Tuesday, November 19, 2019

Ketahui 5 Fungsi Kalkulator Berat Badan Ibu Hamil



Kalkulator berat badan ibu hamil tidak bisa sembarang disepelekan, karena jika dibiarkan atau diabaikan, akan berpengaruh pada kesehatan ibu dan janin. Mengapa? Karena dengan menggunakan kalkulator tersebut, Anda akan mendapatkan 5 manfaat seperti di bawah ini.

1. Tahu Usia Kehamilan

Waktu kehamilan seseorang adalah sekitar 38 minggu walaupun ada yang kurang dari waktu tersebut yang disebabkan karena faktor tertentu. Masa kehamilan tersebut terhitung dari masa pembuahan sel telur oleh sperma.

Akan tetapi, tidak semua wanita tahu sudah berapa lama kehamilan tersebut karena tidak tahu kapan terjadi pembuahan. Apalagi jika sering melakukan hubungan suami istri.  Untuk itulah, dengan pengukuran berat badan saat hamil, dapat diketahui berapa usia dari kehamilan yang sedang Anda jalani kali ini.

Hal tersebut tentunya akan menggembirakan terutama untuk Anda yang mengetahui jika waktu pembuahan tersebut terjadi saat Anda sedang berbulan madu seperti yang Anda inginkan.

2. Menghitung Waktu Kelahiran

Ketika kehamilan semakin membesar, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Misalnya, fisik, kemantaban hati, doa, biaya, perlengkapan untuk bayi dan juga nama. Jika ANda tidak tahu kapan bayi tersebut lahir, bisa-bisa Anda memaksakan diri Anda untuk melakukan atau memikirkan hal yang cukup berat yang bisa membahayakan Anda dan bayi Anda.

Sedangkan ketika Anda tahu kapan bayi tersebut lahir, maka Anda bisa mempersiapkan baik fisik ataupun mental dan keperluan yang lain. Untuk menghitung HPL, tidak hanya bisa menggunakan kalkulator berat badan ibu hamil, namun juga bisa menggunakan rumus neagele.

3. Tahu Berat Badan Ideal

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika berat badan akan sangat berpengaruh pada kesehatan baik untuk ibu ataupun bayi yang dikandung. Untuk itu, perlu adanya pemantauan apakah ada perubahan yang signifikan atau bahkan terlalu rendah ataupun terlalu besar. Jangan sampai ibu ataupun bayi mengalami gangguan kesehatan seperti darah tinggi ataupun diabetes selama kehamilan.

4. Tahu Berat Badan Bayi

Dengan menggunakan kalkulator berat badan saat Anda sedang hamil, tidak hanya akan tahu berapa kenaikan berat badan Anda namun juga berat badan dari bayi yang Anda kandung hingga proses melahirkan. Sehingga, dokter bisa menyarankan Anda untuk melakukan diet baik untuk menambah berat badan ataupun mengurangi agar bayi memiliki berat badan yang ideal.

5. Awal Trimester dan Akhir Trimester

Menggunakan kalkulator berat badan saat masa kehamilan berlangsung bisa membantu untuk tahu kapan masa trimester awal dan masa trimester akhir. Hal ini berkaitan dengan morning sickness yang biasanya terjadi di awal dan akhir kehamilan.



Dengan tahu waktu awal dan akhir kehamilan, maka baik Anda ataupun pasangan akan lebih bisa mengantisipasi perubahan yang terjadi karena hormon saat hamil.  Dengan tahu berat badan Anda lewat kalkulator berat badan ibu hamil, bayi Anda terhindar dari kelahiran prematur atau penyakit bawaan dan Anda bisa terhindar dari diabetes gestasional dan preeklamsia.

Preeklamsia sendiri merupakan komplikasi yang terjadi saat masa kehamilan yang ditandai dengan tingginya tekanan darah dan kerusakan organ. Seperti banyaknya kadar protein yang ada di urin.  Gangguan kesehatan ini muncul ketika memasuki usia ke-20 bahkan hingga bayi lahir.

