bapak-yang-kalau-lagi-ngajar-sering-kita-cuekin. Waktu itu aku juga ngerasa turut andil sih, soalnya aku pas kuliah dengan santainya duduk di pojokan belakang, buka laptop sambil ngenet gitu, ngurusin KI, nyari kontak perusahaan, chatting sama kakak angkatan tanya-tanya konsultasi, twitteran bentar juga dan nggak dengerin sama sekali bapaknya ngomong apa. Dan nggak cuma aku yang kayak gitu, anak-anak juga banyak yang polah tingkahnya kayak gitu. Apalagi anak-anak F1 itu lagi pada sibuk ngejar dateline ngumpulin tugas. Trus, ada anak yang dengan santai dan dengan jelasnya tidur gitu. Udah disindir tapi ga bangun-bangun (iyalah, nggak denger kalik). Mungkin bapak dosen sampe di puncak kesabarannya kali yak. Terus beliau bilang gini ni sama kita :
"Itu sebenernya yang pada buka laptop lagi ngapain to ?" Oops, langsung pada speechless gitu. "Itu masnya yang di pojokan (nunjuk MIL), kamu lagi ngapain mas ?"
MIL cuma bisa bergumam buat jawab pertanyaan. Akhirnya bapak-dosen-yang-cakep bilang gini kurang lebih :
"Tolonglah hargai saya. Saya jelaskan malah pada buka laptop, entah mencatat, atau cari materi, atau facebookan. Tadinya saya biarkan saja, tapi malah seperti itu. Malah ada yang tidur juga. Tolong sekarang laptopnya ditutup saja. Jadi sedih saya"

Aku yang tadinya udah sempet nggak enak hati sama bapaknya malah jadi ketawa ngakak dalam hati denger kalimat terakhir dari sang bapak ini. Wkwkw. Si @hanijava juga langsung nengok ke belakang gitu dengan tampang seolah-olah bilang "yah noh". Sumper, nggak akan aku lupain deh pokoknya. #quote of that day banget

Terus ada lagi, tapi ini beda dosen. Kalo sama bapak yang satu ini kita nggak berani kalo nggak merhatiin. Coz bapaknya tu punya aura yang kuat banget deh, serius -.-v. Awal-awal kuliah sih kayak biasa, materi gitu lah. Pas mulai masuk ke materi terakhir, bapaknya njelasin soal kalimat yang menarik gitu. Kita dibacain kata-kata bijak yang so sweet. Ecieee bener dah. Pas di ending, bapaknya tanya, "Buku dari saya sudah dibaca belum ?" As usual, kalo pertanyaan kayak gini cuma bisa bikin kita speechless. Dan si bapak bilang, "Dibacalah buku dari saya itu, kasihani saya"
Ya ampun, 2 dosen kenapa jadi mellow goslow gini ?? Apa kita keterlaluan banget apa yak ?? :( .

Kesimpulannya menurut aku, galau adalah hak semua orang. Salam galau (^.^)/ \(^.^)
Seminggu terakhir ini (24 - 29 September) suasana galau menyelimuti dunia aku bener deh. Kalau aku sih udah biasa galau *uhuk*, terus pas lagi bercanda tawa ama temen-temen kebongkar deh kalau ternyata pada galau juga. Ada @rifaafiana yang galau tapi enggak tau kenapa soalnya dia kan backstreet :3, ada @guruhsoebur yang katanya mengikuti jejakku sama mbak cantik, ada @akhiharuni yang kayaknya lagi menyimpan sesuatu di dalam jiwa, ada @hanijava yang nampaknya lagi nahan mangkel sama mas dab nya, ada @tishafatimasari yang mm.. kasih tau ga yaa.

Yang bikin surprise adalah, ga tau kenapa dosen-dosen yang masuk kelas F juga jadi melankolis gitu. Pas hari selasa, kita ada kuliah gitu sama bapak-yang-kalau-lagi-ngajar-sering-kita-cuekin. Waktu itu aku juga ngerasa turut andil sih, soalnya aku pas kuliah dengan santainya duduk di pojokan belakang, buka laptop sambil ngenet gitu, ngurusin KI, nyari kontak perusahaan, chatting sama kakak angkatan tanya-tanya konsultasi, twitteran bentar juga dan nggak dengerin sama sekali bapaknya ngomong apa. Dan nggak cuma aku yang kayak gitu, anak-anak juga banyak yang polah tingkahnya kayak gitu. Apalagi anak-anak F1 itu lagi pada sibuk ngejar dateline ngumpulin tugas. Trus, ada anak yang dengan santai dan dengan jelasnya tidur gitu. Udah disindir tapi ga bangun-bangun (iyalah, nggak denger kalik). Mungkin bapak dosen sampe di puncak kesabarannya kali yak. Terus beliau bilang gini ni sama kita :
"Itu sebenernya yang pada buka laptop lagi ngapain to ?" Oops, langsung pada speechless gitu. "Itu masnya yang di pojokan (nunjuk MIL), kamu lagi ngapain mas ?"
MIL cuma bisa bergumam buat jawab pertanyaan. Akhirnya bapak-dosen-yang-cakep bilang gini kurang lebih :
"Tolonglah hargai saya. Saya jelaskan malah pada buka laptop, entah mencatat, atau cari materi, atau facebookan. Tadinya saya biarkan saja, tapi malah seperti itu. Malah ada yang tidur juga. Tolong sekarang laptopnya ditutup saja. Jadi sedih saya"

Aku yang tadinya udah sempet nggak enak hati sama bapaknya malah jadi ketawa ngakak dalam hati denger kalimat terakhir dari sang bapak ini. Wkwkw. Si @hanijava juga langsung nengok ke belakang gitu dengan tampang seolah-olah bilang "yah noh". Sumper, nggak akan aku lupain deh pokoknya. #quote of that day banget

Terus ada lagi, tapi ini beda dosen. Kalo sama bapak yang satu ini kita nggak berani kalo nggak merhatiin. Coz bapaknya tu punya aura yang kuat banget deh, serius -.-v. Awal-awal kuliah sih kayak biasa, materi gitu lah. Pas mulai masuk ke materi terakhir, bapaknya njelasin soal kalimat yang menarik gitu. Kita dibacain kata-kata bijak yang so sweet. Ecieee bener dah. Pas di ending, bapaknya tanya, "Buku dari saya sudah dibaca belum ?" As usual, kalo pertanyaan kayak gini cuma bisa bikin kita speechless. Dan si bapak bilang, "Dibacalah buku dari saya itu, kasihani saya"
Ya ampun, 2 dosen kenapa jadi mellow goslow gini ?? Apa kita keterlaluan banget apa yak ?? :( .

Kesimpulannya menurut aku, galau adalah hak semua orang. Salam galau (^.^)/ \(^.^)