Sunday, August 4, 2019

,

Main Messi Challenge di Big Bad Wolf Jogja

Big Bad Wolf Booksale come to town!!!.

Setelah sekian lama cuma bisa lihat gimana ramainya Big Bad Wolf 2019 dari update-an sosmed temen di Jakarta, denger rumor isu ini itu soal BBW, dan cuma bisa mupeng tahu buku-buku keren dijual dengan diskon fantastis. AKHIRNYA tahun ini BBW ada juga Jogja. BIG YEAY!!!.

Big Bad Wolf 2019 di Jogja

Di post kali ini, aku mau cerita pengalaman aku kemarin datang ke Big Bad Wolf 2019 di Jogja buat cari-cari buku sambil main Messi Challenge. Apa lagi tuh Messi Challenge?. Baca sampai akhir yaa biar tahu, cuma dengan download aplikasi kita bisa punya kesempatan menang trip ke Barcelona. Penasaran?

Gini ceritanya…

Udah tahu belum apa itu Big Bad Wolf?


Big Bad Wolf (BBW) booksale adalah bazaar buku impor terbesar. Di sini kita bisa mendapatkan buku-buku internasional maupun best-seller nasional dengan potongan harga yang bersahabat. Makanya, buat para pecinta buku, BBW ini lovable banget.

BBW pertama kali diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia. Dari cerita yang aku baca, penyelenggaraan BBW berawal dari inisiatif sepasang suami istri Andrew Yap dan Jacqueline Ng yang miris karena minat baca atau tingkat literasi buku di Malaysia yang masih rendah (EHEM, SOUNDS FAMILIAR???). Nah, Untuk mengatasi masalah tersebut, keduanya pun mengadakan bazaar buku murah supaya orang-orang nggak keberatan membeli buku dan bisa meningkatkan minat baca.

Saat ini BBW telah diselenggarakan di 10 negara dengan lebih dari 25 kota (sumber info: website bigbadwolf.com). Di Indonesia sendiri awalnya BBW hadir tahun 2009 di kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Barulah di tahun ini BBW diselenggarakan di kota-kota lain di Indonesia, termasuk Jogja. Tau nggak sih, awalnya Jogja tuh nggak masuk daftar kota yang akan “didatangi” BBW lho. Tapi karena terdeteksi tingginya animo masyarakat Jogja, jadilah BBW 2019 hadir di sini.

Apakah betul masyarakat Jogja sangat antusias menyambut BBW?. Jawabannya adalah….

IYA, BETUL BANGETTT

PREVIEW PASS

Jadwal Big Bad Wolf Jogja terbuka untuk umum yaitu dari hari Jumat tanggal 2 Agustus sampai dengan hari Senin tanggal 12 Agustus 2019 24 jam non stop di Jogja Expo Center (JEC). Tapi, sebelum itu pada hari Kamis tanggal 1 Agustus 2019, BBW sudah bisa dikunjungi oleh pemegang tiket Preview Pass.



Gimana cara mendapatkan Preview Pass??

Setahuku ada banyak kok pihak sponsor yang mengadakan giveaway tiket Preview Pass ini. Teman-temanku juga pada dapat. Kalo aku dapat tiket Preview Pass dari IM3 Ooredoo. Alhamdulillah yah, rejeki pelanggan setia IM3 :3 :3 :3. Ohiya, 1 tiket Preview Pass berlaku untuk 2 orang pengunjung.

Singkat cerita, hari Kamis aku datang pagi-pagi biar bisa ikutan Preview BBW. Di tiket ditulis Preview buka dari jam 09.00-23.00. Sebelum jam 9, aku udah sampai di JEC. Maksud hati biar agak sepi gitu kan. TERNYATA UDAH RAME BANGET DONG. Ya amplopp orang-orang udah pada antre sepanjang lobby JEC. 

Dengan segenap kekuatan anak muda, tangguh dan perkasa ala Angsa dan Serigala, ya udah aku ikutan antre sama teman-teman yang lain. Singkat cerita, aku bisa masuk ke venue. Yippiiee…

Troli untuk pengunjung BBW Jogja di dekat pintu masuk

Di dekat pintu masuk, tersedia troli untuk pengunjung. Awalnya aku mbatin, ini bazaar buku apa supermarket kok ada troli segala. Etapi aku liat pengunjung lain banyak yang bawa troli dan isi trolinya pada penuh… Ommo, pada mborong cuy.