Kondisi yang sering tidak disadari oleh ibu ini bisa berkembang ke kondisi medis yang sangat serius. Bahkan bisa mengancam keselamatan ibu dan bayinya. Karena itu, jika berat badan meningkat drastis dan tekanan darah mencapai 140/90 mm Hg atau lebih, maka perlu pemeriksaan rutin dan diet. 




Kalkulator berat badan ibu hamil tidak bisa sembarang disepelekan, karena jika dibiarkan atau diabaikan, akan berpengaruh pada kesehatan ibu dan janin. Mengapa? Karena dengan menggunakan kalkulator tersebut, Anda akan mendapatkan 5 manfaat seperti di bawah ini.

1. Tahu Usia Kehamilan

Waktu kehamilan seseorang adalah sekitar 38 minggu walaupun ada yang kurang dari waktu tersebut yang disebabkan karena faktor tertentu. Masa kehamilan tersebut terhitung dari masa pembuahan sel telur oleh sperma.

Akan tetapi, tidak semua wanita tahu sudah berapa lama kehamilan tersebut karena tidak tahu kapan terjadi pembuahan. Apalagi jika sering melakukan hubungan suami istri.  Untuk itulah, dengan pengukuran berat badan saat hamil, dapat diketahui berapa usia dari kehamilan yang sedang Anda jalani kali ini.

Hal tersebut tentunya akan menggembirakan terutama untuk Anda yang mengetahui jika waktu pembuahan tersebut terjadi saat Anda sedang berbulan madu seperti yang Anda inginkan.

2. Menghitung Waktu Kelahiran

Ketika kehamilan semakin membesar, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Misalnya, fisik, kemantaban hati, doa, biaya, perlengkapan untuk bayi dan juga nama. Jika ANda tidak tahu kapan bayi tersebut lahir, bisa-bisa Anda memaksakan diri Anda untuk melakukan atau memikirkan hal yang cukup berat yang bisa membahayakan Anda dan bayi Anda.

Sedangkan ketika Anda tahu kapan bayi tersebut lahir, maka Anda bisa mempersiapkan baik fisik ataupun mental dan keperluan yang lain. Untuk menghitung HPL, tidak hanya bisa menggunakan kalkulator berat badan ibu hamil, namun juga bisa menggunakan rumus neagele.

3. Tahu Berat Badan Ideal

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika berat badan akan sangat berpengaruh pada kesehatan baik untuk ibu ataupun bayi yang dikandung. Untuk itu, perlu adanya pemantauan apakah ada perubahan yang signifikan atau bahkan terlalu rendah ataupun terlalu besar. Jangan sampai ibu ataupun bayi mengalami gangguan kesehatan seperti darah tinggi ataupun diabetes selama kehamilan.

4. Tahu Berat Badan Bayi

Dengan menggunakan kalkulator berat badan saat Anda sedang hamil, tidak hanya akan tahu berapa kenaikan berat badan Anda namun juga berat badan dari bayi yang Anda kandung hingga proses melahirkan. Sehingga, dokter bisa menyarankan Anda untuk melakukan diet baik untuk menambah berat badan ataupun mengurangi agar bayi memiliki berat badan yang ideal.

5. Awal Trimester dan Akhir Trimester

Menggunakan kalkulator berat badan saat masa kehamilan berlangsung bisa membantu untuk tahu kapan masa trimester awal dan masa trimester akhir. Hal ini berkaitan dengan morning sickness yang biasanya terjadi di awal dan akhir kehamilan.



Dengan tahu waktu awal dan akhir kehamilan, maka baik Anda ataupun pasangan akan lebih bisa mengantisipasi perubahan yang terjadi karena hormon saat hamil.  Dengan tahu berat badan Anda lewat kalkulator berat badan ibu hamil, bayi Anda terhindar dari kelahiran prematur atau penyakit bawaan dan Anda bisa terhindar dari diabetes gestasional dan preeklamsia.

Preeklamsia sendiri merupakan komplikasi yang terjadi saat masa kehamilan yang ditandai dengan tingginya tekanan darah dan kerusakan organ. Seperti banyaknya kadar protein yang ada di urin.  Gangguan kesehatan ini muncul ketika memasuki usia ke-20 bahkan hingga bayi lahir.

