Thursday, May 2, 2019

, ,

Festival Bunda Generasi Maju Yogyakarta


Ikut acara dengan tema parenting, gizi anak, kesehatan ibu, dan sebangsanya selalu menarik untuk aku ikuti. Mumpung belum program hamil, jadi cari tahu ilmunya dulu biar besok kalau pas hamil udah nggak kebingungan lagi.

Soalnya, ya… gimana ya… ilmu tentang kehamilan dan merawat anak itu ada banyak banget versinya. Versi dokter begini. Versi orang tua begitu. Versi mertua bisa beda lagi, wkwk (e ini contoh doang lhooo). Misalnya, ada yang bilang pas hamil nggak boleh makan nanas, ada juga yang bilang boleh-boleh aja. Atau ada juga yang bilang susu untuk ibu hamil itu nggak perlu, ada juga yang bilang perlu. Lah, terus aku kudu kepiye??

Festival Bunda Generasi Maju Yogyakarta

Makanya Minggu (28/4) kemarin aku ikutan acara Festival Bunda Generasi Maju yang diselenggarakan oleh SGM di Jogja Expo Center (JEC). Meskipun namanya festival Bunda, tapi jomblo siapa aja boleh ikut kok. Kebanyakan yang datang memang ibu hamil (bumil), walaupun ada juga bunda-bunda yang sudah punya putra-putri ataupun calon bunda (ehem) macem aku. Sebenarnya ada 2 acara dari SGM, yang satu acara ini, yang satu lagi acara “Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju” untuk anak-anak. Tapi aku cuma menghabiskan waktu di tenda Festival Bunda Generasi Maju aja.Maklum, di tenda ini udah seru banget.





Masuk ke tenda, aku diarahkan untuk konfirmasi data di meja registrasi. Oh iya, di dalam langsung berasa adem karena ada pendingin udara. Cuaca Jogja yang lagi panas akhir-akhir ini seketika terlupakan. Di meja registrasi ini kita dapat 2 goodie bag: 1 dari SGM Bunda (berisi tumblr, notebook, dan buku resep kreasi), 1 lagi dari beauty partner (berisi pensil alis, shampoo, dan 2 voucher); juga dapat kartu passport.

Kartu passport ini bisa kita gunakan sebagai tiket masuk untuk mengikuti berbagai acara dan menikmati beragam fasilitas di area festival. Ada 5 area di sini:

1. Area Bunda Jajan: di area ini pengunjung bisa mendapatkan jajanan lezat dan bergizi
2. Area Bunda Santai: untuk relaksasi berupa totok wajah dan massage yang didukung tenaga profesional dari Mom & Jo
3. Area Bunda Sehat: untuk konsultasi kehamilan dan USG dengan tenaga kesehatan
4. Area Bunda Cerdas: bunda bisa ikutan games edukatif berhadiah dengan menebak mitos vs fakta seputar kehamilan
5. Area Bunda Cantik: untuk mendapatkan beragam produk kecantikan yang aman untuk ibu hamil.



Jadi misalnya kita ingin cek USG di area Bunda Sehat, kita tinggal menunjukkan passport, menunggu giliran, dan setelah itu passport kita ditandai dengan check list.


Selain lima area di atas, Festival Bunda Generasi Maju juga diisi dengan rangkaian acara menarik, yaitu: talkshow dengan dokter kandungan seputar nutrisi masa kehamilan, prenatal yoga bersama suami dipandu instruktur profesional, cooking demo kreasi resep lezat bernutrisi menggunakan SGM Bunda dan beauty class.

Pentingnya Menjaga Asupan Nutrisi Selama Kehamilan

Rangkaian acara yang pertama dimulai dengan talkshow bersama dokter kandungan, dr. Eduardus Raditya Kusuma Putra, SpOG, yang kerap disapa dokter Edo. Talkshow kali ini membahas tentang kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil.


Dokter Edo menjelaskan bahwa kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil lebih tinggi daripada yang lain. Hal ini karena asupan nutrisi tidak hanya untuk sang ibu, namun juga harus memenuhi kebutuhan anak dalam kandungan.