Main Messi Challenge di Booth IM3 Ooredoo

Masuk ke venue, aku nggak langsung lihat-lihat buku. Aku mampir dulu ke booth IM3 Ooredoo yang ada di dekat kasir. Siapa tau dapet promo apa gitu ye kan…

Booth IM3 Ooredoo

Booth IM3 Ooredoo ini keren lah pokoknya. Kita bisa selfie-selfie di sini karena ada spot yang instagrammable. Kita juga bisa foto sama gambar Augmented Reality Messi, yang tadinya cuma berupa gambar 2D Messi ketika di kamera aplikasi jadi Messi dalam bentuk 3D. Seolah-olah Messinya ada di samping kita gitu deh.


Mbak Sara foto sama gambar AR Messi


Di booth IM3, pengunjung juga diajak untuk ikutan Hunt and #PlayMessiChallenge. Aku sama teman-teman ikut rame-rame.

Apaan tuh Messi Challenge?

Kamu tahu dong kalo Messi sekarang adalah brand visual dari IM3 Ooredoo. Kita sering lihat ada gambar Messi di banner-banner promosi IM3 Ooredoo. Nah Messi Challenge ini adalah sebuah challenge dari IM3 Ooredoo bagi para pengguna dengan hadiah utama trip ke Barcelona!!!. Yes, ada Barcelona, ada Messi tentunya. Selain hadiah utama ada juga hadiah bulanan berupa smartphone baru.

Cara ikutan challenge ini gampang banget.


Cara main Messi Challenge

Download aplikasi Messi Challenge di Google Play Store
Pertama, kita download dulu aplikasi “Messi Challenge” di Google Play Store.
Terus, daftar ke aplikasi. Cukup dengan memasukkan nama, nomor telepon, email dan password.
Setelah itu, kita akan dikirimkan verifikasi via email.
Berhasil verifikasi, lalu login di aplikasi.




Scan iklan IM3 Ooredoo yang ada di sekitarmu

Scan gambar Messi via aplikasi Messi Challenge

Di aplikasi Messi Challenge, ada menu Tangkap Messi. Nah menu inilah yang kita gunakan untuk scan gambar Messi yang ada di iklan IM3 Ooredoo. Di venue BBW Jogja, ada sekitar 20an gambar Messi. Kita diminta untuk scan gambar Messi yang ada di venue.

Kumpulkan poin sebanyak-banyaknya
Setelah gambar discan, akan muncul ikon yang perlu ditap supaya poin kita bertambah.



Hati-hati karena nggak semua gambar bisa ada poin. Ada juga beberapa gambar yang perlu kita scan dari angle tertentu. Seru banget lah pokoknya. Jadi kayak hunting games gitu.

Dapatkan kesempatan jalan jalan ke Barcelona!



Makin banyak poin yang kita kumpulkan, makin besar peluang kita untuk dapat hadiah utama jalan-jalan ke Barcelona. Selain itu, kita juga berkesempatan untuk dapat hadiah bulanan berupa smartphone. Enak banget khaaaannn….

Mau jalan jalan ke Barcelona ? Atau punya smartphone baru? Ikuti Messi Challenge dengan download aplikasinya di Google Play Store. Temukan Messi di materi iklan IM3 Ooredoo dan scan langsung dari smartphone mu. Makin banyak poin yang kamu dapatkan, makin besar kesempatan kamu untuk menang!

Kemarin pas ikutan Messi Challenge di Preview BBW, challengenya spesial yaitu cepet-cepetan scan gambar Messi. Aku setim sama mbak Riana dan mbak Sara. Pas challenge-nya dimulai, kita langsung lari-larian di venue BBW nyari-nyari poster IM3Ooredoo yang ada gambar Messinya. Eh, kita menang. Jadilah kita dapat voucher belanja senilai Rp 300.000. Hihi. Makasih IM3 Ooredoo :* :* :*

Baca juga: Ragam Aplikasi Android Populer yang Perlu Kamu Tahu




Selain aku, ada juga mas Priyo yang menang challenge ngumpulin poin terbanyak. Mas Priyo dapat voucher pulsa IM3 Ooredoo senilai Rp 300.000 tuh. Ada lho tips biar poin Messi Challenge kita cepat bertambah.