Kondisi yang sering tidak disadari oleh ibu ini bisa berkembang ke kondisi medis yang sangat serius. Bahkan bisa mengancam keselamatan ibu dan bayinya. Karena itu, jika berat badan meningkat drastis dan tekanan darah mencapai 140/90 mm Hg atau lebih, maka perlu pemeriksaan rutin dan diet. 


Kala Dismenorea di Tempat Kerja


Beberapa waktu lalu, di Twitter lagi rame pembahasan tentang nggak adanya peraturan yang mengakomodasi cuti haid untuk Aparatur Sipil Negara (ASN). Alhasil ada yang pro, ada yang kontra. 

Kalangan pro bilang, ASN nggak perlu cuti haid karena tiap hari kerjaannya juga santai-santai terus, cuma absen pagi, main zuma, makan siang, sama jemput anak. (Hmmm... kalau di instansi ku jelas nggak sesantai itu)

Kalangan kontra bilang, ASN perempuan juga punya hak untuk cuti haid. Di sektor swasta, sudah ada peraturan yang memungkinkan pekerja perempuan untuk tidak bekerja saat haid. Aturan ini ada dalam dalam Pasal 81 ayat (1) UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yang tertulis

“Pekerja/buruh perempuan yang dalam masa haid merasakan sakit dan memberitahukan kepada pengusaha, tidak wajib bekerja pada hari pertama dan kedua pada waktu haid.”

Meskipun dalam praktiknya pekerja perempuan tetap saja masih sulit menggunakan hak cuti haid tersebut. Tapi lumayan lah ya, ada payung kebijakan yang sudah mengatur tentang cuti haid. Beda dengan ASN yang tidak mengenal adanya cuti haid.

Sakit saat hari pertama haid itu nyata adanya. Walaupun setiap perempuan memang memiliki pengalaman haid atau menstruasi yang berbeda-beda. Ada yang biasa saja, ada juga yang merasakan sakit yang luar biasa. Bahkan ada yang sampai pingsan kala nyeri haid datang. Rasa sakit akibat haid itu disebut dismenorea.

Dismenorea adalah rasa nyeri yang muncul akibat haid atau menstruasi. Dismenorea dialami lebih dari separuh perempuan dengan kisaran waktu satu sampai dua hari pada masa haid. Selain itu perempuan yang sedang menstruasi biasanya mengalami berbagai gejala yang kurang nyaman. Mulai dari sembelit, kram perut, pusing, sampai perubahan suasana hati. Nggak main-main deh.

Sebagai seorang ASN, aku cukup was-was mengingat pengalaman haidku yang selalu diwarnai dengan kram perut. Dulu ketika masih sekolah, kuliah, ataupun saat masih ngajar di sekolah swasta, aku kerap izin saat haid hari pertama. Honestly, aku nggak kuat menahan rasa nyerinya. Bawaannya ingin meringkuk saja di tempat tidur. Mau ngapa-ngapain nggak enak, nggak nyaman.


Tapi karena sekarang aku mengemban amanah sebagai seorang ASN, ya harus menaati peraturan. Perkara izin nggak semudah dahulu kala. Apalagi hak cuti haid untuk ASN belum diatur. Ya udah. Alih-alih ngeluh, mending cari solusi gimana biar diri ini jadi lebih kuat *tsah. Atau yaa minimal rasa sakitnya bisa lebih berkurang lah.

Katanya sih ada beberapa cara buat meminimalisir nyeri haid. Kayak: melakukan gerakan yoga, atau menghindari stres.

Yoga. Gif from Giphy.com


Hmm

Ribet ya.

Wqwq.

Ber-yoga ria di sekolah jelas bukan sesuatu yang gampang dilakukan.

Menghindari stres di tengah tumpukan tugas juga…. nggak semudah itu Ferguso.

Yang lebih gampang paling mengonsumsi suplemen. Ada kan tuh obat untuk menghilangkan sakit nyeri saat haid. Walaupun untuk yang satu ini kalau bisa aku hindari banget karena takut ketergantungan obat yang notabene adalah bahan kimia. Kalau bisa cari penawar alami aja yang lebih aman.