Masa kehamilan adalah periode awal dari 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) si kecil yang penting untuk kualitas masa depannya. Asupan nutrisi harus diperhatikan pada masa ini, karena pada masa inilah berlangsung perkembangan optimal untuk menjadi anak generasi maju dengan 5 potensi prestasi: cerdas, kreatif, umbuh tinggi dan kuat, mandiri, supel, percaya diri.


Kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan mencakup zat gizi makro dan mikro. Zat gizi makro seperti karbohidrat, protein dan lemak. Sedangkan zat gizi mikro seperti: zat besi, asam folat, kalsium dan vitamin D. Masing-masing zat gizi mikro ini memiliki fungsi yang penting ya sis. Asam folat dan zat besi berperan penting mencegah anemia pada ibu hamil dan mencegah bayi lahir cacat. Tahu apa efek anemia pada hamil?

Anemia pada ibu hamil dapat mengakibatkan keguguran, bayi lahir prematur, gagal jantung, pendarahan, kelainan plasenta, berat badan bayi lahir rendah, hingga kematian bayi dalam kandungan. Jadi zat gizi mikro ini nggak boleh kita anggap sepele.


Nah selama masa kehamilan, kebutuhan nutrisi makro dan mikro meningkat. Yakin makanan harian ibu hamil bisa memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tumbuh kembah janin?.

Masalahnya, makanan harian ibu hamil belum tentu cukup memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan, terutama kebutuhan akan nutrisi mikro. Gini misalnya:

Kebutuhan zat besi pada ibu hamil itu sekitar 6,3 mg. Kandungan zat besi pada 100 gram buah sirsak cuma 0,6 mg. Untuk mencukupi kebutuhan zat besi berarti kita perlu mengonsumsi +- 1 kg buah sirsak!. Dan itu baru untuk zat besi aja, belum gizi yang lain. Rempong kan.

Maka dari itu, kita perlu minum susu ibu hamil untuk membantu kita mencukupi kebutuhan nutrisi selama hamil,


SGM Bunda adalah susu khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui dari PT. Sarihusada Generasi Mahardhika. Buat yang di Jogja, tentu sudah akrab dengan pabrik SGM. Produk boleh lokal, tapi kualitas tetap internasional. Dengan formula Complinutri, SGM Bunda memiliki kandungan:
- minyak ikan: untuk mendukung perkembangan saraf dan otak janin
- tinggi zat besi: mendukung pencegahan anemia pada Bunda
- tinggi asam folat: mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin
- tinggi kalsium dan vitamin D: untuk membantu pembentukan tulang janin.

Nggak hanya kaya akan nutrisi, SGM Bunda juga punya 3 varian rasa yang lezat: coklat, stroberi dan jeruk. Tau dari mana kalo rasanya lezat?. Soalnya aku udah nyobain, kekeke.

Prenatal Couple Yoga

Setelah belajar seluk-beluk nutrisi kehamilan, sesi berikutnya yaitu Prenatal Yoga Couple. Peserta festival yang sedang hamil bisa melakukan prenatal yoga bersama suami di sini. Tujuan dari prenatal yoga ini untuk melatih pernapasan agar ibu hamil dapat lebih rileks sehingga nantinya memudahkan saat persalinan.


Jadi ingat obrolan sama bapak-ibu guru tentang pengalaman mereka saat menghadapi kelahiran anak. Pak Ipul, salah satu guru yang sudah jadi ayah 1 putri, bercerita saat persalinan istrinya dulu. Ceritanya pak Ipul ini menunggui di samping sang istri. Pas selesai persalinan, tangannya udah merah-merah semua kena cubit, cakar sang istri. Pak Ipul cuma bisa pasrah, katanya.

Kalau dipikir-pikir, ya make sense uga kalau prenatal yoga ini bisa bikin ibu hamil rileks saat persalinan. Kuncinya kan di melatih pernapasan. Dengan catatan: harus sering-sering dipraktekkan biar terbiasa.

Prenatal Couple Yoga kemarin dipandu oleh Bidan Dheska dan Ratih dari AWJ PGY (Asih Waluyo Jati Prenatal Gentle Yoga). Selama +- 30 menit, peserta praktek belly breathing dan ujjayi breathing dengan beragam pose yoga.

Karena aku dateng piyambakan nggak sama pasangan, aku cuma nyimak pose-pose yoganya aja deh. Sambil sesekali video-in buat instastory. Ehe, peace ya bu bidan.