Tips Cepat Nambah Poin:

1. Mainkan Messi Challenge pakai nomor IM3 Ooredoo, supaya kamu bisa dapat poin ekstra
2.  Pantengin media sosial @IM3Ooredoo, terus kalau lihat iklan yang bertanda scan meburuan langsung scan Messi dan dapatin poinnya.
3. Buka website IM3 Ooredoo temukan iklan yang bertanda scan me, lalu scan lewat aplikasi untuk dapat tambahan poin
4. Kamu bisa scan iklan yang sama tiap harinya supaya bisa dapat poin ekstra.
5. Datang ke event-event IM3 Ooredoo dan kamu bisa temukan spesial karakter Messi buat nambah poin kamu




KOLEKSI BUKU BIG BAD WOLF

Puas seru-seruan main Hunt and #PlayMessiChallenge di booth IM3 Ooredoo, barulah aku berburu buku. Di dalam venue BBW, koleksi buku-bukunya banyak betss. Padahal kata mbak Agi, kalo Preview gini belum semua koleksi dikeluarin. Berarti besok pas udah buka untuk umum pasti tambah buwanyakk lagi dong ya.

Preview BBW Jogja

Preview BBW Jogja

Buku-buku disusun bertumpuk dan dikelompokkan berdasarkan genrenya (eh apa sih namanya). Ada bagian buku anak-anak, cooking, art and photography, fiksi, non fiksi, family and relationship, travelling, dan lain-lain. Tadi di atas aku udah bilang ya kalo di sini selain ada buku impor internasional juga ada buku lokal. Kebanyakan sih buku anak-anak. Duh, buku anak-anaknya lucu-lucu. Ada buku puzzle, bergambar, mewarnai, dongeng, juga soundbook. Aku beli sound book nih buat keponakan.

Baca juga: Bahan Alami untuk Menyembuhkan Diare pada Anak

Section buku Best Seller





Karena koleksi bukunya ada banyak, alangkah baiknya dari awal kita tentukan dulu mau beli buku apa. Biar nggak bingung gitu lho. Kalo belum tau judul buku yang ingin kita beli, minimal tahu buku tentang apa. Kalo aku kemarin ke sana fokus ke bagian buku anak-anak buat beliin keponakan, art and photography buat nyari buku tentang fotografi, sama bagian family and relationship.

Baca juga: Menjadi Creativepreneur di Era Digital

Ada beberapa buku sample yang udah dibuka sampulnya kok. Jadi kita bisa baca-baca dulu biar tahu isi bukunya cocok sama yang kita cari apa enggak. 

Selesai milih-milih buku, aku langsung ke kasir. FYI, antrean kasirnya SUPER BANGET, rame dan kebanyakan pada bawa troli penuh buku. Can you imagine???

Antrean kasir

Sebenarnya ada 20 kasir, tapi yang untuk pembayaran tunai/cash cuma 3, lainnya untuk pembayaran dengan kartu/card only. Ada juga kasir khusus untuk jastip.

Tips dari aku, kalo kamu punya kartu debit/kredit mending bayar pakai kartu aja karena antrian kasirnya lebih cepat.

Baca juga: Go Cashless, Yes or No?

Barangkali antre di kasir BBW adalah cara Allah untuk melatih kesabaran hambaNya. Setelah sekitar 20 menit antre, akhirnya aku sampai juga di kasir.

Di kasir kita akan ditanya apakah kita punya member Wolfpack. Jika belum, kita bisa membuat member. Aku salah satu yang buat member. Prosesnya cepat, kita hanya diminta mengisi nama, no ktp dan no handphone. Tapi nggak dikasih kartu sih.

Keuntungan member wolfpack, ada harga khusus bagi member untuk buku tertentu berlabel kuning.

Kemarin sih ada yang cerita juga, katanya
1. Ada jalur khusus untuk yang bawa anak di bawah 3 tahun, orang tua usia di atas 50 tahun, dan ibu hamil.
2. Antrean tetap ramai walaupun sudah jam 11 malam.
3. Koleksi buku semakin banyak

Tips dari aku, kalau ingin ke BBW dan cari waktu yang sepi, coba datang setelah Subuh deh. Soalnya malam hari pun masih ramai, jadi mending ke sana pagi hari kalau kamu selo.

Yaps… sekian cerita dari aku. Kamu udah ke BBW Jogja belum kak?. Share cerita di kolom komentar dong :D


Share:

2 comments:

  1. Huhuuuu jam 11 malam masih ramai. Padahal aku niat mau ke Sana jam segitu

    ReplyDelete
  2. Wiwin | pratiwanggini.netAugust 6, 2019 at 10:08:00 AM GMT+7

    Wahhh.. berarti memang mending abis sholat Tahajud trus cus kesana dan lanjut sholat Subuh deket-deket sana yaaa..

    ReplyDelete