Cara Alami Atasi Nyeri Haid

Ada cara alami atasi nyeri haid yaitu: minum kunyit asam. Yes, warisan turun-temurun dari leluhur ini masih terbukti ampuh kok buat mengatasi nyeri haid. Secara ilmiah, kunyit asam memiliki khasiat:

1. Melawan PMS

Kunyit asam ampuh melawan Premenstrual syndrome (PMS) dengan memperkuat daya tahan tubuh. Gejala PMS seperti sakit kepala, lemas, hingga jerawat bisa diminimalisir bahkan dihindari.

2. Mengatasi Kram Perut dan Nyeri Haid

Kram perut saat haid disebabkan oleh otot-otot rahim yang mengalami kontraksi. Kunyit asam memiliki kandungan aktif kurkumin yang berfungsi sebagai inflamasi yang mampu menenangkan kontraksi. Kandungan kurkumin akan menghambat produksi prostaglandin, hormon penyebab peradangan dan nyeri. Selain perut, tubuh juga akan terasa nyeri. Sifat analgesik pada kunyit dapat mengurangi nyeri pada bagian tubuh.

Sebagai generasi milenial masa kini uhuy aye aye Blackpink in your area, tentunya aku nggak mau susah-susah memarut kunyit terus diperas dicampur dengan asam endesbre endesbre demi minum kunyit asam. Toh sekarang sudah ada Herbadrink Kunyit Asam. 


Persediaan Herbadrink di laci meja kantor

Herbadrink Kunyit Asam tersedia dalam bentuk kemasan yang praktis, bisa dibawa dan disimpan di kantor. Khasiat utamanya untuk  membantu melancarkan haid, membantu meredakan nyeri haid dan membantu mengurangi bau badan. Rasanya enak, khas jamu asli. Keunggulan Herbadrink yaitu bisa diseduh dengan air panas ataupun air dingin. Kalau aku lebih suka yang dingin tentunya karena lebih segar. 

Herbadrink sendiri adalah ramuan herbal dari resep tradisional Indonesia yang diproses melalui teknologi modern. Selain kunyit asam, Herbadrink juga punya varian lain seperti: Sari Jahe, Temulawak, Lidah Buaya, Beras Kencur, dan Wedang Uwuh yang masing-masing memiliki manfaat tersendiri.

Baca juga:








Beberapa waktu lalu, di Twitter lagi rame pembahasan tentang nggak adanya peraturan yang mengakomodasi cuti haid untuk Aparatur Sipil Negara (ASN). Alhasil ada yang pro, ada yang kontra. 

Kalangan pro bilang, ASN nggak perlu cuti haid karena tiap hari kerjaannya juga santai-santai terus, cuma absen pagi, main zuma, makan siang, sama jemput anak. (Hmmm... kalau di instansi ku jelas nggak sesantai itu)

Kalangan kontra bilang, ASN perempuan juga punya hak untuk cuti haid. Di sektor swasta, sudah ada peraturan yang memungkinkan pekerja perempuan untuk tidak bekerja saat haid. Aturan ini ada dalam dalam Pasal 81 ayat (1) UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yang tertulis

“Pekerja/buruh perempuan yang dalam masa haid merasakan sakit dan memberitahukan kepada pengusaha, tidak wajib bekerja pada hari pertama dan kedua pada waktu haid.”

Meskipun dalam praktiknya pekerja perempuan tetap saja masih sulit menggunakan hak cuti haid tersebut. Tapi lumayan lah ya, ada payung kebijakan yang sudah mengatur tentang cuti haid. Beda dengan ASN yang tidak mengenal adanya cuti haid.

Sakit saat hari pertama haid itu nyata adanya. Walaupun setiap perempuan memang memiliki pengalaman haid atau menstruasi yang berbeda-beda. Ada yang biasa saja, ada juga yang merasakan sakit yang luar biasa. Bahkan ada yang sampai pingsan kala nyeri haid datang. Rasa sakit akibat haid itu disebut dismenorea.