Cooking Demo

Lanjut ke acara berikutnya yaitu: cooking demo.

Tidak sedikit dari kita ataupun ibu hamil yang tidak suka mengonsumsi susu karena terasa enek. Untuk mengatasi masalah ini, kita boleh lho mengkreasikan susu menjadi olahan lain. Seperti yang dicontohkan oleh Chef Anton Yanwar Susilo (Chef Anton) saat cooking demo kemarin.

Chef Anton membuat resep kreasi dengan menggunakan ketiga varian susu SGM Bunda:
- Es Jeruk Pelangi dengan SGM Bunda rasa jeruk
- Cokelat Lapis Alpukat dengan SGM Bunda rasa coklat, dan
- Es Stroberi Sirsak dengan SGM Bunda rasa stroberi







Ketiga resep di atas dan resep-resep yang lain udah ada di buku “Resep Kreasi” dari SGM. Besok kapan-kapan aku share di IG aja ya.

Beauty Class

Last but not least, ada acara beauty class lho. Jangan dibayangin beauty class ini kayak beauty class yang full make-up. Beauty class kali ini lebih ke gimana caranya supaya ibu hamil tetap dapat merawat diri dan tetap cantik.

Kadang kan ada tuh ibu hamil yang saat periode hamil jadi anti make-up. Yah, faktor hormon. Tapi jangan lantas abai dengan diri sendiri. Soalnya kalau nggak dirawat, nanti akan muncul masalah kulit seperti jerawat dan bercak hitam pada wajah. Makanya kita tetap perlu merawat wajah supaya tetap kulit wajah tetap sehat, bersih, cantik. Minimal melakukan tips perawatan wajah sederhana selama hamil ini deh:

1. Bersihkan wajah secara teratur dengan menggunakan double cleansing (cleansing micellar water plus facial wash)
2. Untuk siang hari, gunakan pelembab dan tabir surya spf 30 secara rutin agar kulit tidak menjadi kering
3. Untuk malam hari, gunakan pelembab untuk regenerasi kulit.
4. Menggunakan scrubing dengan butiran halus setiap 2 hari sekali agar sel kulit mati bisa terangkat maksimal
5. Gunakan sheet mask/masker yang sesuai agar pori-pori wajah tetap dalam kondisi sehat.



Bagi yang tetap bisa menggunakan make-up, ada kesempatan tutorial make-up yang simple ke salah satu peserta festival. Cepet banget make-upnya, cuma 15 menit udah selesai dan hasilnya juga bagus. Faktor T sih ya: tangan.

---

Begitulah gambaran rangkaian kegiatan Festival Bunda Generasi Maju dari SGM Bunda yang aku ikuti minggu lalu. Gimana, seru nggak bunda?. Ehehe, jadi ikut-ikutan manggil pake Bunda deh.

Selain Jogjakarta, kegiatan Festival Bunda Generasi Maju ini diselenggarakan di 3 kota besar lainnya. Jadwalnya

Surabaya: Minggu (21 April 2019) di Lapangan Parkir Grand City Mall Surabaya
Jogja: Minggu (28 April 2019) di Jogja Expo Center
Jakarta: Minggu (21 Juli 2019) di Park & Ride Thamrin Lot 10 Jakarta
Bandung: Minggu (28 Juli 2019) di Taman GOR Saparua Bandung

Buat Bunda-bunda ataupun calon bunda yang tinggal di sekitar Jakarta-Bandung perlu catat tanggalnya tuh biar nggak ketinggalan kegiatan seru ini.

Buat yang rumahnya jauh dari 4 kota di atas, nggak perlu sedih karena SGM Bunda juga memberikan edukasi kehamilan melalui platform digital. Kamu bisa cek Facebook SGM Bunda, di sana ada berbagai informasi dan edukasi seputar kehamilan dengan berbagai fitur seperti artikel, live chat dengan dokter dan ahli nutrisi, tips kehamilan, serta aktivitas digital lainnya.

SGM Bunda, Bunda Sehat Sebagai Langkah Awal Dukung Generasi Maju

#LangkahAwalDukungGenerasiMaju #FestivalBundaGenerasiMaju




















Share:

1 comment:

  1. Memamg idealnya dipelajari sebelum hamil ya... Jadi pas hamil sudah nglothok ilmunya... He3..

    ReplyDelete