Dismenorea adalah rasa nyeri yang muncul akibat haid atau menstruasi. Dismenorea dialami lebih dari separuh perempuan dengan kisaran waktu satu sampai dua hari pada masa haid. Selain itu perempuan yang sedang menstruasi biasanya mengalami berbagai gejala yang kurang nyaman. Mulai dari sembelit, kram perut, pusing, sampai perubahan suasana hati. Nggak main-main deh.

Sebagai seorang ASN, aku cukup was-was mengingat pengalaman haidku yang selalu diwarnai dengan kram perut. Dulu ketika masih sekolah, kuliah, ataupun saat masih ngajar di sekolah swasta, aku kerap izin saat haid hari pertama. Honestly, aku nggak kuat menahan rasa nyerinya. Bawaannya ingin meringkuk saja di tempat tidur. Mau ngapa-ngapain nggak enak, nggak nyaman.


Tapi karena sekarang aku mengemban amanah sebagai seorang ASN, ya harus menaati peraturan. Perkara izin nggak semudah dahulu kala. Apalagi hak cuti haid untuk ASN belum diatur. Ya udah. Alih-alih ngeluh, mending cari solusi gimana biar diri ini jadi lebih kuat *tsah. Atau yaa minimal rasa sakitnya bisa lebih berkurang lah.

Katanya sih ada beberapa cara buat meminimalisir nyeri haid. Kayak: melakukan gerakan yoga, atau menghindari stres.

Yoga. Gif from Giphy.com


Hmm

Ribet ya.

Wqwq.

Ber-yoga ria di sekolah jelas bukan sesuatu yang gampang dilakukan.

Menghindari stres di tengah tumpukan tugas juga…. nggak semudah itu Ferguso.

Yang lebih gampang paling mengonsumsi suplemen. Ada kan tuh obat untuk menghilangkan sakit nyeri saat haid. Walaupun untuk yang satu ini kalau bisa aku hindari banget karena takut ketergantungan obat yang notabene adalah bahan kimia. Kalau bisa cari penawar alami aja yang lebih aman.

Cara Alami Atasi Nyeri Haid

Ada cara alami atasi nyeri haid yaitu: minum kunyit asam. Yes, warisan turun-temurun dari leluhur ini masih terbukti ampuh kok buat mengatasi nyeri haid. Secara ilmiah, kunyit asam memiliki khasiat:

1. Melawan PMS

Kunyit asam ampuh melawan Premenstrual syndrome (PMS) dengan memperkuat daya tahan tubuh. Gejala PMS seperti sakit kepala, lemas, hingga jerawat bisa diminimalisir bahkan dihindari.

2. Mengatasi Kram Perut dan Nyeri Haid

Kram perut saat haid disebabkan oleh otot-otot rahim yang mengalami kontraksi. Kunyit asam memiliki kandungan aktif kurkumin yang berfungsi sebagai inflamasi yang mampu menenangkan kontraksi. Kandungan kurkumin akan menghambat produksi prostaglandin, hormon penyebab peradangan dan nyeri. Selain perut, tubuh juga akan terasa nyeri. Sifat analgesik pada kunyit dapat mengurangi nyeri pada bagian tubuh.

Sebagai generasi milenial masa kini uhuy aye aye Blackpink in your area, tentunya aku nggak mau susah-susah memarut kunyit terus diperas dicampur dengan asam endesbre endesbre demi minum kunyit asam. Toh sekarang sudah ada Herbadrink Kunyit Asam. 


Persediaan Herbadrink di laci meja kantor

Herbadrink Kunyit Asam tersedia dalam bentuk kemasan yang praktis, bisa dibawa dan disimpan di kantor. Khasiat utamanya untuk  membantu melancarkan haid, membantu meredakan nyeri haid dan membantu mengurangi bau badan. Rasanya enak, khas jamu asli. Keunggulan Herbadrink yaitu bisa diseduh dengan air panas ataupun air dingin. Kalau aku lebih suka yang dingin tentunya karena lebih segar. 

Herbadrink sendiri adalah ramuan herbal dari resep tradisional Indonesia yang diproses melalui teknologi modern. Selain kunyit asam, Herbadrink juga punya varian lain seperti: Sari Jahe, Temulawak, Lidah Buaya, Beras Kencur, dan Wedang Uwuh yang masing-masing memiliki manfaat tersendiri.

Baca juga:







Friday, November 8, 2019

Kenangan Masa Laporan Aktualisasi Bersama Latsar CPNS Angkatan 227

7 November 2019

"Angkatan 227 jumlah 40 orang, lulus semua"



---

Perlu waktu lebih dari 2 bulan untuk mendengar pengumuman ini. 2 bulan yang penuh cerita.

Berawal dari pengumuman latsar untuk periode 23 yang ada di grup Telegram CPNS Provinsi Jawa Tengah. Lalu mulailah berkumpul 40 orang asing yang saling berkomunikasi via grup chat.  Hingga tiba saatnya masa on campus di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah, Srondol, Semarang.

Selasa, 3 September 2019, adalah kali pertama kali kita bertatap muka dengan satu sama lain. Berjabat tangan sambil memperkenalkan nama kepada teman-teman yang baru kita temui. Canggung. Mungkin adalah kata yang menggambarkan perasaanku kala itu.

Hari demi hari kita lewati bersama.

Bangun pagi. Olahraga pagi. Apel pagi. Bela negara. Baris sebelum makan. Materi dari pagi sampai petang. Apel malam. Berjibaku dengan Rancangan Aktualisasi. Bercengkerama di kamar. Ah, diperlukan banyak kata untuk menceritakan semuanya.

Baca juga: Pengalaman Latsar CPNS Provinsi Jawa Tengah

Lalu pada hari Jumat, 27 September 2019,  kita berpisah sejenak untuk melaksanakan kegiatan aktualisasi dan habituasi off campus di instansi masing-masing selama +- 1 bulan.

Tak terasa, Senin, 4 November 2019, kita kembali ke asrama Sindoro untuk memulai masa on campus II. Beda dengan sebelumnya, kali ini kita datang dengan berbekal laporan aktualisasi yang siap untuk diseminarkan di hadapan mentor, coach, dan narasumber.

Selasa, 5 November 2019

Kita yang terbagi menjadi 4 kelompok, berkonsultasi dengan coach kelompok masing-masing. Sejujurnya, aku merasa sangat bersyukur "mendapat" coach Bapak Surata yang sangat baikkk kepada kami.

Bimbingan kelompok 1 bersama coach Bapak Surata

Cetak laporan aktualisasi di tempat fotokopi depan Polines

Rabu, 6 November 2019

Adalah jadwal kami peserta latsar angkatan 227 untuk melaksanakan seminar Laporan Aktualisasi. Kelompok 1 mendapat narasumber yang sama, ibu Dr. Ir. Enny Karnawati, M. Si. Alhamdulillahirobbil alamin... lagi-lagi kami mendapat kemudahan. Seminar hari itu berjalan dengan lancar dan selesai tanpa banyak revisi. 

Usai seminar LA bersama mentor, Ibu Jumiyati

Siang hari, seminar LA kami telah usai. Kami pun bisa kembali ke kamar untuk istirahat siang sebentar. Persiapan karena malam harinya akan ada acara inagurasi.

Benar saja. Inagurasi kami sangat asik!. Walaupun sepi karena kami satu-satunya penghuni di asrama Sindoro, tapi tak mengurangi kebersamaan kami malam itu.

Sambutan dari Pak Adil selaku perwakilan Binsuh. Pemotongan tumpeng dan makan bersama. Foto bersama. Saling peluk dan salam. Games. Tukar kado silang. Kuis. Saling tulis pesan dan kesan. Kemudian ditutup dengan bernyanyi.

Malam itu sungguh menyenangkan. Love you semuanya....

Mb Bella, mb Ima, mb Ilmi, mb Intan, mb Nisa, mb Marfu, mb Rohmah, mb Yukhe, mb Rinda, mb Alfi, mb Wirda, mb Puspa, mb Dian, mb Dzika, mb Dewi, mb Helen, mb Karim, mb Iva, mb Tri, mb Fero, mb Elma, mb Risni, mb Ida, mb Amal, pak Heru, pak Imam, pak Akta, pak Sungging, pak Bima, pak Ben, pak Muksin, pak Erri, pak Angga, pak Diki, pak Budi, pak Ojan, pak Husin, pak Satria, pak Firdaus...






























7 November 2019

"Angkatan 227 jumlah 40 orang, lulus semua"



---

Perlu waktu lebih dari 2 bulan untuk mendengar pengumuman ini. 2 bulan yang penuh cerita.

Berawal dari pengumuman latsar untuk periode 23 yang ada di grup Telegram CPNS Provinsi Jawa Tengah. Lalu mulailah berkumpul 40 orang asing yang saling berkomunikasi via grup chat.  Hingga tiba saatnya masa on campus di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah, Srondol, Semarang.

Selasa, 3 September 2019, adalah kali pertama kali kita bertatap muka dengan satu sama lain. Berjabat tangan sambil memperkenalkan nama kepada teman-teman yang baru kita temui. Canggung. Mungkin adalah kata yang menggambarkan perasaanku kala itu.

Hari demi hari kita lewati bersama.

Bangun pagi. Olahraga pagi. Apel pagi. Bela negara. Baris sebelum makan. Materi dari pagi sampai petang. Apel malam. Berjibaku dengan Rancangan Aktualisasi. Bercengkerama di kamar. Ah, diperlukan banyak kata untuk menceritakan semuanya.

Baca juga: Pengalaman Latsar CPNS Provinsi Jawa Tengah

Lalu pada hari Jumat, 27 September 2019,  kita berpisah sejenak untuk melaksanakan kegiatan aktualisasi dan habituasi off campus di instansi masing-masing selama +- 1 bulan.

Tak terasa, Senin, 4 November 2019, kita kembali ke asrama Sindoro untuk memulai masa on campus II. Beda dengan sebelumnya, kali ini kita datang dengan berbekal laporan aktualisasi yang siap untuk diseminarkan di hadapan mentor, coach, dan narasumber.

Selasa, 5 November 2019

Kita yang terbagi menjadi 4 kelompok, berkonsultasi dengan coach kelompok masing-masing. Sejujurnya, aku merasa sangat bersyukur "mendapat" coach Bapak Surata yang sangat baikkk kepada kami.

Bimbingan kelompok 1 bersama coach Bapak Surata

Cetak laporan aktualisasi di tempat fotokopi depan Polines

Rabu, 6 November 2019

Adalah jadwal kami peserta latsar angkatan 227 untuk melaksanakan seminar Laporan Aktualisasi. Kelompok 1 mendapat narasumber yang sama, ibu Dr. Ir. Enny Karnawati, M. Si. Alhamdulillahirobbil alamin... lagi-lagi kami mendapat kemudahan. Seminar hari itu berjalan dengan lancar dan selesai tanpa banyak revisi. 

Usai seminar LA bersama mentor, Ibu Jumiyati

Siang hari, seminar LA kami telah usai. Kami pun bisa kembali ke kamar untuk istirahat siang sebentar. Persiapan karena malam harinya akan ada acara inagurasi.

Benar saja. Inagurasi kami sangat asik!. Walaupun sepi karena kami satu-satunya penghuni di asrama Sindoro, tapi tak mengurangi kebersamaan kami malam itu.

Sambutan dari Pak Adil selaku perwakilan Binsuh. Pemotongan tumpeng dan makan bersama. Foto bersama. Saling peluk dan salam. Games. Tukar kado silang. Kuis. Saling tulis pesan dan kesan. Kemudian ditutup dengan bernyanyi.

Malam itu sungguh menyenangkan. Love you semuanya....

Mb Bella, mb Ima, mb Ilmi, mb Intan, mb Nisa, mb Marfu, mb Rohmah, mb Yukhe, mb Rinda, mb Alfi, mb Wirda, mb Puspa, mb Dian, mb Dzika, mb Dewi, mb Helen, mb Karim, mb Iva, mb Tri, mb Fero, mb Elma, mb Risni, mb Ida, mb Amal, pak Heru, pak Imam, pak Akta, pak Sungging, pak Bima, pak Ben, pak Muksin, pak Erri, pak Angga, pak Diki, pak Budi, pak Ojan, pak Husin, pak Satria, pak Firdaus...